Ini Talkshow: PAS Mantab 2.0

Akhir-akhir ini agenda rutin sehabis pulang kuliah ya pantengin NET sambil leyeh-leyeh baca buku plus stalking medsos. Pokoknya dari Bukan Sekedar Wayang, Berpacu Dalam Melodi, Tetangga Masa Gitu, Ini Talkshow, 86, The Comment. Sering juga nonton sampai Tonight Show, Entertainment News, dan kalau lagi begadang kadang nonton Breakout.

Kalau butuh talkshow yang informatif dan inspiratif pilihannya ya Kick Andy, tapi kalau perlunya yang rekreatif solusinya ya Ini Talkshow. Nonton talkshow yang dipandu duo sejoli Sule dan Andre ini serasa nostalgia nonton PAS Mantab yang sayangnya udah ga tayang lagi.

Dan sebagai fans OVJ yang setelah 6 tahun akhirnya bubar, pindah ke saluran sebelah jadi pilihan paling pas. Apalagi dengan model rambut barunya Kang Sule, ada semacam ‘penyegaran’.

Oke, saya bakal bahas talkshow di prime time yang menggeser acara The Comment ini.

ini talkshow

Hadirnya para pemain pendukung ini fungsinya agar duet Sule-Andre ga terlalu monoton. Mike Lucock sebagai satpam dan Jamil sebagai supir pernah jadi pemain pendukung, namun akhirnya dihapuskan karena mungkin ga terlalu berarti.

Konsep talkshownya mirip PAS Mantab, minus Parto pastinya. Sule ceritanya orang kaya baru yang menjamu para bintang tamu di ruang tamunya. Dari pelawak, penyanyi, pemain film, bahkan orang biasa yang punya karya luar biasa pernah diundang ke sini.

Mang Saswi dan Pa Haji Bolot biasanya datang bawa proyek yang ujung-ujungnya cuma buat minta duit. Mang Saswi ini ‘perusak lagu’, biasanya datang-datang sambil minum Kopi atau Bandrek, dan langsung nyanyi. Untuk visual, ada asisten rumah tangga yang super cantik yang bakal nyuguhin tamu dengan teh asoy geboy.

Dan sebagai penarik perhatian, lumayan banget kan para wota jadi tambahan penonton, dimasukanlah personel JKT48. Ini gara-gara episode 14 Mei 2014, Haruka akhirnya direkrut sebagai ‘neneng gesrek’, keponakannya Sule.

DI SINI AJA!

Frasa populer saat akan jeda iklan ini sering diucapkan dengan bahasa daerah, dan kadang bahasa internasional, tergantung bintang tamunya. Tapi kalau Haruka mah disuruh pakai bahasa Jepang malah ngomong “Di dieu wae”.

MENCELA BAYAR LIMA RIBU

Sule dan Andre serta bintang tamu diwajibkan untuk membayar Rp 5.000,- jika saling mencela, hasil ini akan disumbangkan kepada yayasan. Aturan kayak gini bagus juga.

Untuk stand up comedy yang katanya ‘komedi cerdas’ aja sering menggunakan celaan sebagai materi pelucu. Gara-gara kultur kita yang emang kayaknya hobi mencela orang lain, ya kayak si saya ini juga sih.

SURPRISE!

Terkadang ada kejutan dengan mendatangkan orang yang bersangkutan dalam cerita bintang tamu yang gagal dalam hitungan kelima, “5… 4… 3… 2… 1… GAGAL!”. Juga ada kejutan yang ternyata hanya pemberi harapan palsu, ketika surprise tersebut ditunjukkan, hanya benda yang kosong, pura-pura pegang sesuatu. Kadang juga ambil asal aja benda yang ada.

Terkadang Sule menelpon orang yang bersangkutan dalam cerita di bintang tamu yang ternyata adalah Andre. Dan kadang Sule mengundang orang yang bersangkutan dalam cerita di bintang tamu yang ternyata adalah Andre yang sedang menyamar.

STRATEGI PROMOSI MEDSOS

Di beberapa video yang diunggah ke Youtube, kadang saya menemukan komentar dari orang luar negeri yang minta subtittle bahasa Inggrisnya.😯

Hal ini akibat dari seringnya Ini Talkshow jadi TTWW di medsos twitter, ga tanggung-tanggung selalu sukses memuncaki klasemen.

“Semua karya seni adalah curian.” – Pablo Picasso

Sumber: India Today

Untuk di Indonesia, konsep Ini Talkshow emang baru. Namun bukan yang pertama. Acara talkshow yang berformat keluarga kaya dengan dipandu host dan co-host ini merupakan format yang dipakai juga di Comedy Night with Kapil. Program tipi di India yang jadi pemegang rating tertinggi, dan diganjar beragam penghargaan.

Jadi masuk akal jika NET berani menayangkan Ini Talkshow di masa prime time. Setelah 6 bulan tayang, program satu ini bisa jadi viral dan menjadikan saya salah satu penonton setianya.😀


40 thoughts on “Ini Talkshow: PAS Mantab 2.0

  1. Gue sebenarnya suka sama acara ini. Acara – acara di NET TV lah khususnya, apalagi tampilannya udah jernih banget. Tapi durasinya agak kelamaan dan tayang setiap hari (kalo gak salah). Keseringan nonton gue jadi bosan sendiri. Sama seperti Indonesia Lawak Klub yang tayang setiap hari, gue jadi bosan.

    Ntahlah, mungkin cuma gue sendiri yang ngerasa bosan.

    1. Ya namanya juga industri hiburan, kalau udah hits biasanya kuantitasnya aja yang dinaikin.
      Semua program tipi nasibnya sama, tinggal gimana tim produksinya yg kreatif bikin penyegaran-penyegaran.

  2. Sebenarnya acara ini lumayan bagus kalau hanya dipandu Andre & Sule, tapi saya gak bisa menikmati gimmick2 co host yg lain, gak natural & gak lucu juga. Dan seperti talkshow lokal yang lain, bintang tamu jatuhnya hanya jadi penghias saja, cuma ngomong sedikit & sering diseret bercanda terlalu jauh.
    Berharap ada talkshow lokal yg konsepnya mirip Graham Norton Show, dan tayangnya weekly biar orang gak cpt bosan.

    1. Emang kayaknya Ini Talkshow diplot bukan buat ‘Talkshow’, meski titlenya bilang gitu. Bintang tamu seringnya dianggurin, nanya asal-asalan dan ga terlalu mendalam, paling buat promosi kalau misalkan si bintang tamu ada rilis single atau film.
      Jatuhnya mungkin ke ‘comedy show’.

    1. Emang aturan dari pemerintah setahun pertama mengudara ga boleh ada iklan komersial, jadi pas awal-awal emang ga ada iklan. Dan kayaknya NET ini juga pasang tarif tinggi buat yg mau ngiklan.

  3. Yang gue suka dari acara ini adalah,, tim kreatifnya membangun bener2 dari nol mulai konsep lawakan sampe citra tokoh-tokohnya,, nggak kebawa dari acara sule andre yang lama di tivi sebelah,, kereeen tim kreatif NET

    1. Tapi ada sih beberapa model lawakan lama yg dibawa Sule Andre. Yang pastinya tetep bikin ngakak.
      Emang keren, jadi pengen deh masuk tim kreatif NET.

  4. Oalah OVJ akhirnya berhenti tayang toh. Yadeh ntr suamiku kusuruh nonton talkshow ini (loh kebalik…). Krn dl klo nonton Sule di OVJ, dia bs sampe terngekek2 gitu ….

  5. Dari mulai “Bukan Sekedar Wayang” jam 17.30 sampe acara 86 selalu saya tonton. Apalagi pas acara “Ini Talkshow”, sangat dinanti banget dah. Skrg saya sdh ga pernah nonton acara2 televisi lain selain NET.

  6. Kira-kira Comedy With Kapil itu beneran mirip nggak sama Ini Talkshow? Kan biasanya pas tau ada kemiripan, kebanyakan orang Indonesia laangsung ilfeel sama suatu tayangan/film, tanpa tau lebih lanjut bahwa kemiripannya itu nggak sampe 60% lebih… Hahaha….

    Jujur sih, cara pengemasan Ini Talkshow ini luar biasa. Nggak sekedar rekreasi, tapi kita juga disuguhi banyaak informasi yang kita emang perlu tau.

    1. Hari ini ga ada yang namanya ide orisinal, semuanya hasil curian. Dari setting suasana mirip sih, tapi saya baru nonton sekilas juga yg Comedy With Kapil.

  7. Hahaha setuju! Sama Gan..
    Acara ini emang kocak abiss, selalu ngakak pas lihat di net setiap hari
    Saya suka ide ‘comedy show’ acara ini yang fresh dan kreatif,
    Tapi yang paling saya suka adalah peran dari masing-masing pemain yang di bawakan dengan sangat pas dan kompak.

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s