Ide Foto: Then & Now Juxtaposed

Mandek. Perasaan jenuh dalam melakukan suatu kegiatan, meskipun itu hobi kesenangan kita sekalipun, adalah suatu hal yang wajar. Nah, sama halnya dalam fotografi. Telah coba genre ini-itu, hunting foto ke sana kemari, dan akhirnya timbul rasa bosan juga. Hey, seorang Daido Moriyama saja selama lebih dari 50 tahun tak pernah bosan menjepret di kampung halamannya Tokyo.

Dalam bidang apapun, kebosanan adalah suatu yang niscaya, namun salah satu faktor dari ini adalah kehabisan ide baru. Untuk fotografi, saya selalu merujuk DigitalRev TV buat mendapatkan sebuah inspirasi.

Then & Now Juxtaposed Photography! Yakni membandingkan foto klasik dari suatu tempat dengan kondisinya saat ini. Lewat video di atas, Kai menjelaskan dengan praktek langsung berkeliling seputaran Hong Kong.

Kolonial vs Kekinian!

Untuk Bandung sendiri, mendapatkan foto zaman baheulanya sungguh sangat mudah dan bertebaran. Terima kasih buat kompeni Belanda karena banyak memotret kota ini, salah satu referensi koleksi foto-foto jadul Bandung bisa didapat di Tropenmuseum.

Jika kampung halaman kita tidak terlalu banyak ada foto klasiknya, jangan khawatir. Coba buka kembali album foto pas kita masih kecil, dan coba padu padankan dengan lokasi kekinian.

then and now juxtaposed
Foto: Design Father


9 thoughts on “Ide Foto: Then & Now Juxtaposed

  1. Selalu ada yang bisa digali dari fotografi ya Mas :haha. Jadi ingat kalau dulu saya juga pernah seperti itu–pakai foto tua di Tropenmuseum yang entah diambil di mana (yang jelas suatu tempat di Pujon, Malang) dan mencoba mencari lokasi persis pengambilan foto tua itu. Seru banget!

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s