Manifesto Hidup Sehat ala Walt Whitman

Walt Whitman quote

Selain Agatha Christie,  ada Walt Whitman yang merupakan penulis penting yang pernah berprofesi sebagai perawat. Whitman, dikenal dalam sejarah sastra kanon Amerika Serikat sebagai penyair yang pertama kali mengenalkan puisi gaya bebas–enggak terikat oleh rima dan matra. Di awal 1860-an, enam tahun setelah menerbitkan secara mandiri Leaves of Grass, Whitman mulai bekerja menjadi perawat sukarela saat Perang Sipil Amerika. Dan pengalamannya dalam merawat si sakit dan menghadapi beragam kematian itu dituangkan dalam kumpulan puisi yang dihimpun dalam The Wound Dresser.

Sebelumnya, pada 1858, Whitman menulis sebuah manifesto tentang cara-cara hidup sehat berjudul sangat macho, “Manly Health and Training”. Ditulis dalam beberapa seri kolom di The New York Atlas, yang jika ditotalkan berkisar 47.000 kata. Dengan nama pena Mose Velsor, tulisan jurnalistik ini terkubur dan baru ditemukan lagi setelah 150 tahun!

ww3

“Biarkan bagian utama dari diet adalah daging, dengan mengesampingkan semua yang lain,” tulis Whitman, terdengar seperti diet paleo yang ngehits belakangan ini. Prinsip utama diet ini adalah mengatur pola makan mengikuti pola makan nenek moyang kita pada masa paleolitikum. Jika biasanya diet bakal bikin kamu tersiksa karena kamu enggak boleh banyak makan, beda dengan diet ini. Dan yang terbaik, kita enggak perlu susah-susah jadi vegetarian agar bisa sehat, nenek moyang kita bukankah seorang pemakan daging? Makanlah apa-apa yang disajikan alam.

Bukan hanya soal diet, Whitman menulis beragam topik kesehatan yang begitu laki, termasuk soal seks. Memang, jika melihat tema-tema puisinya yang begitu terbuka soal seksualitas, Whitman ini sering dianggap penyair cabul dan karya-karyanya dilabeli porno. “Sampah, profan dan cabul,” tulis ahli geologi John Peter Lesley pada penyair kenamaan Ralph Waldo Emerson soal Leaves of Grass dan menyebut Whitman sebagai penulis “dungu yang ambisius”.

Berikut beberapa poin utama dari artikel kesehatan Whitman yang dirangkum dalam 15 Tips From Walt Whitman For Living a Healthy Life dari Mental Floss:

  1. Bangun lebih awal, lalu jalan-jalan untuk menghirup udara segar
  2. Bina kebiasaan sehat, dan bunga pun akan bermekaran
  3. Makan makanan yang baik untuk menjaga suarumu, hindari yang pedas, serta kopi dan alkohol yang terlalu kuat
  4. Mandi dengan air dingin
  5. Makan makanan kering, jangan pakai semacam saus
  6. Makan banyak daging
  7. Jauhi timun dan garam
  8. Tidur di kamar yang besar
  9. Pergi keluar sehabis bekerja
  10. Perhatikan penampilanmu
  11. Hati-hati terhadap sifilis
  12. Olahraga untuk penglihatan yang lebih baik
  13. Selow
  14. Kau tak pernah terlalu tua untuk berolahraga
  15. Olahraga dan kau tak akan sedih

Tentu saja, ini nasihat yang dilontarkan seorang yang hidup seabad yang silam. Sudah ketinggalan zaman. Tapi kalau dicermati, sebenarnya enggak masalah sih kalau mau menuruti tips sehat ala beliau di atas.

walt-whitman_800


4 thoughts on “Manifesto Hidup Sehat ala Walt Whitman

  1. Bang ada gak buku kumpulan cerpen penulis2 dunia? Suka nulis cerpen tapi sejauh ini cerpen bebas. Pinginnya sih punya karakter sendiri seperti penulis besar lainnya.

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s