Hidup Sederhana

simple life

Boleh dibilang orang idealis itu manusia bodoh nan pongoh. Entah apa yang ada di pikirannya kreator game Flappy Bird ini. Setelah game sederhana yang hanya dibikin selama 3 hari ini menjadi banyak diperbincangkan dan sukses menghasilkan hingga $50.000 per harinya, Don Nguyen malah mematikan si burung penaik pitam ini.

Ga ada yang tahu alasan sebenernya dibalik keputusan pemuda berusia 29 tahun ini. Beredar isu kalau ini berhubungan dengan gugatan yang dilayangkan Nintendo gara-gara di Flappy Bird ada unsur-unsur Super Mario Bros. Namun, pihak Nintendo sendiri membantah isu tersebut. Ditegaskan pula oleh kreator asal Vietnam ga ada hubungan sama sekali dengan kasus hukum apapun, murni kehendak pribadi.

Setelah penarikan dan segala kontroversi di balik game Flappy Bird, Nguyen mengaku ga kapok dalam membuat game. Ia pun akan terus mengembangkan dan membuat game baru. Loh kok rada ambigu ya? Mungkin kalau dianalogikan seperti band indie tulen yang ogah buat masuk mayor label. Mereka lebih senang membuat karya, ketimbang ngurus untung materinya. Kalau ada profitnya ya ambil, tapi bukan jadi tujuan utama.

Hidup sederhana. Untuk kebanyakan orang mungkin menganggap prinsip ini sungguh mengada-ada, apalagi di zaman materi dikultuskan dan uang menjadi segalanya.

Bukankah dengan jadi orang kaya katanya bakal banyak kebaikan yang bisa kita lakukan? Bisa lebih banyak menderma. Sehingga sering dibahas di seminar dan buku motivasional kalau kita dituntut jadi orang kaya yang punya banyak materi, biar bisa lebih banyak duit yang nantinya bisa dikonversi jadi kebaikan umat.

Tapi namanya juga manusia, punya prinsip dan jalannya masing-masing. Ada yang dengan berkelebihan harta bisa jadi orang yang emang memberi kebermanfaatan. Dan jangan salahkan pula orang yang hanya memilih hidup sederhana, mungkin dengan begitu mereka bisa dihindarkan dari ketamakan.

Banyak yang berkelakar bahwa kalau sekiranya saat punya harta berlimpah bakal rajin sedekah, namun namanya juga manusia, makhluk pelupa. Malah gelap mata ketika harta sudah ada dihadapannya. Jadi budak harta.

Kebahagiaan tak dapat didapat dari uang. Sebuah ungkapan super klise emang, tapi sebuah kebenaran. Yang pasti, mau hidup berkelebihan materi atau pun cuma hidup sederhana, itu pilihan pribadi, yang penting selalu bermanfaat bagi sekitar.


42 thoughts on “Hidup Sederhana

    1. Motif sebenernya ya cuma beliau dan Allah yg tahu, tapi sangat disayangkan kalau niatnya cuma bikin sensasi aja. Semoga bukan.

  1. kabarnya si don ga mau kehiduapn privasinya terganggu. karena pasca meledaknya si flappy dia diminta wawancara di mana-mana dan ketemu orang mulai banyak yg menyapa.

    kurasa cerdas juga ini orang.

  2. ya mudah2an emang bukan karena sensasi. paling tidak jika keputusan ini adalah prinsip hidupnya, maka, cuma bisa salut aja, berani tegas demi menjaga keutuhan prinsip hidupny🙂

  3. waktu hosip ini muncul saya kira juga gara-gara cuma mau bikin sensasi, maklum.. saya mungkin rada ter-infotainment indonesia..
    tapi kalau dipikir-pikir lagi, orang idealis semacam ini memang masih ada kali yee. Saya sih seneng sekali mendengar ada orang yang nggak mentingin duit kayak begini. Kayak angin sejuk di tengah carut-marut semua orang mendewakan uang..hihihihi..

  4. Persepsi kehidupan dan mindset seseorang terhadap hidup pasti berbeda. Ada yang profit oriented dan ada happiness oriented, menurut saya, bro🙂
    Bagi saya, bila di situ ada kesenangan, maka kita lebih nyaman melakukannya bahkan kita tidak menhiraukan lagi kurangnya profit..🙂

  5. pasti ada alasan tersendiri yang ia punya tapi gak mau diomongin kenapa harus narik gamenya. kita juga gak bisa nilai langsung karena cuma dia yang tau alesannya..

  6. Apa sih itu flappy bird? *ketinggalan berita nih*
    dahh pernah baca di postingan seseorang kemarin, dan gak bisa donlot lagi karena dah dihapus.
    yah… memang balik lagi ke masing-masing orang Rip.
    Ada rekan kerja yang bilang: “Gaji bukan segala-galanya” tapi kenyataannya dia mengejar gaji besar. beda-beda kan?

  7. gamenya udah ngilang aja padahal belum sempet main. Rip Flappy Bird deh kalau gitu. Tunggu aja, siapa tau om nguyen lagi nyusun game yang membuat pemainnya more frustated dari mainin si burung Flappy hehe

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s