Review Komik Golongan Darah: Simple Thinking about Blood Type 2

Saat membaca kicauan dari @penerbitharu kalau ada restock buku ini di Gramedia Merdeka, sebagai orang bergolongan darah A, saya langsung mengagendakan kalau habis pulang kuliah kudu langsung beli komik ini biar ga kehabisan lagi.

simple thinking about blood type 2

Selain SNSD juga girl group K-Pop lainnya, variety show Running Man, dan k-drama, ada satu lagi produk asal Korea Selatan yang saya suka, webtoon golongan darahnya Park Dong Sun ini. Sehingga buku seri kedua komik blood type ini wajib saya miliki.

Menurut saya, ada tiga kelebihan seri kedua ini dibanding yang pertama; lebih runut, lebih informatif, dan lebih tebal. Ya, keempat alien berbeda golongan darah ini diceritakan oleh Dong Sun dengan mengurutkannya dari sejak masa taman kanak-kanak, sekolah, kantor, dan kehidupan pribadi. Karakteristik dan perilaku khas dari setiap golongan darahnya pun dijabarkan lebih banyak, juga dengan hasil penelitian faktual.

Dan seperti yang tadi saya bilang, lebih tebal! Ya lebih tebal sekitar 50 halaman. Hehe, maklum golongan darah A kan saya, jadi udah dihitung dengan jeli.😆

Bagian yang paling saya suka sih soal cerita keluarganya si komikus tentang orangtuanya, ayah bergolongan darah A yang kalem nan bijak namun sensitif, dan ibunya dengan tipikal golongan darah B yang blak-blakan. Oh, sebagai sesama golongan darah A, saya bisa merasakan banget kegetiran ayahnya. Sekaligus saya bisa mengambil pelajaran darinya bahwa kalau mencintai itu harus tulus, karena perbedaan akan selalu ada, dan justru inilah yang membuat jalinan kasih itu makin indah. Tsah~

***

Judul: Simple Thinking of Blood Type 2

Genre: komik, pengembangan diri

Kategori: non fiksi, webtoon

Penulis: Park Dong Sun

Ukuran: 14×20 cm

Tebal: 308 halaman

Harga : Rp. 63.000

Terbit : Juli 2014

Bisa didapatkan di toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung. Pembelian online: www.owlbookstore.co.id

***

Oh ya, sebelumnya saya pernah nulis 10 Couple Running Man Paling Greget dan Analisis Golongan Darahnya berdasarkan buku yang pertama. Nah, yang suka varshow Korea pasti hapal deh kalau kepribadian menurut golongan darah ini sering disinggung-singgung, bahkan mereka udah jago banget nebak sifat seseorang. Bagi yang mau jago nebak kepribadian orang, biar disangka peramal, wajib deh buat baca buku ini.

Dengan mengenal kepribadian menurut golongan darah ini semoga kita bisa mengenal lebih dalam diri kita dan juga lebih peka dengan orang lain. Dan ingat, ga ada yang lebih baik, ga ada yang lebih buruk. Semua manusia punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

selfie with blood type

Penerbit Haru menjanjikan buat yang memberikan review terbaik tentang buku ini bakal dapat suvenir. Dan sebagai golongan darah A, saya udah memberikan yang terbaik. Ya semoga dapat hadiah bonekanya lah, pengen aja sih.

lomba review simple thinking about blood type 2


19 thoughts on “Review Komik Golongan Darah: Simple Thinking about Blood Type 2

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s