Cinta Lintas Spesies di Februari 2014

lpj tontonan film februari 2014

Cinta itu melumpuhkan logika. Hubungan asmara ternyata bisa tercipta antara manusia dengan zombie, ada juga yang sama manusia serigala, dan terakhir ada yang sama alien dari planet Krypton. Ya, emang cuma film sih. Dan hubungan asmara lintas spesies tadi merupakan kisah-kisah dalam film yang saya tonton di bulan Februari. Ini ga ada hubungannya sama valentine ya.

Untuk bulan kedua di tahun 2014 ini total ada 8 film yang saya tonton. 3 Hollywood, 3 Korea, dan 2 sisanya anime Jepang.

#1 Happiness For Sale / 미나 문방구 (2013)

Mina (Choi Ganghee) yang seorang PNS di bidang perpajakan mendapat kabar kalau ayahnya sakit dan tengah dirawat di rumah sakit. Mina yang sudah bekerja di kota besar Seoul sebenernya enggan buat kembali ke kampung halamannya di Muju yang menyimpan kepahitan masa kecil, ditambah hubungannya yang ga akur dengan ayahnya.

Ayah Mina mempunyai sebuah toko alat tulis depan sekolah dasarnya dulu, dan Mina ingin agar toko tadi dijual ke sebuah real estate. Si agen penjualan mensyaratkan agar toko tadi diurus dulu, sehingga mau tidak mau Mina pun harus pulang kampung juga. Apalagi Mina sedang kena skor dari instansinya.

Di lain pihak, Kangho (Bong Taegyu) pun kembali ke Muju untuk menjadi seorang guru SD. Kampung halaman tempat Kangho kecil tumbuh. Diketahui kalau Kangho-Mina merupakan dua teman masa kecil yang senasib.

Drama dengan cerita sederhana bahkan terkesan klise namun sarat makna.

Aripmeter: 74%

#2 Wonderful Radio / 원더풀 라디오 (2012)

Nonton karena ada Lee Kwangsoo maen. Selain itu ada adegan Jong Kook sama Gary jadi cameo. Ya, buat yang suka Running Man mah pasti ngerti.

Film bikinan SBS ini berkisah tentang Shin Jin-A (Lee Min Jung), mantan leader grup idol Purple yang sekarang banting profesi jadi pembawa acara program radio yang ratingnya kian hari kian rendah, Wonderful Radio. Datanglah produser Lee Jae-Ik (Lee Jung Jin) sebagai juru selamat.

Kilas balik dulu. Purple sendiri merupakan salah satu idol grup cewe yang masuk generasi awal di Korea Selatan, dan yang paling populer saat itu dengan “You Are My Angel” sebagai lagu hitsnya. Namun tanpa alasan jelas, Purple yang beranggotakan tiga personel kemudian dibubarkan oleh Jin-A. Nah, Cha Dae-Keun (Lee Kwangsoo) yang merupakan fanboy Purple tetap setia dengan menjadi asisten Jin-A yang notabene biasnya.

Sekarang Jin-A hanya seorang host radio. Di rapat awal dengan PD Lee Jae-ik, Jin-A malah datang ngaret, sehingga hubungan antara keduanya ga akur. Namun, tanpa disangka-sangka segmen baru yang diinisiasi Jin-A sukses menaikan rating.

Aripmeter: 75%

#3 One Piece Strong World / ストロングワールド (2009)

one piece strong world

Latar ceritanya sebelum Shaobody Arc. Kru topi jerami harus berhadapan dengan Shiki karena menculik Nami untuk dijadikan sebagai navigator agar misi penaklukan East Blue bisa sukses.

Shiki sendiri merupakan bajak laut angkatan Gol D. Roger, bahkan pernah bertarung namun kalah. Shiki juga pernah menyerang Marineford, dan Garp sama Sengoku pun harus bersusah payah untuk mengalahkannya. Shiki juga menjadi orang pertama yang berhasil lolos dari penjara bawah laut Impel Down. Oh ya, cerita tentang masa lalu Shiki ini ga terlalu detail dibahas di filmnya, dulu saya pernah baca di manga.

Ya, Luffy dkk mau tak mau harus mengalahkan si Shiki pemakan buah Fuwa Fuwa yang bisa mengontrol gravitasi benda ini. Pertama, untuk membebaskan Nami. Kedua, agar East Blue selamat dari kehancuran.

Aripmeter: 70%

#4 One Piece Z / ゼット (2012)

one piece film z

Film One Piece pertama dengan latar cerita setelah kru topi jerami masuk ke New World. Sesuai judulnya yang ekplisit, filmnya ini menceritakan tentang sosok Z, bahkan sebagian besar ceritanya lebih fokus ke karakter satu ini ketimbang Luffy dkk.

Zephyr merupakan mantan admiral Marine yang telah banyak mengkader para marinir handal, namun kemudian berubah haluan karena prinsip radikalnya untuk memusnahkan para bajak laut. Zephyr selanjutnya menggunakan nama Z dalam aksinya memimpin Neo Marine. Salah satu misinya adalah menghancurkan jalur pelayaran di New World dengan cara meledakan 3 pulau yang disebut End Points agar log pose ga berfungsi.

Dibanding Strong World, projek film yang ditangani langsung Eichiro Oda ini lebih baik.

Aripmeter: 72%

#5 Pacific Rim (2013)

pacific rim screencap

Umat manusia melawan monster seukuran godzilla. Robot raksasa vs monster raksasa. Meskipun film original Hollywood, tapi isu yang beredar mengatakan kalau Pacific Rim ini plagiat dari anime Evangelion. Kalau saya pikir sih kaya Ultraman, apalagi kalau pas gelutnya di tengah kota.

Ceritanya monster raksasa yang disebut Kaiju keluar dari dasar laut dan mengacak-acak ketentraman umat manusia. Hong Kong, Manila, San Francisco, Tokyo, dan beberapa kota pesisir lainnya menjadi korban serangan dari para Kaiju. Untuk mengatasinya beberapa negara bergabung dan dibuatlah robot raksasa yang dikendalikan oleh dua orang pilot yang dinamakan Jaegers.

Raleigh Becket (Charlie Hunnam) merupakan pilot Jaegers yang melakukan misi melumpuhkan Knifehead, kaiju jenis 3, harus menerima kegagalan dan kematian kakaknya, Yancy Becket (Diego Klatenhoff). Hal ini rupanya membuat beberapa negara memutuskan untuk menghentikan proyek Jaegers dan menggantinya dengan proyek membangun benteng raksasa untuk menghalau serangan kaiju tadi.

Pihak militer di bawah pimpinan Stacker Pentecost (Idris Elba) melakukan tindakan perlawanan dengan mempertahankan keberadaan Jaegers. Pada saat inilah aksi antara robot Jaegers dengan kaiju yang nyatanya terus berkembang semakin menarik. Ditambah lagi dengan kembalinya Raleigh Becket, kehadiran satu-satunya pilot perempuan Mako Mori (Rinko Kikuchi), pasangan pilot ayah dan anak, dan aksi komikal dari peneliti Kaiju, ahli perhitungan matematika melengkapi tim perang menunda kiamat terhadap teror yang disebabkan para Kaiju.

Ceritanya sih biasa, karakterisasinya mungkin terkesan sangat standar khas film keluarga. Yang pasti saya sangat sangat sangat terhibur dengan adegan Jaegers vs Kaiju.

Aripmeter: 75% | IMDb Rating: 7.1/10

#6 Warm Bodies (2013)

warm bodies

Setelah muncul film tentang vampire melankolis, sekarang ada juga zombie. Ya, R (Nicholas Hoult) merupakan zombie muda plus aneh yang instropektif. Saat penyerangan zombie terhadap kelompok survivor, R bertemu Julie (Teresa Palmer) dengan merasa perlu untuk melindunginya.

Sisi manusia secara bertahap mulai tumbuh dalam diri R setelah kehadiran Julie. Rupanya gejala ini menular juga ke kalangan zombie lainnya. Namun, Bonies, spesies zombie yang hanya tinggal tulang dan ganas merasa khawatir dan hendak menghabisi pasangan R-Julie. Selain itu, pasangan ini pun dihadapkan polemik dengan umat manusia yang paranoid sama zombie.

Warm Bodies sendiri merupakan film adaptasi dari novel berjudul sama karya Isaac Marion. Sebuah kisah Romeo-Juliet versi zombie apocalypse.😀

Aripmeter: 78% | IMDb Rating: 7,0/10

#7 Man of Steel (2013)

man of steel screencap

Film superhero dengan konsep dan nuansa gelap lagi ngetren di Hollywood setelah suksesnya The Dark Knight. Nah, begitu juga kemasan pada film Superman, apalagi yang ngebesutnya Zack Snyder dan produsernya Christopher Nolan.

Untuk 40 menit pertama, filmnya berjalan memuaskan. Kisah Krypton dilanjut cerita Clark Kent (Henry Cavill) yang merasa teralienisasi dengan kekuatan supernya emang oke. Namun dalam sekejap mata, ketika General Zod menyerang, film ini berubah dari sci-fi sekelas Batman Begins jadi film popcorn seperti Transformer 3. Kisah antara Clark Kent sama Lois Lane (Amy Adam) pun kurang greget.

Secara keseluruhan Man of Steel ini oke lah, tapi dengan ditangani sama sineas mentereng harusnya sih bisa lebih bagus. Sangat berharap untuk sekuel selanjutnya lebih oke.

Aripmeter: 76% | IMDb rating: 7,4/10

#8 A Werewolf Boy / 늑대소년 (2012)

Langsung nonton ini setelah ngeliat Running Man episode 25.

Film yang dibintangi si cantik nan imut Park Bo Young sama si ganteng Song Joong Ki berkisah tentang melodrama romantis antara gadis penyendiri penyakitan dengan manusia serigala super tampan. A Werewolf Boy sendiri menjadi film terlaris ketiga di Korea Selatan pada 2012 dan mendapat banyak pujian dari beragam festival film.

Flower sibling! Chemistry yang dibangun Cutie Boyoung sama Flower Joongki emang aduhai banget. Haha, ngambil istilahnya RM.

Aripmeter: 81%

***

Boleh aja sih cinta lintas spesies, asal kuat aja nahan polemik yang akan kalian hadapi. Saran saya sih mending nyari aman aja, kalau jatuh cinta usahakan sama sesama manusia, tapi tetap haram sesama jenis kelamin mah ya.


29 thoughts on “Cinta Lintas Spesies di Februari 2014

  1. Dari film-film yg Akang sampaikan disini saya hanya sempat nonton 2 film.saja, pacific rim dan man of steel…
    Saya biasa nonton malam minggu bersama teman-teman sepabrik. Nonton dikontrakan, pake laptop + speaker aktif. Film2nya dapat donlod…
    Hayu Kang urang nonton film sasarengan…

  2. Baru nonton yang no 1, itupun nonton di net tv. Tapi seru sih!
    Eh ada film bagus Rip, judul nya miracle in cell no 7. Film korea yang bikin emosi kita naik turun, lagi sedih tiba2 lucu tiba2 sedih lagi terus ketawa lagi. Hehehe ya gitu deh😀

  3. Nyesek banget. Waktu diputar di Net, malah ketiduran….. Ga jadi nonton yang terakhir… -_-

    Btw aku baru BW ke sini, dan kaget. Ternyata sebelum kupost soal Happiness fo sale, di sini juga udah dibahas lebih dulu… wakakka…. kebetulan gini….

  4. A were wolf boy dapat poin tertinggi, ya… Kalau ada waktu perlu ditonton nih.
    Bagi saya yg penggemar Twilight ini, Warm Bodies bikin saya penasaran, hehe….😀

  5. aku pengen nonton yang warm bodies, bahasanmu lumayan bagus nd menarik, kalo mau review buku cebokku ya, silahkan liat infonya di blogku^^

    1. Emang kurang memuaskan. Ekpektasinya ketinggian karena tau yg ngegarapnya Zack Snyder sama Nolan. Mungkin buat sekuel selanjutnya bisa lebih oke. Saran saya sih latar Smallville sama Metropolisnya lebih ditonjolin, sama hubungan Clark-Lois Lane-nya ga asyik, kecepetan.

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s