Ngebut di Jaringan Fiber Optiknya IndiHome

Koneksi internet berpengaruh pada psikologis seseorang. Semakin lambat kecepatan internet, semakin dibuat depresi seseorang. Dan semakin cepat, makin bahagia pula seseorang. Mungkin ga salah kalau saya sebut cepatnya koneksi internet adalah satu faktor penting pendongkrak Index of Happiness seseorang.

Untuk urusan internet di rumah, sudah sejak dulu mempercayakan urusan pada Telkom Indonesia. Dari sejak era Telkomnet Instan, sampai sekarang masih setia berinternet ria lewat Telkom Speedy. Dan untuk lebih memajukan perinternetan di Indonesia, sekarang Telkom telah menghadirkan layanan baru bernama IndiHome.

IndiHome ini merupakan layanan Triple Play dari Telkom yang terdiri dari Internet on Fiber atau High Speed Internet, Phone (Telepon Rumah), dan IPTV (UseeTV Cable). Yang bakal saya bahas lebih fokus soal betapa cepatnya akses internet IndiHome karena sudah menggunakan teknologi fiber optik.

Emang ada apa dengan fiber optik? Kenapa harus IndiHome?

Nah, berikut keunggulan IndiHome yang menggunakan jaringan fiber optik

indihome fiber telkom

| Lebih Cepat

Fiber optik dapat membawa informasi lebih banyak dan jarak yang jauh dibanding sinyal listrik yang dibawa oleh media tembaga atau koaksial, sehingga mampu mentransfer data hingga 100 Mbps. Kemurnian serat kaca digabung dengan sistem elektronik yang maju memungkinkan serat terlebih mengirimkan sinyal cahaya digital melampaui jarak 100 km tanpa alat penguat.

Fiber optik sendiri merupakan media transmisi yang ideal dengan sedikit transmisi loss, gangguan rendah dan potensi bandwith yang tinggi.

| Lebih Handal

Struktur fiber optik terdiri dari beberap susunan yaitu cladding, core, dan buffer coating. Core atau inti merupakan serat kaca tipis yang menjadi media cahaya berjalan, sehingga pengiriman cahaya dapat dilakukan. Cladding merupakan lapisan luar sebagai pelindung inti. Sedangkan buffer coating adalah selubung plastik yang bertujuan melindungi serat dari kerusakan yang diakibatkan dari lengkungan kabel dan dari gangguan luar.

Fiber optik ini lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elektromagnet dibanding kabel coax atau copper. Sehingga komputer pun menjadi lebih aman.

| Lebih Stabil

Kecepatan fiber optik jauh lebih stabil pada saat dilakukan sharing. Sinyal degradasi lebih kecil, tidak terpengaruh pada gelombang elektromagnetik dan frekuensi radio karena terbuat dari kaca dan plastik murni.

| Lebih Canggih

Fiber optik merupakan teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.

internet-on-fiber-tabel

______________________________

Kita bisa nikmati pilihan layanan paket High Speed Internet on Fiber dengan kecepatan sampai 100 Mbps yang berlaku di lokasi yang tersedia jaringan Fiber To The Home ( FTTH). Namun khusus untuk lokasi yang belum terlayani FTTH tetap bisa menikmati layanan High Speed Internet dengan paket di sampai kecepatan 5 Mbps.

Dan saya harus bersabar menanti kehadiran jaringan fiber optik masuk rumah saya.


20 thoughts on “Ngebut di Jaringan Fiber Optiknya IndiHome

  1. satu lagi mas semakin terjangkau harganya semakin bagus koneksinya, semakin seneng lah saya (terhindar dari depresi) …. terjangkau (bahasa saya murah, tapi tak murahan) ada ndak yah… hehehe…🙂

  2. alhamdulillah koneksi internet ane normal sob, jadi nya nggak stres ane kalau internetan, cuma ya itu harga inet nya lumayan mahal hahaha😀 ane pakai smartfren yg kuota😀

  3. pertanyaannya, kapan masuk rumahmu bro? lokasimu di daerah elit bukan? kalo bukan, ya mesti bersabar. hehe.

    tapi kayaknya fiber optic jauh lebih stabil daripada 3G ya? hmm boleh nih liat2 paket berlangganannya. thanks infonya🙂

    1. Lokasinya di Bandung, tapi yg bagian jauh dari kotanya. Kata manajer lapangannya sih sebentar lagi bakal ada.

      Pasti lah fiber optik lebih stabil ketimbang 3G, apalagi kalau cuaca buruk. Langsung aja cek indihome.co.id buat tau paketnya mah.😀

  4. Haha… bener banget mas, koneksi lelet memang bikin emosi nggak stabil… :))

    Indihome ini kalau nggak salah proyek barunya Telkom, ya….

  5. Sepakat sama paragraf pertama. Koneksi internet berpengaruh pada psikologis seseorang. Saya sering KZL kalo koneksi internet tiba2 lelet.
    Gila ya IndihHome, bisa sampe 100MBps gitu..

  6. Terasa pisan lemotnya koneksi internet kalau saya lagi di Sukabumi, Kang. Entah kenapa, padahal rumah saya hanya sekitar 5 km dari pusat kota.
    Saya selalu siapkan 2 sim untuk modem. Kalau yang satu gak bagus, ganti ke sim lainnya. Kalau dua2nya lagi jelek, cuma bisa gigit jari aja…

    Salam.

  7. Indihome sejenis sama Indischool ngga sih? Soale dulu di kantor Jakarta juga dipasang Indischool program dari Diknas DKI. Modal 20ribu buat sebulan, internetan puas sakmareme (sepuasnya). Download juga lancar jaya. Pernah ngadat 2 atau 3 hari, ternyata modemnya kesamber petir. Telpon ke telkom langsung dikasih ganti modem baru dan gratis.😀

  8. bener banget kang.. koneksi internet berdampak pada psikologis dan semakin lelet koneksinya maka semakin tidak logis hehehe widya kalo internet lelet bawaannya pengen melakukan tindakan diluar nalar seperti masak indomie goreng wkwk btw keren banget itu indiHome ngebut gila koneksi dewa bsa sampe 100Mbps. kalo kayak gtu mah, bsa betah lama2 depan laptop. indiHome emang oke!😀

  9. Pelayanan Indihome sangat buruk, mau pasang aja lama banget. pdhl dirumah sdh ada telepon & Speedy. Lokasi di jakarta lagi…..sdh hampir 2 bulan juga nggak digubris. Koplak

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s