Friendly Bandung

Pasti pernah denger, liat, atau baca Malaysia Truly Asia, Uniquely Singapore, Amazing Thailand, atau Hongkong Asia’s World City. Mungkin untuk yang di Indonesia ada Enjoy Jakarta sama Jogja Never Ending Asia. Kini Bandung pun punya city branding internasional.

friendly bandung

“Someah hade ka semah”, sebuah filosofi di tatar Sunda yang berarti keharusan untuk berlaku ramah kepada para tamu. Jamu setiap tamu agar merasa betah dan kerasan. Dan rasanya local wisdom Sunda ini sangat relevan dalam memajukan sektor parawisata. Maka terciptalah slogan “Friendly Bandung”.

Logikanya, ketika para wisatawan merasa nyaman maka mereka rela berlama-lama pelesir di kota ini. Dan tentunya makin lama mereka tinggal, makin banyak uang dari kantong mereka yang terkuras dan kemudian berpindah ke Bandung. Ya ya, kapitalis banget emang, namanya juga marketing.

Friendly Bandung mencoba menjual keramahan warganya sekaligus promosi kepada warga Bandung agar selalu beramah tamah kepada siapa pun itu, khususnya tamu. Ramah dalam arti menjamu, menjaga, memelihara, dan berupaya membahagiakan tamu.

Nah, untuk melengkapi city branding ini, ada lagunya juga. Bertepatan dengan ulang tahun Bandung yang ke-204, hari ini, Mocca merilis lagu ‘Bandung’.

Setelah sebelumnya pernah bikin lagu tentang Bandung, yakni “Mars Persib”, lagu favorit saya, kini band super asyik Mocca ini menghadiahi Kota Kembang dengan lagu yang aduhai ini. Kalau boleh dibilang, bisa bersaing lah sama ‘New York, New York’-nya Frank Sinatra atau ‘City of Angel’-nya 30 Seconds to Mars, lagu-lagu yang dibuat karena kecintaan terhadap kota sendiri.

Ada juga klip videonya yang bisa ditonton di Youtube. Di videonya sendiri muncul beberapa musisi Bandung, ada Rekti vokalisnya The SIGIT sama Teh Risa. Yang paling penting, ada penampakan dari walikota Bandung terganteng.

Welcome to flower city, my lovely city~

Memang ‘urang Bandung mah ramah’, tapi bagi kalian yang jadi tamu harap jangan ‘polontong’ juga ya. Wilujeng milangkala Bandung nu ka-204!


22 thoughts on “Friendly Bandung

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s