Mimpi Surealistik di Oktober 2013

lpj film oktober

LPJ Tontonan Film hadir lagi di bulan Oktober ini. Postingan yg berisi rangkuman review film yg ditonton sebulan ini. Ya, untuk setahun ke belakang ini jadi rada jarang nonton film.

Untuk bulan ini ada 2 film dari Hollywood, 1 film Korea, dan satu dari Prancis. Tiga film yg saya tonton sama-sama mempunyai tema tentang mimpi dan alam bawah sadar. Namun, jangan bayangkan filmnya bakal banyak adegan aksi tembak-tembakan kaya The Matrix atau Inception.

Langsung aja deh mangga baca

#1 GP506/The Guard Post (2008)

Korea | Horror, Mystery, Thriller

GP509 film
Sumber: Google image

29 Mei 2007. Jam 08.03 malam. Sekelompok polisi militer yg dipimpin Sersan Mayor Noh Seong-gyu (Chun Ho-jin) dikirim untuk melakukan investigasi ke salah satu pos penjagaan peninggalan Perang Dingin, GP 506. Tampak sepi pada awalnya, skuad akhirnya menemukan mayat-mayat misterius dan bagian tubuh berserakan di seluruh pos. Di tengah adegan mengerikan, mereka menemukan salah satu korban dengan kapak berdarah di tangannya, tapi segera ia jatuh pingsan, meninggalkan beragam pertanyaan yg belum terjawab.

Film horor besutan Su-chang Kong ini berdurasi 121 menit. Dengan alur maju-mundur, yg kadang kita bingung mana yg fashblack atau bukan, film ini akan dipahami kalau kita menontonnya sampai tamat. Nuansa gelap terasa dari awal sampai akhir, latar waktunya emang malam sih.

Oh ya, saya nonton ini di K-Cinema. Info aja, stasiun televisi swasta NET rajin nayangin film-film Korea pilihan buat menemani akhir pekan kita.

Aripmeter: 78%

#2 The Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)

Hollywood | Drama, Romance, Sci-fi

eternal sunshine of the spotless mind
Sumber: thethoughtexperiment

Tips move on paling sering dibahas adalah tentang melupakan mantan kita. Nah, inilah premis cerita film ini. Menghapus ingatan tentang si dia.

Joel Barish (Jim Carrey) secara ga sengaja bertemu dengan Clementine Kruczynski (Kate Winslet), dan timbulah benih-benih cinta di antara mereka berdua. Seiring berjalannya waktu, mereka menjalin hubungan. Sayangnya, hubungan mereka lalu merenggang dan Clementine meminta sebuah firma bernama Lacuna Inc. untuk mengadakan prosedur penghapusan memorinya tentang Joel. Merasa tersakiti akan perbuatan Clementine ini, Joel melakukan hal yang sama.

Film yg memadukan dengan apik drama romansa dengan balutan semi-sains fiksi ini dibesut Michel Gondry. Seorang sutradara cerdas asal Prancis yg emang sering bikin video musik mind-blowing.

Yang juga mengundang perhatian adalah jajaran cast yang hadir dalam film ini. Pertama. Takjub sama akting melodramanya Jim Carrey yg biasanya main film lawak ini. Akting Kate Winslet sebagai Clementine yg riang dan impulsif pun sangat klop. Kirsten Dunst, Mark Ruffalo, Tom Wilkinson, dan Elijah Wood juga bermain cukup suportif

Film unik dengan gaya penceritaannya yg sedikit fantasi, penuh metafora, tetapi tetap indah. Wajib untuk ditonton. Masuk dalam IMDb Top 250.

Aripmeter: 92%

#3 La Science des Rêves/The Science of Sleep (2006)

Prancis | Drama, Komedi, Fantasi

the science of sleep
Sumber: Google image

Sebuah film surealis dari Prancis. Film lainnya dari Michel Gondry. Masih seputar mimpi. Dan masih mengekspos tentang pemeran utama yg introvert. Namun, kalau di Eternal Sunshine of Spotless Mind tentang move on, di film ini tentang PDKT.

Setelah ayahnya meninggal, Stéphane (Gael García Bernal) kemudian pindah mengunjungi ibunya yg ada di Perancis. Diberi tempat tinggal di sebuah apartemen dan ditempatkan dalam satu pekerjaan yg ga sesuai harapannya. Realitas emang membosankan. Kemudian hari-hari Stephane berubah karena hadirnya tetangga baru yg cantik bernama Stéphanie (Charlotte Gainsbourg). Stephane sering menghabiskan waktu bersama Stéphanie baik itu di dunia nyata ataupun di alam bawah sadarnya.

Melihat Stéphane rasanya kaya bercermin. Ya, kalau boleh dibilang dia tuh merepresentasikan diri saya. Aneh, kaku, namun dikasih kreativitas berlebih. Dan menurut berbagai studi, terlalu kreatif itu berhubungan dengan gangguan mental, bisa bipolar atau Schrizopenia. Tragis emang.😦

Okey, kembali ke review film ini. Inti ceritanya emang sederhana. Yg bikin menarik adalah visualisasi alam bawah sadar surealnya dengan memanfaatkan properti-properti yg ga biasa. Pemakaian kardus dalam setting pasti mengingatkan kita pada film Cinta Dalam Kardus. Plagiat?!😯

Meski film Prancis, ga jarang dialog yg digunakan memakai bahasa Inggris.

Aripmeter: 88%

#4 Vanilla Sky (2001/AS)

Hollywood | Romance, Fantasy, Mystery

vanilla sky
Sumber: edgecastcdn

Pemeran utama di film juga tentang seorang introvert. Namun dikasih dengan kelebihan harta dan tampang yg rupawan.

Film ini diawali dengan kisah tentang eksekutif muda bernama David Aames (Tom Cruise) yang kehidupannya diwarnai kesuksesan. Hal ini berjalan lancar hingga akhirnya rasa cinta David terhadap Sarah Serrano (Penelope Cruz) berujung pada cemburu luar biasa dari Julie Gianni (Cameron Diaz). Kecemburuan itu berujung pada aksi nekat Julie yang menabrakan mobilnya ke pagar pembatas jalan hingga terlempar ke bawah jembatan. Dikisahkan di sana, Julie meninggal sedangkan David selamat namun mengalami kehancuran wajah dan lengan. Cerita berikutnya menjadi mozaik yang membuat kita terheran-heran.

Merupakan film garapan Cameron Crowe yang merupakan remake dari film berbahasa Spanyol berjudul Abre los Ojos. Sebuah film yg menampilkan konsep Lucid Dream. Dan kita harus tonton sampai tamat kalau mau ngerti.

Aripmeter: 84%

+

Ya, kesamaan dari film-film tadi terletak pada alurnya yg ga linier. Kepribadian tokoh utamanya yg introvert. Dan kita kudu nonton sampai akhir film kalau mau ngerti keseluruhan ceritanya, bahkan mungkin perlu nonton berkali-kali.

Oh, untuk film terbaik pilihan saya di Oktober ini jatuh pada dua filmnya Michel Gondry. Info aja, saya dapet film-filmnya hasil unduh dari The Pirate Bay.😀


48 thoughts on “Mimpi Surealistik di Oktober 2013

  1. Aku memanti film perdananya Yuri malah😀, No Breathing yg tiketnya laris manis dalam waktu 1 menit.
    Ah, dia memang hebat, gak lama setelah Fashion King tamat langsung ditawarin film, ^_^.

  2. saya suka dengan film The Eternal Sunshine of The Spotless Mind, dmana jimm carey berakting diluar dari kebiasaan dia memainkan peran di kebanyakan filmnya, juga alur ceritanya yang maju mundur, jadi harus jeli dalam menyimak filmnya..
    lanjutkan mas🙂

          1. lupa juga abis invasi alien atau wabah penyakit, udah lama banget nontonnya… yang pasti menggambarkan bumi yang penduduknya bener2 tinggal segelintir aja. jauuuh lebih suram daripada I Am Legend.

  3. klo sayah mah cuma nonton yg di bioskop aja
    eh ada juga yang baru nonton sekarang, after earth sama neve backdown 2
    kira2 aripmeter nya 70 lah😛

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s