Zen dan Ngeblog: Prolog

zen dan ngeblog mesin tik

Salah satu hal menarik ketika membaca adalah menemukan kalau ternyata ada orang lain yang punya pandangan, prinsip, dan emosi yang sama dengan kita. Ya, kadang kita bisa dapati si penulis bisa dengan sukses meramu ke bentuk tulisan tentang hal-hal yang ada di benak kita namun susah untuk mengungkapkannya.

Nah, untuk menjawab pertanyaan dari Bu Dokter Nita, kayaknya udah bisa dijawab lewat postingan yang berjudul “How Many “Favorites” Or “Likes” Are Enough?”. Satu tulisan di blognya Eric Kim, blog seorang street photography internasional yang rajin saya kunjungi.

Saya sarankan baca langsung di sana. Meski temanya fotografi, tapi tulisan-tulisan dari Eric ini sering nerap buat bidang lain, salah satunya blog. Soalnya sarjana Sosiologi ini sering memakai kajian psikologi dan filsafat, salah satunya konsep zen.

Di sini saya mencoba mengelaborasi sebagian kecilnya dari postingan tadi.

Trik Dapat Pageview dan Komentar Banyak!

Caranya gampang: Belajar SEO!

Tapi ini mah bukan saya banget. Prinsip saya mah kalau individu yang terlalu fokusin SEO mah bukan seorang blogger, tapi titelnya SEOmaster. Namun tetap, sah-sah aja kalau kita mau belajar SEO, bahkan mungkin perlu.

Ada rahasia umum yang baru saya sadari setelah bertahun-tahun ngeblog. Nah, berikut 3 kunci utama biar pageview dan komentar blog kamu-kamu makin banyak.

1. The rule of reciprocity

Feedback! Jika ingin dikomentari, ya harus kasih komentar dulu di blog lain. Ya, bukan hanya blog aja, di media sosial pun hukum ini berlaku. Ketika kita ngasih komentar, like, dan favorite, sesungguhnya yang kita lakukan adalah agar timbul balasan serupa dari orang tersebut.

Banyak blogwalking, banyak komen di blog orang, maka banyak pula komentar blog kita.

2. Publish or perish

Konsisten bikin postingan. Kuantitas terus bertambah, makin banyak pula tulisan-tulisan yang terindeks Google. Selain itu ketika kita rajin ngeblog, akan terbangun ekpektasi yang membuat bakal ada pengunjung yang rela untuk memfollow tulisan-tulisan kita.

3. Spamming groups

Masuk grup blogger aja ga cukup, promosiin blog dan postingan-postingannya di sini. Meski tahu persentasinya kecil, tapi anehnya saya suka promosi postingan baru lewat @updateblog.

TAPI?

Sebenarnya buat apa sih punya banyak pageview dan komentar? Banyak itu seberapa? Mau jadi tenar? Seleblog ya?

Dulu sih pengen yang namanya trafik tinggi dan banyak komen. Pas udah dapat itu ternyata niat ngeblog jadi berubah. Dari yang awalnya untuk memuaskan diri sendiri jadi jatuhnya buat membuat wah orang lain. Jadi isi postingan seringnya superfisial, bahkan kadang artifisial. Makanya sekarang dijarangin blogwalking.

Mencontek tantangan The One-Year ‘No Upload’ Challenge, saya memalaskan diri agar ga terlalu jor-joran komentar di sana-sini. Dan hasilnya apa yang saya rasakan?


24 thoughts on “Zen dan Ngeblog: Prolog

  1. Dooorrr!!! Aku digantung.. Hahaha…
    Tp bener tuh klo ngeblog ngandelin SEO ya berarti SEOmaster..
    Klo ngikutin trik SEO sering dibatasi judulnya hrs begini, heading begitu, dll.. Kalo kaku ngikutin itu berasa nulis utk robot, pdhal aku kan pengennya nulis utk manusia..😀

    1. Eh, ada toh one year no upload challenge? Aku 8 bulan lho gak posting dan gak blogwalking.. Hhm, jd pengen ikutan mikir apa perbedaan sebelum dan setelah hiatus. Mau link yang one year no upload challenge itu doong..

      1. Itu ada dalam postingan yg sama juga, bagian paling bawah rada pertengahan.
        Tadinya mau dibuka semuanya langsung di satu postingan, tapi jatuhnya kepanjangan dan ga fokus. Jadinya bikin postingan berseri.

  2. Wah benar sekali, yg dulunya alasan ngeblog hanya untuk menulis tentang ilmu yg sudah saya dapat, tidak peduli orang akan suka atau tidak. Sekarang berubah jd mengejar traffic.

    Semoga sy bisa kembali ke jalan yg benar.

  3. Iya, gue kalo baca novel kek gitu. Suka kagum sama penulis yang bisa mewakili apa yang gue pikirkan tapi gak bisa gue ungkapin.

    Awal ngeblog tujuan gue untuk ngelatih tulisan, dan sapatau ntar ada editor yang nawarin gue buat buku. Lama kelamaan gue jadi kebiasaan aja tuh nulis diblog, promo, dan balasin komen, blogwalking. Jadi ada kegiatan lain selain tidur dan nonton aja dirumah.

  4. SEO juga bukan saya hahahaaa. Bukan karena SEO tidak baik, tapi karena kalau kebanyakan aturan otak saya malah macet, nggak bisa nulis. Kalau pageview pentingnya bukan untuk jadi seleb aja sih krn sy bukan seleb. I’m nobody heheheee… Itu jg untuk kepentingan job review. Job reviewnya juga yg beneran, dapat tester dr brand. Traffic yg mantap itu kalau buat sy dr networking/pertemanan, kalau share sana sini sy nggak sempat, sibuk ngurus rumah. :))

  5. Kembali ke tujuan ngeblog ya mas..
    Kadang sy buka blog yang ngejar SEO, posting sih tiap hari tapi kadang topiknya melenceng dari apa yang selama ini diceritakan di blognya.

    Etapi sampai skrg sy juga blm ngeh SEO dan masih suka asal2 ngepost. Maap kakak, sy masih cupu di dunia ini🙂

  6. Errr.. List blogwalking aku makin nambah nih Rif, tapi lagi ngga bisa manage waktu dengan baik. Jadi ngga bisa dikunjungin setiap hari lagi..😦 Padahal asik kan yak kalok rajin blogwalking. Banyak cerita seruuuu

  7. Sering denger tentang SEO-SEO gitu, tapi sungguh malas nian saya belajar begituan euy Kang. Jadi begini terus saja sampe sekarang, posting seadanya dan semampunya. Dan kekuatan saya belum meningkat, tetep wae ngan hiji post samingguna. Hadeuh…

    Salam ti abdi di Sukabumi, Kang…

    1. Enya abdi ge matak pindah ti hosting wp pribadi ka wp.com biar ga terlalu pusing ngurusin SEO ini-itu. Biar fokus kana nulisna weh.😀

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s