Bermula di Bandung Selatan, Terbang Menuju Bangka

ciwidey kebun teh

Sekilas mirip latar The Shire di film The Hobbit atau The Lord of The Ring kan? Atau ada yang ngebayangin ini padang rumputnya Teletubies? Ya, kelihatan seperti lagi di luar negeri, tapi ini hanyalah perkebunan teh di Ciwidey, masih daerah Indonesia loh, tepatnya di bagian Bandung Selatan.

Ciwidey, daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah Cianjur selatan. Ciwidey terkenal sebagai daerah tujuan wisata dan juga sebagai daerah penghasil produk pertanian dan perkebunan. Objek wisata di daerah ini antara lain: Kawah Putih, Situ Patenggang, perkebunan teh Rancabali, Ranca Upas, kebun strawberry, berbagai pemandian air panas, dan beragam ekowisata lain. Pokoknya kalau lagi pengen mencari kesejukan pikiran dan perasaan, dan untuk mempertebal semangat spiritualitas ya tinggal berangkat ke sini.

Men is Zijn God opbergen meer meer nabij. Di pegunungan, manusia akan lebih dekat dengan Tuhan-nya. – Douwes Dekker

Untuk daerah perkebunan di dataran tinggi Bandung selatan, ada juga Pangalengan yang juga terkenal akan beberapa objek wisata, seperti Situ Cileunca, pemandian air panas Cibolang, beragam curug/air terjun, dan juga ada cagar budaya seperti makam KAR Bosscha. Pangalengan juga dikenal sebagai daerah peternakan, utamanya dikenal sebagai daerah penghasil susu sapi. Bahkan Pangalengan dijuluki ‘Frisia van Java’ saat masa kolonial. Frisia itu nama provinsi di Belanda yang terkenal akan susunya.

Selain pegunungan, Bandung selatan juga menyimpan obyek wisata budaya juga. Kalau di Bali ada Ubud, maka Bandung Selatan punya Kampung Jelekong. Nah, produk kerajinan dan karya seni seperti lukisan dari Jelekong ini sering dijadikan oleh-oleh yang dijual di Bali. Jadi nggak perlu jauh-jauh ke Pulau Dewata buat beli suvenirnya, ke sini aja langsung.

Ah masih banyak sebenarnya potensi wisata di Bandung selatan ini, kebanyakan memang soal ekowisata. Sebagai alternatif aja sih, kan kalau di Kota Bandung ya wisatanya kalau nggak belanja, pasti kulineran. Dan untuk ke Bandung sih gampang banget, deket sama ibukota ini. Kita bisa menggunakan jalur darat dari Jakarta dengan jarak tempuh sekitar 2 jam. Namun, bagi yang dari luar Jakarta, ada banyak jalur pesawat menuju Bandara Husein Sastranegara lewat Garuda Indonesia, Citilink, AirAsia, Lion Air, Wings Air. Jalur domestik, juga ada penerbangan internasional juga. Ayo main ke Bandung!

| Lihat: Airpaz Blog – Ini 8 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi di Bandung

Dan sebagai orang Bandung selatan, saat ini saya ingin banget vakansi ke Pulau Bangka, khususnya ke Pangkal Pinang. Tapi kok milih ke Bangka sih? Nggak tertarik ke destinasi wisata lain yang sudah terkenal atau yang lagi ngehits? Eits, coba deh lihat foto-foto di bawah ini, pasti bikin ngiler deh.

Foto-foto di Instagram dengan caption #explorebangka

Kalau di Bandung selatan dominannya sama wisata pegunungan, maka kalau di Bangka ya wisata pantai. Ingin jadi anak pantai, merasakan harumnya lautan. Untuk destinasi wisata, sebenarnya saya juga masih buta sih soal pulau satu ini, dan karena inilah pengen banget menjelajahinya. #ExploreBangka !

Meski nggak begitu populer, tapi untuk ke Bangka, transportasinya nggak begitu susah kok, banyak maskapai yang rute penerbangannya menuju Pangkal Pinang seperti: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Citilink dan Sriwijaya Air. Memang nggak bisa langsung dari Bandara Husein Bandung, harus ke Soetta dulu biar bisa ngambil trayek penerbangan ke Pangkal Pinang, ke Bandara Depati Amir.

Dan alasan utama kenapa saya pengen banget ke Bangka adalah pengen ketemu sobat lama. Jika masa SMA adalah masa terindah dalam hidup kita, maka teman-teman saat masa putih-abu itu juga jadi teman terbaik. Nah, saya pengen silaturahmi ke Pangkal Pinang, ketemuan sama sobat SMA yang sekarang tinggal di pulang seberang sana. Nantinya sekalian biar dia jadi tour guide-nya. Nah, saya dan dia pas SMA sering banget momotoran ke dataran tinggi Bandung selatan tadi.

polaroid arip irfan   irfan ramdhan

Bisakah Airpaz.com mempertemukan kami berdua lagi, dengan ngasih tiket pesawat gratis ke Pangkal Pinang, kalau bisa sekalian uang jajan. Pengennya sih bisa terbang bersama para pramugari Garuda Indonesia. Tapi mau naik apapun nggak masalah sih, asal ada pramugarinya, dan yang paling penting saya bisa naik pesawat terbang, melanglang sampai jauh ke Bangka.


38 thoughts on “Bermula di Bandung Selatan, Terbang Menuju Bangka

  1. Waduh, memang tak lengkap rasanya perjalanan saya yang kemarin itu, hanya berkunjung ke Belitung tapi belum menyambangi Bangka. Ada danau kaolin juga di sana ya, biru-birunya memang menyihir banget buat dijadikan latar pemotretan :hehe. Cuma berhubung saya belum pernah ke Bandung, mungkin ke Pengalengan dulu ya, lumayan, halan-halan ke Frisia, icip-icip susu sambil narsis di kebun teh :hihi.
    Semoga berhasil dengan kompetisinya!

    1. Bangka kalah pamor sama Belitung emang, film emang promosi daerah wisata yg ajib emang.

      Saran aja kalau mau ‘tea walk’ mending pagi-pagi, sekalian biar bisa puas foto-foto pemetik teh dan teteh-teteh lainnya.

  2. kalau liat waktu di film ftv juga bangka memang indah pantainya. yang banyak ambil fotonya…🙂
    sok lah di doakeun sing kenging,,heu

    1. Dan ini motretnya pas sore hari, hawa emang dingin sih, tapi matahari lagi terik banget.
      Emang bener kalau pagi-pagi dingin banget, enaknya ya berendem air panas.😎

  3. bandung saya suka ….
    bangka meskipun belum pernah kesana ….
    pantainya indah2 … dan bagi saya menjadi salah satu tempat di indonesia yang mesti dikunjungi ..

    1. Berarti bener nih kalau ke Bangka ya buat wisata pantai. Ah enaknya kalau di sana jadi anak pantai sambil ditemani martabak Bangka.

  4. njir paling atas pemandanganya keren. . .dan bangka juga bikin pengen.. ah semoga kau menang boi.

    jadi pengen ikutan kuisnya nih…

  5. kayak bukit teletubies. cuma tadi waktu nyari matahari yang suka tertawa. eh. gak ada. hehehe.

    keren-keren banget fotonya kakak..
    ditunggu foto-foto lain yang lebih cantik-cantik.. hehehe.
    Semoga menang..🙂

    1. Matahari bayinya udah jadi dedek-dedek gemes sekarang mah, jarang main di bukit jadinya.
      Sip. Selama ajal belum menjemput, beragam jepretan saya bakal terus dipamerin.😎

    1. Tuh kan pada ngiler jadinya. Sama nih, nggak punya duit tapi moga-moga aja bisa ke sana lewat tiket gratis dari Airpaz ini.😀

    1. Mungkin kalau di Bandung mah kayak Kawah Putih gitu.
      Dan kalau liat informasi di internet, Danau Kaolin ini sekarang lagi dirusak karena pertambangan.

  6. nice artikel, Kota Bandung emang oke yah… semoga bisa nih terbang ke bangka dengan tiket pesawat gratis dari airpaz😀

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s