Urk, Negara Eksotis Seribu Masalah

Selain Suster Choi Minji, juga cameo dari Kwangsoo dan Red Velvet, yang terbaik lainnya dari Descendant of the Sun, menurut saya adalah lokasi syutingnya di negara fiktif bernama Urk. Awalnya, saya mengira Urk adalah negara nyata yang ada di daerah bekas Uni Soviet, tapi setelah mencari di Google ternyata yang ada cuma kota hasil reklamasi di Belanda bernama sama. Urk sendiri adalah negara buatan yang penataannya menelan dana 65 persen dari total biaya produksi, yang menghabiskan sekitar 13 miliar Won atau setara 140 miliar rupiah!

Urk, digambarkan merupakan negara pesisir dengan jalanan bergunung-gunung, sementara warganya ditampilkan merupakan campuran antara ras Kaukasia dan Arab, beserta beragam bangunan kuno bergaya neo-klasik dan gothik. Bisa dibilang segalanya cantik, namun banyak luka menganga. Dikisahkan kalau negara ini telah didera perang, menyisakan beragam ranjau darat, namun masih dalam gejolak konflik, salah satunya militer yang hendak mendirikan pemerintahan pro-Amerika dengan mendompleng pemasok senjata ilegal dari komplotan David Argus, seorang mantan pasukan khusus. Masalahnya bertambah-tambah, karena bencana alam pun ikut terlibat.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, Urk ini memang tipikal negara-negara di Semenanjung Balkan bekas Yugoslavia atau bisa juga bekas Uni Soviet, negara-negara yang berakhiran ‘Tan’. Yang pasti, Urk ini seperti Moconda-nya Gabriel Garcia Marquez, negara cantik yang terluka, surga dan neraka ada didalamnya, dan negara semacam ini dapat ditemukan di berbagai belahan bumi ini.

song-joong-ki-song-hye-kyo_1458612442_af_org
Foto: Allkpop

Sinema sudah jadi rahasia umum merupakan sarana promosi paling efektif, dari produk gawai sampai tempat wisata. Apalagi jika sinemanya sendiri disambut kesuksesan luar biasa. Descendant of the Sun sendiri merupakan adaptasi novel Kim Won Seok berjudul Medecins Sans Frontieres yang merupakan pemenang penghargaan 2011 Korea Story-Telling Contest yang berkisah tentang seorang ahli medis yang bekerja di lembaga kemanusian internasional Doctors Withouh Borders. Namun kemudian sosok dokter Yoo Shi Jin akhirnya diganti menjadi seorang kapten gagah yang kini begitu digilai para kaum hawa. Begitulah, akhirnya menjadi sebuah kisah cinta antara seorang prajurit dan seorang dokter yang dikirim ke sebuah negara fiksi yang tertimpa bencana dan dilanda perang bernama Urk.

Latar sebagian besar Urk adalah Yunani. Berkat drama ini, Pantai Navagio yang menjadi latar Song Joongki dan Song Hyekyo beradu kasih di pantai yang terdapat bangkai kapal ini, belakangan jumlah turis dari Korea dan Cina meningkat. Tempat yang ciamik buat foto pranikah ala-ala Song-Song Couple tadi. Tentunya, siapa sih yang enggak kabita bisa bergandengan tangan dengan kekasih hati di sini diiringi This Love-nya Davichi. Saranghaeyo.. gomawoyo~


12 thoughts on “Urk, Negara Eksotis Seribu Masalah

  1. woaaaah, kalau mau nyari literatur ttg korea-an kayaknya mampir dsiniii aja yaaa.. tumpah ruah deh pokoknya. Btw reviewnya menarik (entah tulisan tersebut review ato bukan) saya ga pnh gugling siih ttg URK. Dan saya pikir negara itu mmg ada. Tapi yg kelihatan dlm drama penduduknya kurang banget ya?

    iyaaa pantainya keren sekaaaaaliiiiiiii

  2. wuaaaa ternyata negara buatan, fiksi aj toh, kirain ad beneran, mantap betul pantainya bentar lg bakaln booming jd destinasi wisata tuh。Btw q suka bgt sama Daniel, haha lbh ganteng dr big boss

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s