Kuliah Fotografi di DigitalRev TV

digitalrev tv special

Saat lagi khusyuk nonton video Youtube berjudul How to do Levitation Photography, si mamah bertanya. “Wih gaya si dede syuting. Eta dimana de?”

Pfft~

Video sendiri lagi menayangkan Kai Wong didampingi ‘tripod mahal’-nya, Alamby, sedang jeprat-jepret di jalanan Hong Kong. Kai sang presenter DigitalRev TV emang bermuka oriental dengan mata sipit namun warna kulit gelap, dengan postur tubuh kerempeng, dipikir-pikir emang mirip sama kayak saya ya.😎

Fisiknya emang sama. Tapi yang ngebedain, dia jago fotografi, sementara si saya ini baru belajar. Ya, baru punya DSLR kan, yang belinya pakai hadiah uang dari lomba blog, si seksi hitam manis Niko Robin, Nikon D3100 itu.😀

Nah, semenjak punya si Niko Robin tadi ya jadinya kan bisa songong tuh. Keren kan bawaannya kamera DSLR gitu sekarang mah, meski cuma entry-level, orang-orang pada nganggap kita fotografer jago tuh. Padahal mah cuma kameranya aja yang jago. Makanya saya merasa kudu buat belajar ilmu fotografi.

Sungguh beruntung kita hidup di era internet, sehingga saya bisa belajar otodidak lewat sarana ini, khususnya lewat Youtube. Ada banyak channel-channel yang bisa kita ikuti untuk bisa belajar fotografi secara mandiri, dan salah satunya channel DigitalRev TV.

Kocak, konyol, koplak! Setiap videonya selalu sukses bikin ngakak, tapi tetap informatif dan inspiratif.  Selain itu bahasa Inggris yang digunakan cukup mudah dipahami. Tapi kadang ga edukatif, soalnya si presenternya ini hobi banget ngejatuhin kamera dan berbuat hal-hal nyeleneh lain, yang pastinya ga harus kita ikuti.

kai man wong digitalrev

Di samping memberikan beragam tips dan teknik fotografi, ada juga review beragam kamera dari segmen entry-level sampai pro, dan juga review lensanya. Karena memang DigitalRev ini merupakan toko online sekaligus medsosnya para fotografer. Channel DigitalRev TV sendiri telah mengudara sejak 2007, namun pada awalnya format yang dibawakan hanya berbentuk video unboxing dengan penjelasan yang teknis banget. Dan semuanya berubah ketika Kai Man Wong masuk dan menjadi presenter utama pada Desember 2009.

Saluran DigitalRev TV ini rajin update video, biasanya seminggu ada dua kali yang diunggah. Up to date banget. Selain Kai sebagai presenter utama, di bagian kameramen ada si jangkung Lok Cheung dengan Inggris berlogat Kanton, dan si cantik imut Alamby Leung dengan Inggris beraksen Aussie sebagai Project Co-ordinator. Alamby sama Lok ini sering tampil juga sebagai trio bareng Kai. Tapi sayang, Alamby sekarang udah keluar dari DigitalRev sejak Oktober 2013 kemarin.😦

Berkat DigitalRev TV, saya jadi tertarik dengan yang namanya street photography. Karena review yang dilakukan dengan tes lapangan langsung, biasanya dengan photowalk di jalanan-jalanan Hongkong.

Ada juga serial “Pro Photographer, Cheap Camera” tentang tantangan fotografer pro yang harus menggunakan kamera murahan. DigitalRev bikin juga sebuah reality show yang bisa ngasih kita inspirasi dan kreativitas soal fotografi dari para fotografer muda bertalenta di Internet Most Talented Photography. Dan yang paling ketawa ya segmen “Parody & Spoof”.

kai wong lok cheung digitalrev

Oh ya, ada satu kesamaan lainnya Kai sama saya. Sama-sama suka warna pink! Sampai ada tutorial gelo cara ngecat Nikon pakai warna pink. Ya, itu yang dipegang namanya Pinkon.😆


37 thoughts on “Kuliah Fotografi di DigitalRev TV

  1. Saya suka episode2 yang nantang fotografer pro pake kamera murahan. Kocak liat reaksi mereka yg kaget waktu ngeliat disuruh pake kamera apa. Tapi, beneran jago lho mereka. Ternyata, yg terpenting men behind the gun itu, benar adanya.

    1. Iya, karena fotografi bukan hanya soal kameranya.
      Paling suka yg Zack Arias, soalnya dia ditantang pakai kamera saku Kodak EasyShare CD44, kamera saya sebelum punya DSLR.

  2. haha.. kayanya kalo orang udah megang kamera SLR itu keren dan dari luar bisa di bilang fotografer walupun dia aslinya bukan fotografer

  3. wah ini salah satu channel Youtube favorit saya, kocak pembawaan dalam videonya, kadang juga nggak jelas, tapi justur itu jadi ciri khas DigitalRev yang gokil ini.

    Untuk alternatif channel Youtube yang “agak beda dan unik” bisa cek video-videonya, btw saya baru tau si cewek sudah cabut dari DigitalRev😦

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s