#MimpiKawancut Ngantor Ga Harus Indoor

kancut keblenger card

Mau ultah ke-10 Kancut Keblenger, jadi pengen ngebahas pengalaman yg ada hubungannya sama komunitas satu ini.

Entah angin apa yg membuat saya bergabung dengan komunitas blogger yg dibuat tanpa landasan jelas ini. Satu pertanyaan mendasar, kenapa kudu celana dalam?! Sesuatu yg harusnya tertutup dan ditutupi, tabu untuk diekpos. Sangat amoral dan ga etis kalau dipikir. Tapi masa bodo lah. Karena kepincut sama tagline-nya yg berbunyi “Komunitas Blogger Kreatif Indonesia”, saya merasa terpanggil. 

Dan sangat bersyukur, dengan masuknya ke komunitas ini, banyak jalan-jalan kesuksesan yg terbuka. Berawal dari jadi banci lomba blog yg rajin menang, jadi aktivis sosial sok penting, bisa ngibarin kancut di London, berlayar mengarungi samudera luas, jadi penulis best-seller, jadi pengusaha yg kaya mendadak, dan terakhir kemarin baru aja ngebuka kafe baru.😎

Pasti pada penasaran sama kisah sukses Arif Abdurahman ini? Pengen tau banget kan kenapa kok bisa sesukses ini? Pengen banget atau banget banget kan? Ya udah deh khatamkan aja postingan ini.

FLASHBACK DARI 8 TAHUN SILAM…

Awal tahun 2013, karena penasaran sering liat penampakan kolor berkeliaran di sidebar blog-blog orang, mungkin karena seringnya liat, logo kolor bararoma konspirasi Illuminati itu jadi keserep sama alam bawah sadar, dan mengakibatkan jari-jari tangan iseng mengklik tuh logo super aneh. Iseng baca-baca. Kemudian iseng daftar. Dan ga tau kenapa bisa dimasukin.

kancut keblengger illuminati
Illuminati. Illuminati everywhere!

Kopdar pertama terjadi bulan Ramadhan. Sebenernya terlalu gimana gitu kalau dibilang kopdar, cuma buka bareng kecil-kecilan aja sama kawancut regional Bandung. Di sana, bisa ketemu langsung sama dua penulis di Digital Love. Sayang ga sempet minta signing bukunya. Males juga sih. Lebih kerenan bukunya ketimbang mereka mah.😆

JADI BLOGPRENEUR

[#BelajarNgeblog] TIPS MENANGIN LOMBA BLOG kayaknya jadi postingan keramat. Ngamalin beragam tips di sini, dan keajaiban bakal tercipta. Anggota Kancut Keblenger emang hobi banget menangin lomba blog, ngebuktiin ga salah kalau postingan ini wajib buat dipraktekin.

Bukan ahli SEO. Dan males banget monetize blog dengan iklan-iklan, PPC, atau apa lah. Cuma ngeblog normal aja. Tapi rajin ngontes. Giveaway kecil-kecilan sampe kontes skala internasional dengan opurtunisnya diembat. Setiap postingan dibikin semaksimal mungkin.

Alhamdulillah. Berkat limpahan rahmat-Nya, karena rajin shalat Dhuha dan hobi sedekah, beragam kontes saya menangkan. Dari pulsa, buku, kaos, powerbank, hape, sampai duit segepok didapet cuma-cuma. Sebagai simbol rasa syukur, sebagian rezeki tadi disumbangkan buat mereka yg ngebutuhin. Dan sisanya dikumpulin buat modal usaha.😀

blogger inspiratif

Nyoba peruntungan juga jadi fashion blogger. Dan dapat sponsor utama dari distro pakaian dalam ternama. Sering juga anak-anak KK yg punya usaha kaos pada minta di-endorse. Ya seneng-seneng aja selama pada ngasih royalti.:mrgreen:

PELESIR KE LONDON!

Di Bandung kota ada Bandung Creative City Forum, Cimahi ga kalah punya Cimahi Creative Association. Yg di pinggiran, Bandung coret, masa ga punya? Nah, berawal dari keresahan hati ini, dibikinlah Forum Kreatif Bandung Coret! Satu wadah buat menampung kelebihan semangat para anak-anak muda kreatif yg pengen membangun Bandung coret ke arah yg lebih baik.😎

bdgcoret

Pertama-tama sih ngerekrut anak-anak KK yg orang Bandung coret. Dan karena kegigihan kami, FKBC ini makin besar dan makin kerasa gaungnya. FKBC terus menerus bikin eksperimen sosial kreatif buat kemajuan Bandung coret.

Nuhun berat buat British Council, yg karena kepincut sama FKBC, ngasih saya kesempatan buat bisa pergi ke kota impian London. Ya, saya sebagai founder FKBC tadi diundang jadi partisipan di satu konferensi kreativitas internasional yg diadain di kotanya Sherlock Holmes sana. Biasalah buat ngasih presentasi gitu. Segala macam akomodasi pastinya gratis dikasih, dan senengnya dapat satu hari kosong buat bisa keliling kotanya Tottenham Hotspur ini.😀

foto bareng mr bean
Foto bareng Mr. Bean di 221B Baker Street, London.

Keliling London pake bus double decker, naek bianglala London Eye, silaturahmi ke Baker Street 221B, renang di kali Thames. Ah seneng banget deh pokoknya. Ada sih banyak foto-foto di sana, mau upload semua takutnya dikira songong.

NGANTOR DI TENGAH LAUTAN

Setelah lulus kuliah ya ditempatin kerja di rumah sakit udah pasti. Setelah 6 bulan dinas, datang tawaran buat jadi relawan Greenpeace. Ada lowongan buat jadi tim kesehatan. Gara-gara suka sama One Piece, sejak SD udah punya cita-cita pengen mengarungi samudera luas kaya si topi jerami. Pasti lah kesempatan jadi sukarelawan ini ga disia-siain. Lagian emang rada enviromentalis juga saya ini.

arip greenpeace
Dalam misi penyelamatan Bikini Bottom dari eksploitasi perusahaan tambang minyak.

Banyak pengalaman didapat. Selama jadi kru kesehatan di Greenpeace, saya juga belajar Wildlife Photoghrapy juga. Selain itu, ngeblog ga ditinggalin pasti. Dan sambil nulis proyek novel. Ya, ngantor ga harus indoor.

Saya emang paling ga kuat kalau harus jauh-jauh dari kampung halaman. Setelah puas mengarungi lautan luas selama satu setengah tahun, saya pulang ke dataran tinggi lagi, kembali ke pelukan Bandung tercinta.

TRUST ME, I’M WRITER. A BEST-SELLING WRITER!

Sebenernya baru nerbitin satu buku aja sih. Tapi bangga banget banget, soalnya si bukunya laris manis.

cover megapolitan bandung

Karena ga pede, ga berani ngajuin novel ini ke penerbit gede. Ya nyoba self-published dulu, terus ditawarin ke anak-anak KK. Yg namanya silaturahmi emang dahsyat, ada anak KK yg ngebantuin agar novel ini diterbitin salah satu percetakan ternama. Dan alhamdulillah-nya, setelah rombak cerita sana-sini, ‘Megapolitan Bandung’ dirilis dan sukses. Jadi mega-bestseller nasional!😎

Oh ya, saya terinfeksi gaya tulisannya Teh Dewi Lestari, Dan Brown, sama Kang Darwis Tere Liye. Terciptalah novel bertema futuristik setebal 536 halaman ini. Untuk harga ga usah ditanya, sebanding lah dengan kualitasnya.:mrgreen:

SOCIAL-ENTREPRENEUR: DO GOOD, BE RICH!

Masih inget kan kalau hadiah-hadiah hasil menang lomba blog bakal saya kumpulin buat modal usaha. Nah, karena udah putus asa, buka usaha ini itu tapi tetap bangkrut. Ya saya ternakin aja duitnya pake jalan invest sana sini. Dan ternyata investor adalah jalan sukses terbaik saya.

Jangan ngejar duit, jadikanlah si duit itu yg ngejar-ngejar kita. Allah mah Maha Kaya, logikanya ya kalau pengen kaya raya mah cukup dengan deket-deket dengan-Nya dengan selalu berbuat baik ke sesama. Ya, secara mengejutkannya, banyak usaha-usaha yg tadi saya kasih modal ternyata tumbuh besar. Saya sebagai pemilik saham, pastinya kena kucuran untungnya. Ditambah royalti dari ‘Megapolitan Bandung’ yg terus ngocor.

Ah indahnya hidup ini, ngantor cuma pake kolor, ngantor nyantai ga harus di indoor, tapi duit ngegelontor terus.

arif foundation

Udah dibilang kan kalau saya tuh enviromentalis, jadi meski duit segudang, ga punya yg namanya mobil sport. Motor bebek aja ga punya. Rumah juga ga gede. Ngapain juga kudu gede, sendirian ini.

Duit banyak ga bikin saya bahagia. Tapi saya bahagia kalau bisa ngebahagiain orang lain. Makanya, si duit tadi saya pake untuk berbagi kebahagiaan. Buat meredam nafsu keduniawian juga, biar si duit ga mubazir cuma buat dipake kepuasan pribadi aja.

10TH KANCUT KEBLENGER ANNIVERSARY!

Kancut Keblenger udah jadi komunitas blogger berskala Asia Tenggara. Dan, Cafe & Resto Mang Arip dipilih jadi tempat gathering akbar buat peringatan ulang tahun ke-10 ini. Ini warung makan baru aja grand launching kemarin, bingung soalnya duit banyak mau diapain.

10th kancut keblenger

Pada dateng ya kawancut. Makan gratis loh, ada workshop kepenulisan, penampilan stand up comedy, modern dance dari adik-adik SMA, cowok sih, dan charity bareng anak-anak yatim piatu. Dan banyak doorprize buat kawancut sekalian. Ada Kapin yg kabarnya bakal dateng bareng suami super gantengngya.😯

Oh ya, sebenernya ada dua lagi mimpi yg belum terwujud. Pertama, belum kesampean foto bareng sama teteh-teteh cantik SNSD. Lagi diusahakan nih, semoga jangan sampe bubar dulu mereka. Kedua, belum nemu pasangan hidup nih. Jadi buat perawancut yg mau dateng ke kopdar besok, siapkan kancut terbaik kalian. Yg jandacut juga boleh ikutan peruntungan kok.😉

Katanya Kancut Keblenger biro jodoh, tapi mana buktinya?! Oh, akankah radarku menemukanmu esok?

+

+

Semua materi dalam postingan ini hanya fiktif belaka untuk saat ini, tapi semoga jadi kenyataan. Dan, merk dagang atau lembaga-lembaga yg disebut di postingan ini mohon maaf ya telah saya catut seenaknya. Sumber gambar dari lava360 dan mandarinoriental.

Ya, postingan ini buat #TantanganMincut dalam rangka Hari Blogger Nasional.

Terakhir, saya cuma bisa ngasih dukungan doa buat kesembuhan Bang Febri. #Pray4Febri


73 thoughts on “#MimpiKawancut Ngantor Ga Harus Indoor

    1. Selama diniatkan untuk memberi kebermanfaatan dan inspirasi bagi sekitar, pengalaman dan prestasi bakal mengikuti.
      Salam sukses juga. Mari sukses dunia akhirat.😀

    1. Nah itu dia, padahal pengen banget ngebangun rumah tangga. Tapi gpp lah, mungkin dikasih waktu lebih biar proses pemantasan dirinya makin maksimal.😀

        1. Nah, jadi relawan Greenpeace ini tuh inspirasinya dari dosen yg ngajarin akupuntur itu. Keren bisa naek kapal pesiar gratis.

  1. Janten kancadak palid (canes sorban palid pastina mah) ku jalan caritana….:mrgreen:

    Mugia sagala pamaksadan sareng cita-citana tiasa tinekanan

  2. aaaaakkkk LONDON. Boleh dong diajak kesana. Kita ngobrol bisnis2 kafe gitu :] Umm untuk yang masalah jodoh, ingat pesan afgan, Jodoh Pasti Bertemu (^^/\)hhe

    1. Kapan ya bisa ke London lagi, udah lama ga ke sana.
      Emang bener sih jodoh pasti bertemu, tapi udah ga sabar nih pengen cepet-cepet ketemu.

  3. hahahaha,mumpung berkhayal itu gratis ya? :))
    Nice blog by the way..
    Pernah ketemu salah satu anggota Kancut Keblenger juga..
    Semoga kapan2 bisa ketemu sama temen2 yg lain di acara KK ^^

    xx

  4. Aku bingung sama kata2 terakhir… Ini beneran fiktif? Berarti novelnya yang Megapolitan Bandung gimana tuh? AKu udah sempet ngiri lho. Hahaha.. Btw kalau beneran, aku ucapin selamat. Semoga, kalau beneran, aku bisa lihat novelmu itu. Jujur, penulis2 fiksi di Indonesia dengan tema futuristik itu belum banyak. Kebanyakan masih bermain di zona nyaman: romance. Hehehe.

    Btw bener banget. Kerjaan emang nggak harus ngantor. Tapi entah kenapa para pekerja lepas masih aja sering dibilang PENGANGGURAN. What the hell…. -_-

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s