The Hunter: Polisi Juga Manusia

the hunter asa nonami

Takako Otomichi merupakan polisi wanita lalu lintas yang kemudian beralih untuk bergelut di departemen investigasi kriminal. Sebagai detektif kepolisian, lelah fisik maupun mental menjadi suatu keharusan, apalagi jika seorang wanita yang memang sangat sedikit di departemen ini.

Kasus pembunuhan aneh dan misterius di restoran keluarga yang menyebabkan kebakaran hebat di kota Tokyo mengharuskan Otomichi mendapat mitra seorang detektif senior yang sinis. Detektif Tamotsu Takizawa juga tak senang mendapat partner detektif perempuan. Namun profesionalisme harus tetap dijunjung.

Belum terpecahkan kasus pembunuhan tadi, muncul pembunuhan lainnya. Ya, sebuah pembunuhan berantai. Penyelidikan pelik yang menyita tenaga dan waktu akhirnya mengarah pada penemuan yang mengejutkan.😯

The Hunter merupakan novel karya Asa Nonami yang memenangkan penghargaan Naoki yang bergengsi pada tahun 1996. Secara garis besar, novel pemenang penghargaan Japanese Mystery and Suspense Award ini membahas kalau polisi juga manusia. The Hunter menjabarkan secara gamblang tentang beratnya jadi seorang detektif kepolisian dengan fokus pada tokoh Otomichi dan Takizawa.

Penokohan dan penceritaan sangat manusiawi, mengupas sisi-sisi seorang anggota kepolisian yang mungkin belum kita ketahui. Berusaha sekuat tenaga menyelesaikan kasus, namun dalam saat bersamaan, kehidupan pribadinya sendiri bermasalah. Novel ini juga membuka wawasan kita kalau dalam penyelidikan suatu kasus ga segampang yang kita kira. Butuh proses panjang dan seringkali harus bertemu kebuntuan.

Sedikit kecewa dengan terjemahannya, karena banyak tipo. Yang paling mengganggu sih nama yang di-Indonesia-kan, tapi ga terlalu berpengaruh ke cerita sih.😀

Jempol buat sampul edisi Bahasa Indonesia-nya yang keren. Dengan tampilan gambaran kota Tokyo yang muram dan juga tulisan kanji inilah yang membuat saya kepincut beli novel ini. Dan ternyata peribahasa “don’t judge a book by its cover” ga berlaku untuk novel ini.


13 thoughts on “The Hunter: Polisi Juga Manusia

  1. sudah baca ini. dan ceritanya sangat menarik. dan benar benar bikin gue sedikit terbuka bagaimana detektif melakukan penyelidikan. seorang detektif wanita yang benar benar berjuang bersama partner yang awalnya tidak suka terhadap dirinya. tapi, dia bisa membuktikan kemampuannya dia. dan juga profesional terhdapa pekerjaannya. meskipun keluarganya jua sedang dirundung masalah.
    🙂🙂🙂

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s