Jadi Videografer di Kelas Inspirasi Bandung 3

gear kelas inspirasi bandung 3

Ketika masih SD, satu pertanyaan paling saya benci adalah “cita-citanya jadi apa?”. Jujur, sampai hari ini pun saya masih belum punya cita-cita pengen jadi apa. Inilah alasan kenapa saya tertarik untuk bergabung menjadi relawan di Kelas Inspirasi, karena salah satu visi program ini adalah menginspirasi anak-anak Indonesia agar berani bermimpi.

Mengenal Kelas Inspirasi ini sudah sejak tahun kemarin, masalahnya saya merasa masih ga kompeten buat jadi relawan tim dokumenter waktu itu, apalagi jadi inspirator mah mustahil.

Untuk tahun ini, berbekal sedikit pengetahuan tentang teknik fotografi dan videografi, saya memberanikan diri untuk jadi relawan dokumentasi. Meskipun ilmu masih cetek, tapi saya lebih percaya diri untuk memilih jadi videografer ketimbang fotografer, soalnya ada lah portofolio karya video yang saya yakini bisa dijadiin faktor lolosnya saya jadi bagian Kelas Inspirasi Bandung. Berhubung, memang untuk videografer katanya kekurangan.

Dan alhamdulillah, ketika pengumuman seleksi tiba, nama saya dengan gagahnya tercantum dengan jobdesk sebagai fotografer sekaligus videografer.

Relawan Kelas Inspirasi Komplek SDN Awi Gombong. Foto: Fahmi Rizkia
Relawan Kelas Inspirasi Komplek SDN Awi Gombong. Foto: Fahmi Rizkia

Ditempatkan di kelompok 19 untuk bertugas di SDN Cicadas 4, saya merasa masih sangat kurang berpartisipasi aktif untuk kelancaran Hari Inspirasi pada 18 Februari kemarin, bertepatan dengan #ReboNyunda.

SDN Cicadas 4 sendiri merupakan satu sekolah di komplek SDN Awi Gombong. Terletak di Kelurahan Cibeunying Kidul, di kawasan padat penduduk dan padat lalu lintasnya. Patokannya dekat Kandaga Computer Center, lalu masuk lewat Jalan Awi Bitung, bisa juga ke Jalan Asep Berlian.

Di sekolah inilah beberapa relawan Kelas Inspirasi ditempatkan. Relawan inspirator yang merupakan pekerja dan profesional meluangkan pikiran, tenaga, dan waktunya untuk mengajar, menginformasi, memotivasi, dan menginspirasi adik-adik sekolah dasar. Sedangkan relawan dokumenter, yang terdiri dari fotografer serta videografer, bertugas mengabadikan momen inspirasi tadi.

Foto bersama #KIBdg3 di Gedung Merdeka. Foto: @inimahbandung
Foto bersama #KIBdg3 di Gedung Merdeka. Foto: @inimahbandung

Oh ya info aja, “camera porn” di atas niatnya emang buat sombong. Padahal mah yang kamera Nikon D7100 sama Zoom H4N Audio Recorder cuma barang sewaan. Awalnya hanya ingin sewa perekam audio doang, tapi ternyata fitur video di kamera saya ada masalah hasil dari hack firmware. Jadinya ya sekalian sewa kamera kelas semipro, mau ngerasain gimana asyiknya.

Agar lebih mantap soal teknis HDSLR, saya belajar dari video-video tips dari kameramennya DigitalRev TV, Lok Cheung. Selain itu, pastinya nonton video dokumentasi Kelas Inspirasi tahun kemarin. Ya, walaupun ketika di lapangan ternyata ga semudah yang dibayangkan.

footage kelas inspirasi bandung 3

Untuk menebus dosa karena merasa masih kurang berpartisipasi aktif, mungkin yang saya bisa sajikan cuma sebuah video dokumentasi yang layak buat disetel. Saatnya edit-edit, tapi sumpah dibikin ketawa pas nonton footage video anak-anak yang pada doyan bergaya-gaya depan kamera.😀

Ternyata bukan hanya adik-adik sekolah dasar yang sukses terinspirasi, justru saya pun ketularan. Sekarang jadi punya cita-cita juga akhirnya, ingin jadi relawan inspirator. Walau masih bingung profesinya sebagai apa ya?


37 thoughts on “Jadi Videografer di Kelas Inspirasi Bandung 3

  1. jadi inspirator bidang fotografi aja, Bang. Dari beberapa postingan, keliatan banget bahagia ngebahas fotografi. Kan orang lebih terinspirasi ama orang yang melakukan kegiatannya dengan bahagia pula. xD

  2. wah bro selamat bergabung dengan Korps Kelas Inspriasi, Alhamdulilah saya bisa ikutan juga Kelas Inspirasi, awalnya cari waktu lowong dan sampai cuti segala untuk ikut Kelas Inspirasi dari Inspirator sampai akhirnya bisa bantu-bantu jadi fotografer pula, dan sepertinya pengen ikutan lagi jika ada kesempatan nih..

    anyway camera porn-nya seksi juga yah hahaha😀

  3. kereen Rip bisa fotografi gitu, kepengen juga punya kamera dslr, tapi dana tidaak tersediaaa haha

    btw, itu Kelas Inspirasi kegiatannya apa aja? Menarik kayaknya..

    1. Ini juga baru punya dslr gara-gara dapet rezeki lewat hadiah lomba blog.😀
      Kelas Inspirasi ini sub program dari Indonesia Mengajar, kegiatannya ya bagi para profesional dari berbagai bidang untuk mengajar di SD selama sehari doang.

  4. Keren, kang. Urang Bandung teh emang keren pisan. Ntos mah pinter, asup organisasi relawan inspirator, pinter dina kamera-kameraan, duh. Ngiler jadina teh, kang. Tapi, lanjutkeun jadi relawan inspiratorna, ulah sebatas didieu wae. sip.

  5. Kadang kebanyakan cita – cita juga jadi bingung jawab apa kalo ditanya cita – citanya apa.

    Tampilin gih hasil video dokumenter yang udah di edit di sini.

  6. Wah ada kelas inspirasi Bandung, rupanya ya…saya telat main ke sini padahal blog saya bergenre Catatan Inspirasi….

    Melihat dari hasilnya bagus kok hasil jepretannya mas….semoga semakin inspirasi aja ya mas dan dalam kenal dari pontianak

  7. bisa nih, rekam-rekam gitu seru juga. tapi kadang2 gue juga suka narsis. Jadi gue suka moto2 sama videoin orang, tapi disisi lain gua juga harus kena rekam sama foto =))

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s