Kenapa Ngeblog?

Saat itu 2009, saat nama Facebook saya masih super panjang, tapi untungnya istilah alay belum ada. Arif Abdurahman yang masih berseragam putih abu dan belum doyan Britpop dan K-Pop itu tengah asyik mengurusi blognya. sokocon.dagdigdug.com alamatnya.

kenapa ngeblog

Adakah yang pernah dengar Dagdigdug? Oh, sekarang layanan blog gratis bertagline “Rumah Blogger Indonesia” ini emang telah pupus.

Untungnya, sebelum Dagdigdug tutup usia, saya telah hijrah ke hostingan sendiri. Memakai layanan hosting Indonesia dan domain yang Indonesia banget juga. sokocon.web.id namanya. Dan lebih Indonesia, karena CMS WordPress yang dipakai berbahasa Sunda. Namun blog ini hanya berumur setahun, karena ketika harus perpanjangan hosting dan domain, pas itu masa-masanya lagi jenuh ngeblog.

Oke, segitu dulu kilas baliknya. Mungkin nanti bakal ada pos yang lebih detail soal sejarah ngeblog saya kalau sekiranya ada yang pengen tahu. Kembali ke judul, “KENAPA NGEBLOG?”. Dan jawabannya… Hmm, sebaiknya saya kilas balik sedikit dulu. Dan dengan sedikit berputar-putar.😆

Untuk awal-awal, ada dua alasan utama kenapa saya ngeblog. Pertama, buat gaya-gayaan. Kedua, motif komersil. Ya, saya ingin meningkatkan prestise sekaligus dapat duit dari kegiatan ngeblog ini. Tapi nampaknya kedua alasan ini gak membuat saya konsisten ngeblog, masih setengah-setengah.

Selama 5 tahun, blogger-blogger baru bermunculan, dan blogger-blogger lama yang saya kenal mulai berguguran. Dan saya sebagai blogger masih tetap eksis sampai sekarang. Dalam perjalanan ngeblog sering saya galau karena pikiran-pikiran semacam ini:

  • Kenapa yang komen sedikit?
  • Kenapa pengunjung dan stat blog sedikit?
  • Kenapa isi blog ga jelas?
  • Kenapa kualitas tulisan ga tambah bagus?
  • Kenapa belum dapet duit dari ngeblog?
  • KENAPA NGEBLOG?
  • Kenapa? Kenapa? Kenapa?

Saya dan mungkin sebagian blogger lain pasti pernah juga dibuat gundah gulana karena ini.

Setelah berkontemplasi dan melakukan riset. Baca ini, baca itu. Akhirnya terbitlah pos berjudul “Inspiring Words for Bloggers”, yang saya harap bisa membantu para blogger ketika dilanda krisis motivasi, khususnya sih untuk diri saya pribadi.

kenapa ngeblog nulis pramoedya ananta toer

Jadi, jawaban “KENAPA NGEBLOG?” itu ya karena saya termotivasi dengan ucapan para penulis tadi. Dan karena motivasi itu sesuatu yang temporer, maka saya sering baca ulang tuh postingan.

Oh ya, makin sadar akan pentingnya menulis, khususnya ngeblog, timbul gara-gara baca karya fenomenalnya Albert Camus-nya Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. Ya, inilah penulis favorit saya. Silahkan baca Tetralogi Buru, bahkan saya mewajibkan roman ini untuk dibaca!

Hal lain yang membuat saya ngeblog adalah karena saya seorang INFP.

MyPersonalityKatanya tipe orang seperti ini dikasih kelebihan berupa “Excellent written communication skills”. Ya, komunikasi lisan emang minus, tapi komunikasi tulisnya plus-plus. Ibaratnya ketika mata kita ditutup, indera-indera lainnya akan berfungsi lebih baik. Dan begitulah saya, lewat tulisan saya bisa berkomunikasi lebih baik.

Meskipun perasaan lebih mendominasi saya ketimbang logika. Dan menulis menjadi katarsis saya. Tapi saya paling ga bisa yang namanya curhat blak-blakan soal perasaan. Lebih suka mencurahkan secara tersirat ketimbang tersurat. Dan sabda surayah ini pas banget buat saya:

“Mungkin ada orang yang menulis untuk mengatakan kata hatinya, maafkan aku kalau salah, karena aku menulis untuk mendengarkan kata hatiku.”  – Pidi Baiq


51 thoughts on “Kenapa Ngeblog?

  1. alasan awalnya saya nge-blog mau belajar internet marketing, setelah 4 tahun ga dapat juga ilmunya, yasud, nulis catatan versi saya aja di blog,
    motivasi dari Pramoedya Ananta Toer, nonjok semangat banget tuh Rip. *kalau utk bayar domain & beli pulsa internet udah dapt dari blog sih*. Semangat.

  2. Aku suka banget ama quote nya pramudya ananta, kalo aku dulu awal nya ngeblog karena mau pamer habis jalan2 hahaha trus link nya disebar ketemen2. Tapi kalo sekarang yaaa iseng2 aja ada kepuasan lain hahaha

  3. Wah ternyata kamu itu memiliki kepribadian yang mirip2 sama aku toh. Aku juga nggak gitu fasih klo lisan. Lebih nyaman hidup di balik sebuah tulisan. Pernah ada teman yang ngomong klo bahasa tulisanku lebih hidup ketimbang bahasa lisan. Seriusan. -_-

  4. Btw dari mukanya kelihatan kok nggak gitu doyan ngomong. Tampaknya orangnya suka mikir juga. Kelihatan dari bentuk bibir, bentuk rahang, sama sorot mata yang agak tajam.

  5. kalo saya sendiri sih awl ngeblog karena ikut-ikutan kakak kelas hehehe
    tapi makin kesini saya ngeblog cuma buat share cerita kehidupan sehari-hari

    btw, nice post!

  6. saya punya 3 blog, itu berawal dari suka menonton film dan mereviewny di blog. terus ada yg isinya materi kuliah dan yang ketikga blog gado-gado. jadi tetap blog itu nomer satu

    1. Wah saya punya berapa ya. Yg pasti yg sering diupdet mah yg ini sama blog satu lagi yg bahasa Inggris, di Tumblr juga sering sih.

  7. INFP itu apa? Mesti introvert kah untuk bisa nulis? Nggak kan? Karena orang sekitar gue menyebut gue sebagai hyper ekstrovert cuma karena doyan cerita :3 btw jika dikau kpopers, daku mau survey nih untuk para fanboy :3 buat blog gue juga hehehe. Kalo bs lewat mane ye nanya nya? Respon segera~~

  8. Kalo saya, alasan utama dulu waktu mulai ngeblog itu biar keliatan keren. Soalnya kalo ditanya tentang “status” nggak cuman jawab sebagai pelajar aja, tapi juga blogger😀
    Tapi seiring waktu, dari ngeblog saya jadi punya visioner tentang hidup.

    Inspiring Words for Bloggers-nya udah saya bookmarks juga :3

  9. tujuan gue ngeblog pun ga jauh beda dari lho😀, 1. Kepuasan diri, 2. Bisa Bermanfaat bagi orang lain 3. Dapet duit dari karya sendiri di blog😀

  10. Menurut saya ngeblog atau enggak ngeblog itu tergantung dari motivasinya sendiri. Mungkin memang benar kita akan lebih bersemangat bila traffic yang padat masuk ke dalam blog kita. Terlebih bila kita bisa memonetizing blog kita.

    Namun terlepas dari kesemua itu ngeblog adalah sebuah aktivitas yang erat kaitannya dengan membaca dan menulis. Selama kamu suka membaca dan menulis menurut saya kamu akan terus ngeblog terlepas dari ramai atau tidak traffic kamu.
    🙂

  11. wkwk.. kalo saya Ngeblog pertama kali itu gini..
    awalnya saya itu lihat di tv video” yang terkenal di YouTube..yang ditayangin terus di TV ( Sinta & Jojo, Udin Kamarudi ) saya terinspirasi bwt masukin video ke YouTube.. trus kan udah..
    Nah trus kan saya suka maen game Online tuh, waktu itu sukanya NgeCheat.. kan kalo mau cheat pasti download cehatnya di blogg”. Dari situ saya terinspirasi buat bikin Blogg *Blogg Cheater* yang isinya cuma Copas.. wkwk
    waktu itu saya masih SMP kelas 2

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s