Jika ke Lombok, Coba 5 Destinasi Wisata Ini

Hampir segede Bali, Lombok adalah pulau tetangganya yang sama sekali berbeda. Dari pusat vulkanik sampai pantai-pantai indahnya, Lombok memberi keuntungan bagi pelancong yang ingin menjelajah. Pengembangan pariwisata dimulai sejak pertengahan 1980-an, ketika Lombok menarik perhatian sebagai alternatifnya Bali.

gettyimages-113285474_medium

Foto: Lonely Planet

Keindahan yang ditawarkan Lombok berhasil memikat para wisatawan dalam dan luar negeri. Belakangan, Lombok makin ngehits. Coba saja, siapa yang enggak pernah dengar Gili Trawangan? Kecantikan Gili Trawangan memang sudah terbukti, belum lagi karakter masyarakat lokalnya yang ramah sehingga bikin para wisatawan betah berlama-lama di sini.

Selain itu, sudah banyak berbagai macam penginapan, villa, resort, dan juga hotel di Lombok yang makin menjamur demi memfasilitasi minat wisatawan. Enggak ada alasan untuk enggak ke Lombok. Tapi, tahukah kalau wisata Lombok bukan hanya Gili Trawangan? Bahkan tanpa kalian sadari, wisata di Lombok pun terus ditambah-tambah. Berikut beberapa wisata di Lombok yang perlu kalian ketahui.

Gili Kedis

1-1-gili-kedis-by-tubagusedo

Foto: Badilah Tour & Travel Lombok

Ketika ke Lombok, biasanya para wisatawan akan mengincar tiga Gili yang ada di Lombok bagian utara yang fenomenal, yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Namun ada satu Gili di daerah Sekotong yang enggak boleh dilewatin. Gili Kedis merupakan salah satu destinasi yang berada di bagian selatan Lombok. Gili Kedis merupakan sebuah pulau kecil dan kalian hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk menjelajahinya. Ketika mengunjungi Gili Kedis, kalian juga bisa mengunjungi pulau lain bernama Gili Nanggu yang berada enggak jauh di sisi baratnya.

Gili Nanggu, Gili Sudak, dan Gili Kedis merupakan tiga pulau eksotis yang memiliki air laut yang super jernih dan bening termasuk jejeran pantai berpanorama yang memukau. Di Gili Kedis sendiri kalian juga bisa dengan mudah melihat binatang-binatang laut seperti bintang laut, terumbu karang berwarna pink, dan juga biota lain dengan mata telanjang. Karena Gili Kedis merupakan pulau yang mungil, kalian enggak akan menemukan penginapan atau resort di sini. Jadi sebaiknya kalian sudah memesan hotel di Lombok terlebih dahulu.

Rumah Pohon Gangga

gangga murma lombok

Foto: Instagram

Terletak di kawasan air terjun Gangga, tepatnya di Desa Gangga Mumas, Lombok Utara. Rumah Pohon Gangga merupakan sebuah tempat wisata yang mengusung konsep gardu pandang seperti spot wisata di daerah lain yang kini populer. Kalian bisa mencoba untuk mengunjungi lokasi ini jika kalian ingin mendapatkan pengalaman berlibur di Lombok selain di pantai. Di Lokasi ini mata kalian akan dimanjakan dengan hamparan hijau nan luas pepohonan dari ketinggian. Spot ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat kalian berfoto ria karena pemandangannya yang cantik. Para wisatawan juga hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5.000/orang.

Aik Nyet Sesaot

Aik Nyet Sesaot terletak di Dusun Aik Nyet, Desa Sesaot, kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Aik Nyet Sesaot merupakan Taman Wisata Hutan dengan pemandangan danau yang begitu bening dan jernih. Lokasi ini cocok sekali untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau sekedar menenangkan pikiran kalian dengan memandangi air danau yang tenang. Tiket masuk ke wisata Aik Nyet Sesaot sebesar Rp5.000/orang dan sudah termasuk biaya parkir.

Pantai Tanjung Aan

pantai-tanjung-ann-lombok-paket-tour-lombok-murah

Foto: Lombok Journey

Sedikit berbeda dengan wisata sebelumnya, Pantai Tanjung Aan ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan lokal ataupun mancanegara. Objek wisata alam yang berada di Lombok Tengah ini bisa ditempuh hanya selama 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Mataram. Akses menuju lokasi pantai ini sudah cukup bagus kecuali pada 5 kilometer terakhir, fasilitas umum di objek wisata seperti toilet dan tempat parkir yang aman pun sudah tersedia.

Pantai memang bisa jadi tempat relaksasi dan refleksi seperti yang diungkapkan Roberto Bolano. Apalagi kalau sudah ngeliat pantai-pantai di Timur Indonesia.

Ketika sampai, kalian akan langsung disuguhkan dengan panorama pantai berpasir putih khas Lombok berpadu dengan air laut berwarna biru muda yang berombak tenang. Karena termasuk objek wisata baru, kalian mungkin jarang menemukan penginapan di lokasi ini, tetapi kalau kalian sudah memesan hotel di Lombok kalian tidak perlu khawatir karena lokasinya tidak begitu jauh dari Pusat kota Mataram.

Bukit Merese

 

Foto: Lombok Kita

Tidak begitu jauh dari Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese memiliki julukan sebagai tempat untuk para pecinta. Ketika berkunjung ke wisata ini, kalian harus berjuang terlebih dahulu untuk menaiki bukit yang pada akhirnya akan memberikan pemandangan Lombok dengan hamparan pasir putih yang berkilau. Ketika berada di atas Bukit Merese, kalian akan benar-benar dibuat berdecak kagum bahkan panorama di bukit ini mirip sekali dengan panorama pantai yang ada di Selandia Baru.

*

Nah, itulah beberapa wisata di Lombok yang patut dicicipi. Ketika mengunjungi salah satu lokasi di atas, pastikan kalian enggak lupa mempersiapkan kamera dan pose terbaik dengan dilatar belakangi dengan pemandangan yang indah. Pesona alam Lombok memang sangat cantik, wajar saja kalau banyak wisatawan yang sudah membooking hotel di Lombok dan memasukkan lokasi ini ke daftar destinasi selanjutnya.

Advertisements

3 thoughts on “Jika ke Lombok, Coba 5 Destinasi Wisata Ini

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s