Mamamoo, Grup Cewek yang Bisa Menyanyi

Saat bukber dengan kawan SMA, ada yang menanyakan apakah saya masih setia ngefans Red Velvet. Masih sama Wendy? tanyanya. Ganti jadi Mamamoo sekarang mah, jawab saya. Saya memang seorang yang gampang jatuh hati dalam segala hal, dengan kata lain gampang teralihkan. Tentu, saya sendiri masih setia mengidolakan Wendy, Seulgi, Irene, Joy dan Yeri. Mamamoo juga sama-sama debut tahun 2014, namun berbeda dengan RV yang diusung SM Entertainment, grup yang digawangi Solar, Moonbyul, Wheein dan Hwasa ini berasal dari agensi yang baru seumur jagung.

Pas pertama mendengar nama grup ini langsung nyinyir, kok aneh banget ya namanya, lalu menonton video musiknya yang 1cm, dan malah bikin pening kepala anjir. Ini bukan girl group buatku, pikir saya. Tapi segalanya berubah ketika menonton penampilan-penampilan mereka di Immortal Song 2. Sebabnya, saya suka lagu ballad Korea dan ada satu penampilan Red Velvet di acara tadi yang sangat saya sukai, cuma satu video, sementara Mamamoo ada banyak. Immortal Song sendiri adalah kontes antar para penyanyi yang beradu mementaskan kembali tembang-tembang lawas dengan aransemen menurut gaya mereka sendiri. Sejauh ini Mamamoo telah dua kali menang, dan jadi grup idol yang paling sering tampil di sini.

Biasanya dalam grup idola cuma ada satu dua yang benar-benar bisa nyanyi, misalnya di Red Velvet itu antara Wendy dan Seulgi. Biasanya, saya sering mencari penampilan langsung duo tadi menyanyi (kadang ada tambahan Joy). Berbeda dengan Mamamoo yang semua membernya bersuara merdu serta mengerti benar teknik vokal, pengecualian buat Moonbyul yang memang berposisi sebagai rapper. Bahkan rap dari seorang Moonbyul pun, saya membayangkan, terasa seperti sedang mendeklamasikan puisi, dan cocok dengan penampilan lagu ballad Mamamoo. Saya jadi terinspirasi untuk membacakan puisi dengan cara ngerap.

Seperti banyak di kolom komentar Youtube pada video-video itu tadi yang menyebutkan kalau bulu kuduk mereka berdiri ketika menontonnya, saya juga sukses dibuat merinding. “Ketika Solar dan Wheein bernyanyi berbarengan sesuatu yang ajaib terjadi… aku pasti salah, ketika MAMAMOO semua bernyanyi bersama, sesuatu yang ajaib terjadi,” tulis seorang komentator.

Girl group yang baru saja ikutan konser KCON 2016 di New York ini emang diakui untuk konsep retro, jazz, dan RnB serta penampilan vokal yang kuat. Setelah sebelumnya tampil dalam gelaran internasional SXSW 2016 di Austin, Texas. Di antara tipikal konsep imut dan seksi, Mamamoo membawa kembali jiwa retro bagi K-Pop, sebut Billboard. Yang paling menarik tentu saja penampilan langsung mereka yang selalu enerjik dan menyenangkan. Paling suka lagu Piano Man yang jazzy itu, dan Woo-Hoo yang notabene cuma iklan hape. Bahkan kata-kata perkenalan mereka sudah sangat terharmonisasi, “I say mama mamamoo~.”

“Aku juga fans Mamamoo,” tegas Seulgi. “Aku pernah bertanya ‘bagaimana kalian bisa memberi energi pada penonton dengan begitu tenang?’ Aku pikir itu hanya bisa dilakukan oleh Mamamoo.”

“Mamamoo dan Red Velvet saling menyemangati satu sama lain,” jelas Wendy. “Kami memang berbeda soal genre musik, tapi kami saling mendukung dan menjaga satu sama lain. Kami lebih seperti fans untuk satu sama lain ketimbang rival. Ketika aku sedang tidak dalam promosi, aku nonton semua kegiatan Mamamoo di televisi.”


12 thoughts on “Mamamoo, Grup Cewek yang Bisa Menyanyi

  1. Mamamoo ini yg ngisi soundtrack drakor merriage without dating. Suara mereka renyah2.. Lagunya memorable sekaliii.. Yg imortal song aku baru dengar niih

  2. Suka MAMAMOO dari pas rilis You’re the Best, gara-gara nonton MR-remove yang nyanyi dance sama interaksi ke kamera/penontonnya keren. Tapi masih lebih suka Yeojachingu~

    1. Apalagi kalau dibandingin sama mr twice, bakal kelihatan kualitas vokal mamamoo. Penampilan live mereka selalu apik.
      Mamamoo sama gfriend sekarang barengan di varshow Showtime, jadi yeomachinmoo. Tapi tetep, mamamoo yg paling gelo.

    1. Jangan merasa berdosa jika ga tertarik. Saya ga maksa selera saya, tapi sejauh ini, lagu ballad Korea adalah yg paling sukses bikin saya terenyuh meski ga ngerti artinya apa.

  3. Aku dong SM Stan yang mulai galau
    Sekarang lagi mabok Yeojachingu. Apalagi sama Yerin, SinB, Eunha❤
    Mau lah punya Gfriend beneran kayak begitu bentukannya wkwkwk

    Iya, Mamamoo ini grup yang mengedepankan vokal ya.
    Kayak brothergrup nya, Vromance. Tipe vokal juga keempat membernya.

    Sayangnya kalau buat kpop, aku doyan yang excellent di vokal, dance dan visual sekaligus.
    Selain semua yang di SM, kayaknya aku baru suka Yeojachingu deh

    Untuk grup yang mengedepankan vokal aku terlanjur suka Pentatonix😦
    Tapi lagu mamamoo yang comeback terakhir seru sih, apalagi pas chorus.
    Yang 1cm…… aneh. banget. tapi lumayan seru hahaha

    "mamamoo. mamamoo. mamamoo. TEW TEW TEW TEW TEW TEW TEW TEW"😄

    1. Wah pada mabok sama Yeojachingu, apalagi Eunha dengan rambut pendeknya yg gemay itu.
      Sebagai moomoo, saya ingin bilang kalau Mamamoo juga ga cuma jago di vokal doang kok, setiap penampilan live selalu seru buat ditonton, memang kalau dance masih basic sih, tapi mereka penampil yg baik. Untuk visual emang Solar yg utama karena mirip UI campur Suzy, tapi ada juga Moonbyul yg cantik kayak Xiumin, terus Wheein dengan kempotnya dan Hwasa yg sehot jeletot wasabi. Kalau ikutan varshow pasti selalu gesrek.
      Bukan ga suka gfriend, tapi harusnya Showtime itu Mamamoo sama Rv, mamavelvet, biar berimbang, soalnya kasihan gfriend dipasangin sama girl group cabul macam mamamoo ini.

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s