Nyunyu vs MBDC: Siapa Lebih Seru?

Indonesia itu dihuni manusia-manusia kreatif yang humoris. Dari bodor slapstick sampai sarkartis, kita jagonya. Rating acara televisi tertinggi ya dipegang sama acara lawak, dan emang humor itu kebutuhan. Makanya ga salah kalau humor udah jadi komoditas bisnis.

Namun, kalau ngeliat bisnis internet di Indonesia, situs konten humor masih belum terlalu banyak, rata-rata masih bermain di ranah berita yang serius. Paling yang besar itu ya Nyunyu sama MBDC.

nyunyu vs mbdc taeyeon snsd

WordPress vs Blogger. Canon vs Nikon. Pepsi vs Coca Cola. Xbox vs Playstation. Nike vs Adidas. Honda vs Yamaha. Rivalitas emang akan selalu ada, dan paling asyik buat ngebahas hal ini. Jadi, yuk ah kita mengadu domba antara Nyunyu dan MBDC.👿

Info aja, postingan ini dibuat bukan untuk merendahkan salah satu pihak, justru sebagai bahan intropeksi diri dan agar termotivasi untuk terus mengembangkan diri bagi pihak-pihak yang saya divide et impera-kan. Dan besar harapan saya ga ada pelaporan atas Arip Blog dalam hal pencemaran nama baik.

Nyunyu

Udah takdirnya, yang namanya Arif pasti orangnya keren, salah satunya Arief Muhammad. Bersama Raditya Dika, beliau membikin situs anak muda ini pada Desember 2011. Dan situs ini resmi dikeluarkan pada tanggal 3 Februari 2012. Arief memimpin langsung Nyunyu ini.

nyunyu screenshot
Tampilan muka Nyunyu.com

Ketika pertama membukanya kita bakal disuguhkan dengan kesederhanaan tampilannya yang didominasi dengan warna putih suci dengan tambahan warna kuning ngejreng dan beberapa warna hitam legam.

Nah, situs yang bertagline “Yang Penting Nggak Penting” ini mengupas info tentang gaya hidup, sosial, teknologi, olahraga, musik, dan aspek lainnya yang akrab dengan dunia anak muda. Tentunya ada yang benar-benar benar dan ada yang benar-benar nggak benar. Semua yang penting dikemas secara nggak penting, dan yang nggak penting dikemas secara penting. Pokoknya mah gitu lah.

Situs satu ini sebenarnya diurus oleh orang-orang yang ga asing lagi di Twitter, yakni Arief Muhammad, Benazio Rizki, Bintang Mahacakrie, Raditya Dika, Nilam Suri, Oldi Jurakli dan Alitt Susanto. Para selebtweet gitu lah. Dan berkat faktor inilah Nyunyu makin populer.

Selain artikel, Nyunyu juga bikin semacam komik gitu yang namanya Kosanyu. Disajikan pula beragam video kreatif, unik, nyeleneh, dan gokil yang disebut Nyutube. Dan ada jasa biro jodoh online juga loh, jadi buat yang jomblo kalau ga bisa ke Taman Jomblo, silahkan ngacirnya ke #MasihSingle.:mrgreen:

MBDC

Kepanjangan dari Malesbanget dot com, dibikin sama seleb super ganteng Christian Sugiono. Dengan tagline “Website Humor Kesukaan Kita Semua Sejak Tahun 2002”, yang dengan jelasnya terkesan mencibir saingan sebelah.😯

Dibanding Nyunyu, konten yang dibawakan MBDC ini lebih frontal dan vulgar. Bahkan beberapa waktu lalu, situs ini pernah diblokir karena kontennya. Segmen boleh buat anak muda, kalau Nyunyu lebih ke adolescence, nah MBDC itu menjurus ke adult.

Jadi, siapa yang lebih seru nih?

Jujur aja ya, saya ga terlalu rajin buka kedua situs ini. Paling cuma lihat perkembangannya di Twitter, kalau ada judul artikel yang menggugah hati saya, ya baru dibuka. Dan yang namanya humor, cuma ada dua kemungkinan, bikin ngakak atau garing. Dan kedua situs ini pun kadang lucu dan ga jarang pula jayus.

Dengan berat hati, seorang Arif Abdurahman secara subjektif menjatuhkan pilihan kepada MBDC!

mbdc suka snsd
Salah satu alasan saya memilih MBDC. Screnshot dari artikel 10 Hal Menarik dari Konser SNSD di Jakarta.

Selain karena alasan subyektif di atas. Jelas, pengalaman sangat berpengaruh. MBDC lebih sepuh ketimbang Nyunyu yang baru kemarin sore. Mungkin salah satu indikator untuk menentukan siapa yang terbaik, ya dengan melihat siapa yang punya jumlah follower Twitter terbanyak. Dan ya, MBDC yang menang.

Oh ya, sekali lagi saya ingatkan, postingan ini dibuat bukan untuk menjatuhkan salah satu pihak. Justru agar tercipta persaingan yang asyik, sehingga kedua situs itu terus berbenah dan menciptakan beragam inovasi. Khususnya ini pelecut buat Nyunyu agar bisa lebih keras berusaha untuk menjadi situs humor terbaik di Indonesia.

Nyunyu testimony contes

Aneh emang, postingan ini ditujukan buat lomba dari Nyunyu, tapi malah ga berpihak ke Nyunyu. Ah, masa bodoh lah, lomba SEO ini. Semoga aja antara Nyunyu atau MBDC ada yang terpikat dan berbaik hati menjadikan Arif Abdurahman sebagai kontributornya.:mrgreen:

Sukses terus aja buat dua situs kreasi anak muda Indonesia yang diperuntukan untuk anak muda ini.

+


81 thoughts on “Nyunyu vs MBDC: Siapa Lebih Seru?

  1. Aneh emang, postingan ini ditujukan buat lomba dari Nyunyu, tapi malah ga berpihak ke Nyunyu. Ah, masa bodoh lah, semoga antara Nyunyu atau MBDC ada yang terpikat dan berbaik hati menjadikan Arif Abdurahman sebagai kontributornya.:mrgreen:

    —> siapa tahu yang anti main stream bisa menang😀

  2. Saya keilangan respek sama MBDC sejak Bobby Kufaku di-bully abis-abisan disana. Humor ya humor aja kali, nggak usah over juga nge-bullynya. Kasian juga sih ngeliatnya. Kalo Nyunyu, gak begitu tertarik, buat saya mah itu versi lokal dari Cracked.com yang jauuuuuuuuuuuuh lebih kitschy.

    1. Hanjir. Setuju banget sama kak Raf.

      MBDC sekarang garing. Itu website aslinya di spelling dengan ejaan (Males(cowok)banget.com) dan bukan malesbanget.com. Tapi semenjak Jalan-Jalan men edisi Jogja habis dan selebtweet sana (katanya) pada resign. Websitenya jadi beneran malesin.

      Nyunyu nggak bisa diitung sebagai visionaris juga, ya itu tadi bener, kayak versi lokalnya Cracked.com

      Kalo ditanya respek mana, gue mending Kaskus. Meski banyak junker ngganggu. masih banyak konten yang bermanfaat entah darimana si usernya nyari konten, pinter-pinter filter aja.

    2. Ah ga terlalu ngikutin perkembangannya euy. Baru tau juga soal Cracked ini, Nyunyu juga baru tau sekarang-sekarang juga sih, taunya ya cuma 9gag.

  3. Terima kasih banyak untuk masukannya ya.. Semoga kami bisa makin berkembang..
    Btw, kalo diliat secara lebih dalam, Nyunyu dan MBDC itu beda segmen pembaca.. Nyunyu itu lebih ke ABG-Remaja, MBDC itu lebih ke Remaja-Eksmud. Yang berarti, sebenernya kita nggak bersaing kok.. :”>
    Anyway, thank you untuk tulisannya.😀

    1. Wah sesepuh Nyunyu datang langsung nih.😯
      Emang sayanya aja yg pengen mengadu domba sih. Tapi kan antara Nyunyu sama MBDC ini sama-sama situs humor buat anak muda, ya meski beda segmen usianya. Jadi secara ga langsung bersaing dong.😀

  4. Hehehe ini kok postingannya ngga netral nih Baaaang :p tapi goodluck ya buat lombanya.
    Aku dari dulu juga udah sering nyasar ke nyunyu lho. tapi secara diam-diam gitu. jadi silent reader hahaha

  5. hehehe menurut gue nggak bisa dibandingin baik nyunyu maupun MBDC semua punya kelebihan dijalur masing-masing, Gue senang dengan kedua website tersebut buat mengisi kebosenan gue🙂

  6. Kebanyakan humor2 yang beredar di dunia maya itu jarang yang lucunya menggigit, Rif.. Kebanyakan yang bikin ngakak dan kagum itu yang buatan orang2 Amrik. Salah satunya, best of the best, 9gag.

  7. Baca ini, jadi pengen bikin web dengan konten nyaris sama. Bedanya, gue pengen bikin situs portal berita yang dibawakan dengaan cara2 humor. LOL

  8. ini tulisan untuk lomba, tapi frontal banget karena secara langsung nyebutin merk luar untuk dijadikan saingan si penyelenggara. antara bagus atau ga, gue jarang buka kedua situs ini…

  9. wah, nyunyu dibilang mirip cracked. joss. dari gua pribadi sih emang berkiblatnya kesana ketika miting dan nulis tema artikel. karena menurut gua, artikel disana cenderung lebih original. bukan secara tema, tapi secara penulisan. lebih ke pengamatan sehari-hari. dan gua menghindari penulisan yg model2 clickbait atau list ga jelas kaya buzzfeed.

    dan emang, nyunyu emang lebih adolecense, MBDC ke arah adult.

    anyway, tengkyu masukannye.

  10. 1. Kamu lebih sering buka blogku. Kamu tahu kan maksudku apa ?😀
    2. Kalau keren atau gak nya website humor indikatornya adalah sepuh-sepuhan, karya anak muda akan susah ngorbit, broo.

    1. 1. Blognya ga bisa dibuka, jadi ga tau maksudnya apa.😦
      2. Bukannya sepuhnya juga pada masih anak muda kan? Dan karena masih muda itu justru pada ngorbit.

  11. wkwkwk ikut kontes dari nyunyu tapi gak berpihak kepada nyunyu, malah milih rivalnya😀, gw heran pemikiran diluar kotak gini nih yang sulilt, anti maenstrim kang arip , cayoo :3

  12. Gue lebih prefer ke MBDC man.. Jarang buka webnya, pernah cuma sekali doang. Tapi yang paling gue suka itu acaranya di Youtube: Jalan-Jalan Men. Itu sumpah keren abis kocak, informatif, dan menghibur. Kerennn.

  13. gela, aku baca sampai komen-komennya. Ini kayak makan sambal enak sampek jilatin jari-jari tangannya. Juara deh pokok-nya. Kalau politik devide et emperanya nggak juara (berapapun). Saya makan cabe dah sebeiji. Saya foto langsung proses-nya ha ha ha. . . ada darah belanda mengalir di nadimu kawan?

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s