Goodbye Teenager

happy sweet 20th jessica snsd krystal fx

Antara senang bercampur sedih. Alhamdulillah karena masih diberi nikmat umur. Dan, astagfirullah karena menyia-nyiakan jatah umur tadi.

Dua puluh tahun yg lalu, 26 Oktober, seorang guru SD yg baik hati dan dicintai murid-muridnya ga nyangka bahwa segumpal Homo sapiens akan keluar dari rahimnya subuh itu. Karena jarak jauh dari mana-mana, proses persalinan dilakukan di rumah yg sampai sekarang ditempati Arif Abdurahman.

Ah, 20 my age. Dan dua dasarwarsa hidup di dunia serasa baru kemarin aja baru berojolnya. 

Teenager & Adolescence

Dua kata dalam bahasa Inggris tadi jika dialihbahasakan ke bahasa Indonesia, terhimpun dalam kata Remaja. Padahal secara makna, antara teenager sama adolescence punya perbedaan arti. Teenager secara etimologi merupakan gabungan dari kata “teen” dan “ager”, yg berarti orang yg berusia belasan tahun. 11-19 tahun. Sedangkan, batas usia adolescence yg umum digunakan adalah 12-21 tahun.

Dapat ditarik suatu benang merah bahwa seorang Arif Abdurahman emang udah ga teenager, tapi masih adolescence. Artinya, masih bisa dibilang remaja. Remaja tua!:mrgreen:

Problematika Remaja Indonesia

Sebenernya ga ada maksud buat ikutan GA-nya agan Ateroz ini, tapi sebagai seorang opurtunis rada kapitalis, yg iseng aja ikutan. Menarik hadiahnya, ada 3 novel yg bakal dibagi buat pemenangnya. Sambil menyelam minum air susu putri duyung kan kata peribahasa juga.😉

Langsung aja ya, biar ga berbelit-belit, berikut lagu dari band Indonesia favorit saya, Efek Rumah Kaca, yg secara garis besar udah ngejelasin soal topik remaja ini

Masa remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek dan fungsi untuk memasuki masa dewasa. Sehingga kelabilan itu emang jadi hal lumrah. Dan ya, kencangnya pertumbuhan teknologi informasi ngaruh banget ke mentalitas para remaja.

Ramalan Albert Einstein
Ramalan Einstein terbukti! sumber: 9gag

Bak dalam film Terminator aja, meski bukan dari wujud robot, teknologi yg harusnya dikuasai secara ga langsung malah berbalik menguasai kehidupan manusia.😯

Remaja jadi sasaran paling empuk dari biadabnya informasi yg mustahil buat diredam. Dan sebagai remaja, suatu hal yg sulit untuk menyaring gencaran informasi bertubi-tubi tadi. Modernitas emang udah mengubah perilaku manusia.

Ga dapat dipungkiri, setiap zaman punya kualitas dan sifat remaja yg beda. Dalam ilmu demografi yg udah saya pelajari, remaja sekarang, yg berarti mereka yg lahir antara tahun 90an sampai 2000an awal, berarti masuk dalam Generasi YGenerasi millennium yang tumbuh seiring dengan berkembangnya komunikasi massa dan internet. Cenderung tidak sabaran, menuntut, serta buruk dalam berkomunikasi dengan sesama, namun jangan ditanya soal energi dan semangatnya. Generasi anak-anak muda ini adalah wajah dunia masa depan

Ada juga problematika remaja yg sebenernya emang dari kultur Indonesia sendiri. Budaya dari zaman prasejarah yg ga tau kenapa masih lestari hingga hari ini.

Jangan nyebut ini kampungan. Orang kampung mah jarang ngelakuin tindakan primitif kaya gini. Sumber: liputan6
Jangan nyebut ini kampungan. Orang kampung mah jarang ngelakuin tindakan primitif kaya gini. Sumber: liputan6

Terus apa solusinya?

Gampang! Selalu ingatlah bahwa kehidupan di dunia ini cuma sementara. Kita sedang menanti kekekalan di dunia akhirat. Dan ya, solusi paling tepat ya dengan mengikuti jalan-Nya.

Remaja. Mereka yg suatu hari nanti akan jadi pemimpin, pengusaha, pejabat, guru, dan yg lainnya, menjadi sasaran sang setan terkutuk untuk membobrokan moral, akhlak, dan mental ketika remaja. Jadi emang logis kalau solusi paling tepat ya dengan selalu dekat dengan-Nya.😉

Jadi ceramah nih. Tapi namanya juga dakwah, wajib kan ini hukumnya. Ngeblog mah bakal sia-sia kalau ga ngehasilin pahala. Setiap aktivitas kan harusnya diniatkan buat meraih ridho-Nya.😎

Remaja dan Alay

Menurut saya definisi dari kata alay ini kabur dan ambigu. Artinya subjektif. Tiap orang pasti mempunyai pandangan yg berbeda soal standar alay ini. Yg pasti kata yg kependekan dari anak layangan ini selalu diartikan berkonotasi negatif. Dan kata ini sering dihubung-hubungkan dengan remaja.

Alay adalah suatu fase yg setiap orang pun pasti pernah mengalami. Pertanyaannya, apakah kita menjalani fase ini dalam kurun waktu sebentar atau sampai hari ini pun masih alay?

Iseng-iseng buka Facebook, ceritanya mau nostalgia masa remaja saya udah dipake apa aja. Dan oh, nista sekali ternyata

Tahun 2008. Pas masih kelas 10. Zaman ketika kamera VGA masih ditolerir.
power ranger
Power ranger
Pas masih muda nih.
Pas umur sweet seventeen.
Pas umur sweet seventeen~
Cinta itu suatu kompleksititas duniawi.
Astagfirullah! Masih zaman jahiliyah. Ampuni hamba-Mu yg hina ini Yaa Ghofar
Astagfirullah! Masih zaman jahiliyah. Ampuni hamba-Mu yg hina ini Yaa Ghofar
Ngebet pengen jadi Fashion Blogger ceritanya nih.
Marc Marquez
Saudara kembar. Sumber: Google image

Goodbye my teenage year, hello my twenties. It’s ok to grow up, just as long as you don’t grow old. Yeah, now, I’m not teenager, but still adolescence!

Cobalah membuka foto-foto Facebook lama anda, dan sadarlah kalau anda-anda pun pernah alay juga. Selamat muntah~

+

+

Seperti yg udah dibilang, niat awalnya emang bukan buat GA, jadi rada-rada gimana gitu postingannya. Ga maksimal emang, soalnya deadline hari ini. Selalu opurtunis aja, ada kesempatan ya ambil.😀


48 thoughts on “Goodbye Teenager

  1. kamuh memang ABG sekalih hahaahaha… foto2nya pengen ngedubrak meja sambil ketawa hahahaaha… *canda :p tp yg pasti … menjadi remaja itu kenangan indah tak tertandingi, jd emang jgn sia2kan kesempatan emas masa remaja, dampaknya emang pas udah tua… selamat udh jadi adolescence yaaa..

  2. Gara2 baca tulisan ini gue langsung cepetcepet cek recent activity di facebook gue dan….gue hapus
    sampe gue scroll2 ke tahun 2011, wushhhh^^ btw thank you bro udah nyadarin banyak orang! salam sukses selalu =)

  3. Wah, kalau udah gak teenager, berarti masuk dewasa awal nih.😀
    Ada yg bilang, kalau nggak alay, nggak tau gimana jadi dewasanya.

  4. Masa Remaja adalah masa yang paling Indah. Isi lah masa muda mu dengan segudang prestasi,. Saya sudah termasuk terlambat dan memang sudah terlambat, Tidak banyak Prestasi yang saya torehkan saat saya masih remaja. Its too late. Semoga anakanak remaja masa depan sudah saatnya tau ini. Isi prestasi saat masihh remaja. Dunia akan menanti

  5. ciee yang bentar lagi tuaa #eh
    selat ulang tahun kang, mugia ditampi sadaya amal ibadah na

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s