It’s Fabulous Day!

Woman was God’s second mistake. – Friedrich Nietzsche

Sebuah keniscayaan, semua di dunia ini diciptakan berpasangan. Untuk menghilangkan rasa kesepian pada diri Adam, maka Tuhan menciptakan Hawa dari tulang rusuknya. Tapi benarkah wanita itu suatu penciptaan yang nggak keliru? Bukankah pria malah dapat lebih banyak derita dan bencana berkat adanya makhluk bernama wanita ini? Bukankah setelah ada Hawa, malahan Adam kemudian harus ditendang dari kehidupan surgawinya?

Untuk menjawab pertanyaan ini, untuk lebih kenal dengan kaum Hawa ini, maka saya memutuskan nyemplung ke kampus yang didominasi kaum ibu-ibu.

| Lihat: Fakultas Kekurangan Pria

fabulous day fkep unpad 1

Sesungguhnya pria dan wanita adalah sebuah kesatuan yang utuh. Ya, semua diciptakan berpasangan. Ketika ada awal, maka ada pula akhir. Ada pertemuan, pun ada perpisahan. Maka perjalanan pencarian hakikat adanya wanita di kampus ini sudah berlangsung 4 tahun lamanya. Dan kebersamaan harus dipungkas dengan keterpecahan. Tapi ini bukan sesuatu yang sudah. Karena saya masih belum memahami benar soal wanita, dan saya pun masih setia menjadi mahasiswa, dalam artian belum ngerjain skripsi, belum uji proposal, belum sidang, belum lulus, belum jadi sarjana.

fabulous family day

Fabulous, yang berarti hebat, besar, dan menakjubkan, merupakan nama julukan yang ditujukan untuk angkatan 2011 Fkep Unpad. Angkatan saya. Dan tibalah kami di akhir semester 8. Seperti balon, banyak yang akan terbang lepas ke dunia nyata; ada yang melanjutkan ke profesi, ada yang banting setir, ada yang menganggurkan diri, dan mungkin ada yang langsung kawin. Namun ada yang masih tertinggal. Iya itu salah satunya saya.

Membentuk grup, geng, atau kubu sendiri dalam masyarakat adalah sesuatu yang lumrah, baik secara psikologis dan biologis. Tentunya kelompok bisa tercipta karena kesamaan nasib; gaya hidup, asal daerah dan kesukuan, pemikiran ideologis, atau mungkin cuma karena keterpaksaan. Apalagi pada manusia yang baru beranjak dari remaja ke dewasa awal, pasti sangat butuh yang namanya punya kelompok. Begitu pun yang ada dalam tubuh keluarga Fabulous. Meski sering terjadinya yang namanya percik-percik konflik separatisme, namun ke-Bhinneka Tunggal Ika-an angkatan ini masih tegak. Dan saat ini saya tengah bergulat bersama grup BCL: Barudak Can Lulus. Huft.

Wisuda adalah suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Sebelum terlibat proses sakral ini, maka diadakanlah kegiatan kumpul bareng, mungkin bisa disebut farewell party. Diadakan Rabu kemarin (29/07), bertempat di Bale Sawala Rektorat Unpad, Jatinangor. Tadinya sih bakal diadakan bikini party, tapi batal karena satu dan lain hal, tahu sendiri lah kami ini masyarakat berbudaya dan beragama. Kalau sampai ada pesta bikinian, tentunya saya dan kaum pria yang diuntungkan.

Selamat terbang kawan-kawan, raihlah mimpi kalian hai para wanita dan satu orang pria. Saya sebagai yang katanya penulis, merasa iri pada kalian yang sudah punya karya tulis. Iya, saya sang pemimpi yang katanya ingin kerja dan tinggal Jepang, yang katanya ingin melanjutkan studi S2 di Social Psychology & Philosophy, yang katanya ingin cepat beristri ini masih terganjal si skripsi sialan.

Selain telat lulus, saya juga terlambat menyadari. Ternyata wanita di angkatan ini pun banyak yang cocok buat dijadikan calon istri. Oh. Yes, I’m totally damn straight!

“Segala yang ada pada diri wanita adalah teka-teki,” sabda Zarathustra, lalu ia melanjutkan, “Dua hal yang didambakan pria sejati: bahaya dan hiburan.” Ah ya, saya salah. Harusnya bukan hanya memahami wanita, karena mereka terlalu pelik untuk dimengerti, tapi yang lebih penting adalah belajar mencintai mereka.


44 thoughts on “It’s Fabulous Day!

    1. Iya emang seumuran om.
      Pasti lah bakal dikabarin di blog ini, kalau ada pendamping wisudanya juga bakal dipamerin di sini.😎

  1. tetap semangat ya Arip, semoga skripsinya cepat kelar biar bisa segera lulus, nanti kalo udah lulus pasti kangen masa-masa kuliah *eh malah curcol*😉

    1. Sebenarnya malu aja kalau harus berhubungan incest. Kan sesama satu angkatan itu keluarga. Nah, pas udah bubar gini ya saya ngejar doi lah.😀

  2. Eh, si Nietzsche ya? Ada lagi Filsuf yang punya pandangan serba negatif ttg perempuan: Arthur Schopehouer. Dia ndak kalah jahat kalau ngomong soal perempuan. Perlakuan terbaik untuk perempuan, katanya, adalah dicambuk.😀

    1. Ah ini mah para filsuf yg patah hati gara-gara cewek, sama sadisnya kayak St. Augustine sih, “Cewek ga usah disekolahin, soalnya bikin pria suci ereksi.”
      Emang si Nietzsche ini kepengaruh sama Schopehouer, tapi lebih mending.

      1. Kalau di abad pertengahan mah ndak cuma Filsuf Kristen mas, Ibn Sina juga bilang perempuan itu otaknya separuh.

        Di dunia muslim juga ndak sedikit yang segaris sama schopenhouer dan Nietzsche. Anis Mansur, sastrawan Mesir, juga ndak kalah jahat sama perempuan.😀

        1. Ya beginilah resikonya, maafkanlah kami wahai wanita. Karena lelaki jadi pemimpin peradaban, kebanyakan filsuf ya laki. Cewek diciptakan untuk jadi cantik, bukan jadi pintar. Jahat ya kami para kaum Adam.

  3. Ah, getaran nada sesama pejuang skripsi. Ditilik dari foto angkatan, kaum hawa lebih bertebaran dimana-mana. Beruntunglah pria yang dikelilingi wanita, nggak kaya angkatan saya, hehe.

    Ada sedikit rasa mengganjal ketika lihat teman-teman sudah bertoga. Tentu kita ikut senang kalau mereka senang. Tapi yah, mungkin jalannya satu per satu mulai dibedakan.

  4. Doh, kontemplasinya dalam nian, saya doakan saja semoga dirimu cepat lulus dan menggapai semua impian itu :amin. Jangan lupa, semua akan lebih bermakna kalau tulang rusuk yang hilang sudah bersanding di sisi (ini teguran buat saya juga sih :haha, tapi mari kita nikmati saat-saat yang ada dulu yak). Selamat buat yang sudah resmi lulus dan menyandang gelar sarjana, semoga semua yang dicita-citakan tercapai. Jangan lupa dengan kaum adam yang masih berusaha menyusul :hihi *kabur*.

  5. Semester 8 tapi masih unyu-unyu gitu ya.🙂
    Semoga cepet dapat S;Kep. Lanjut sekalian Ners-nya ya. Siapa tahu 3 tahun kemudian sudah M.Kep.
    Jempol tuk semuanya, Mas.

    1. Ah rencana saya sih ga bakal lanjut profesi dulu, mau langsung jadi TKI di Jepang. Kalau mau lanjut studi lagi pun mau banting setir, tapi tetep soal kesehatan, khususnya mental health.

  6. Assalamualaikum wr.wb,
    Allah berfirman pada surat yaasiin ayat 77 yg berbunyi,

    Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setitik air (mani) ,maka tiba-tiba ia menjadi penantang yang nyata!

    Dengan ayat ini tentu kita bertanya,
    -siapakah yg Allah sebutkan sebagai manusia?
    apakah keturunan Adam dan Hawa saja?sudah tentu tidak ,karena adam dan hawa juga manusia.

    -siapakah penantang yg nyata?
    apakah keturunan adam dan hawa saja?sudah tentu tidak ,karena adam dan hawa telah keluar dari surga karena menantang Allah.

    sebenarnya dengan ayat ini jelaslah bahwa Adam dan hawa beserta keturunannya diciptakan oleh Allah dari setitik mani.Kita kaum pria semustinya menghormati kaum wanita karena mereka adalah dari nabi Adam (dari diri yg satu) yaitu dari maninya nabi Adam.Begitu sempurnannya Allah atas penciptaanNYA.

    wassalamualaikum wr.wb,
    sayyid

  7. ssalamualaikum wr.wb,
    kita lihat firman Allah pada surat yaasiin ayat 77 yg berbunyi,

    Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setitik air (mani) ,maka tiba-tiba ia menjadi penantang yang nyata!

    Dengan ayat ini tentu kita bertanya,
    -siapakah yg Allah sebutkan sebagai manusia?
    apakah keturunan Adam dan Hawa saja?sudah tentu tidak ,karena adam dan hawa juga manusia.

    -siapakah penantang yg nyata?
    apakah keturunan adam dan hawa saja?sudah tentu tidak ,karena adam dan hawa telah keluar dari surga karena menantang Allah.

    sebenarnya dengan ayat ini jelaslah bahwa Adam dan hawa beserta keturunannya diciptakan oleh Allah dari setitik mani.

    wassalamualaikum wr.wb,
    sayyid

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s