Top 7 Band Rock 2000an

top rock band 2000an

Bukan! Bukan karena Korea kalah dari Indonesia kemarin, saya jadi berpaling dari K-Pop. Ini gara-gara habis baca Celoteh Soleh-nya Soleh Solehun, jadi pengen bikin postingan yg ngebahas musik, khususnya genre rock. Mau coba-coba jadi jurnalis musik kaya alumni Fikom Unpad ini.

Rock itu buat mereka yg masih mencari jati diri. Biasanya anak muda. Ini dibahas di bab “If it’s too loud, you’re too old”. Jika kuping kita udah ga terlalu suka rock, berarti kita udah terlalu tua. Ow!😯

Jadi saya mau bilang kuping saya masih toleran dengan rock.:mrgreen:

Ya, saya tegaskan, saya ini emang aslinya suka rock, khususnya Alternative Rock. Awalnya malah saya tuh anti banget sama yg namanya Pop, bahkan sampe suka saya sebut ‘Poop’. Varian pop yg saya suka paling cuma Pop Sunda. Namun sekarang, entah ada angin apa lagi suka berat sama SNSD.

Okey ini urutannya saya bikin berdasarkan Top Artist di akun last.fm saya, yg artinya band yg lagunya sering saya puter. Oh ya, cuma band barat doang.

#7 Muse

muse band
Sumber: Google image

Band asal Inggris beranggotakan 3 orang yg awet sejak dibentuk tahun 1994. Ada Matthew Bellamy sebagai vokalisnya, yg sambil megang gitar atau kadang maen piano, terus didampingi juga sama Chris Wolstenholme dan Dominic Howard.

Muse memiliki genre musik yang memadukan rock, rock progresif, musik klasik, dan elektronika. Muse ini pernah dicap ngikutin salah satu band alternative rock terkenal lainnya, nanti di bawah ada nama bandnya kok masuk list ini.

Lagu yg saya suka sih Times is Running Out, Map of The Problematique, sama I Belong To You.

#6 Linkin Park

Linkin Park
Sumber: deviantart

Band beraliran alternative rock dan nu metal yg berasal dari California, Amerika Serikat. Memulai debutnya pada 2000 dengan meluncurkan album Hybrid Theory.

Pada 2003, album keduanya, Meteora, hadir dengan meraih kesuksesan pada penjualannya. Emang di album ini, banyak lagu yg saya suka, dan mungkin pada familiar juga kali ya sama Somewhere I Belong, Faint, Numb, dan Breaking the Habbit.

Linkin Park ini band yg suka bereksperimen, namun identik dengan nu metal-nya. Tapi makin ke sini rada dubstep-dubstep elektro gitu, namun tetep keren lah.

#5 Incubus

Incubus band
Sumber: revistafreim

Kalau menurut arti katanya, Incubus ini kalau di bahasa Sunda namanya Eureup-eureup. Salah satu spesies jurig.:mrgreen:

Satu lagi band rock Amerika lainnya yg lahir di California. Dibentuk pada 1991 oleh 3 orang yg hingga kini tetap jadi personel aktif. Sang vokalis Brandon Boyd, lead guitarist Mike Einziger, dan drummer Jose Pasillas. Selama karir mereka, Incubus telah banyak memanfaatkan unsur-unsur dari berbagai genre dan gaya, dari pop, jazz, grunge, sampe metal.

Band ini makin sukses pas masuk era 2000an lewat single Drive dan juga dengan dirilisnya album Morning View. Mungkin pada hafal lagu lainnya seperti Megalomaniac, Anna Molly, dan Love Hurts. Sangat suka sama Dig.

#4 30 Seconds to Mars

30 Seconds to mars
Sumber: musicfeed

Band rock dari Los Angeles yg dibentuk seorang aktor Hollywood, Jared Leto, dan saudaranya pada 1998 sebagai proyek keluarga. Telah mengalami bongkar pasang personel, tapi duo saudara ini tetap jadi pemain tetapnya.

Album kedua, A Beautiful Lie, berjasa dalam membawa 30 Seconds to Mars menuju kesuksesan. Dengan dirilisnya single Attack, The Kill, From Yesterday, dan A Beautiful Lie. Pada 2008 keluar album This Is War, dengan mengeluarkan single Kings & Queen sama This Is War.

30 Seconds to Mars ini band enviromentalis. Sangat peduli pada lingkungan hayati.

#3 Maroon 5

Maroon 5
Sumber: Google image

Band beraliran pop rock yang berasal dari Los Angeles, California. Grup ini awalnya terbentuk pada tahun 1994 dengan nama Kara’s Flowers.

Maroon 5 menyebut kalau musiknya terpengaruhi sama Michael Jackson, The Police, Talking Heads, dan Oasis. Adam Levine juga menyebutkan kalau Stevie Wonder sebagai salah satu pahlawannya.

#2 Radiohead

Radiohead
Sumber: wired

Band rock Inggris dari Oxfordshire yg dibentuk pada tahun 1985. Terdiri dari Thom Yorke (vokal, gitar, piano), Jonny Greenwood (lead guitar, keyboard), Colin Greenwood (bass), Phil Selway (drum, perkusi) dan Ed O’Brien (gitar, backing vokal) yg hingga hari ini masih tetep awet.

Awal-awal dibentuk, musik Radiohead ini dipengaruhi Queen, Pink Floyd, dan Elvis Costello, juga secara signifakan terpengaruh band rock alternatif 1980an seperti REM, Pixies, dan The Smith. Selanjutnya, Radiohead hobi bereksperimen dengan memasukan beragam genre rock, electronic, hip hop, yg disebut Thom Yorke sebagai “experimental music”.

Radiohead merilis single perdana Creep pada 1992. Lagu ini awalnya ga sukses, tetapi kemudian jadi hit di seluruh dunia beberapa bulan setelah merilis album debut Pablo Honey (1993). Popularitas mereka makin naik di Inggris dengan dirilisnya album kedua The Bends (1995). Album ketiga OK Computer (1997), makin mendorong pamor di kancah internasional.

Baik di era 1990an atau 2000an, bahkan hingga hari ini, Radiohead tetap eksis, dan punya tempatnya sendiri. Dan lagu yg suka sih ya Creep, Paranoid Android, High & Dry, dan Lotus Flower.

#1 Coldplay

Coldplay
Sumber: Google image

Band British rock yg dibentuk pada 1996 oleh sang vokalis Chris Martin dan gitaris Jonny Buckland di University College London. Kemudian masuk Guy Berryman untuk basis dan Will Champion di drum juga instrumen lain.

Terkenal berkat single perdana Yellow pada 2000, dan semakin terkenal karena di tahun ini juga keluar album debutnya. Coldplay telah merilis 4 album sepanjang kariernya, dimulai dari album debut Parachutes (2000), kemudian A Rush of Blood to the Head (2002), X&Y (2005), Viva la Vida or Death and All His Friends (2008) dan terakhir Mylo Xyloto (2011).

Gaya rock alternatif Coldplay sering dibanding-bandingkan dengan Radiohead dan Oasis. Chris Martin sendiri pernah memprokalamasikan musik band ini sebagai “limestone rock” dibandingkan dengan “hard rock

Beberapa singelnya telah menjadi hit seperti Clocks, The Scientist, Speed of Sound, Fix You, dan Viva la Vida. Yg paling saya suka sih The Hardest Part sama Lost.

+++

Nah, untuk band rock Indonesia sendiri ini klasemennya:

  1. Padi
  2. Koil
  3. Bionic
  4. 7 Kurcaci
  5. Jamrud
  6. BIP
  7. PAS Band

Okeh, saya ingatkan lagi urutan di atas ga usah terlalu dianggap serius dan sebuah fakta yg harus diakui. Saya bukan pengamat musik. Jadi ini mah murni sangat sangat subjektif aja. Nah. ini klasemen lengkap di Top Artist last.fm saya.

top artist lastfm
last.fm/user/cyberarip

Selera musik tiap orang emang beda. Selera dari individunya juga kadang suka ganti-ganti. Dulu sekali, lupa kapan pastinya, saya sebenernya ga terlalu suka Coldplay dan Radiohead. Tapi sekarang malah yg paling disuka. Hidup ini cair. Semesta ini bergerak. Realitas berubah.

Apakah ada band kesukaan juragan pembaca masuk klasemen saya?😀

+

Music is about preference, ga harus semua orang sama sukanya. Untukmu musikmu, untukku ya terserah aku. Beda selera itu hal lumrah. – Arif Abdurahman


45 thoughts on “Top 7 Band Rock 2000an

  1. yah kayaknya sya trmasuk telinga yg udah tua, dulu demen banget dengerin GnR, Bonjovi, RHCP, Coldplay, LinkinPark.. skrang suka yg kayak maher zein, atau akustikan..🙂 *btw coldplay emang the best*

  2. Sampai sekarang semua band yang ada di list ini masih nongkrong lagu lagunya di playlist.. eh kecuali 30 seconds sih.. cuman tahu from yesterday doang. hahaha

  3. Selera kita beda jauh ternyata…. Aku malah nggak begitu suka yang rock atau metal…. Lebih suka yang lebih kalem. Tapi sih hiphop atau rap juga suka sih.. Hehehe

  4. kalo dari list diatas sih, gue lebih suka muse sama coldplay untuk alternative rock ya..
    kalo pure hard rock / rock n roll / metal dsb, gue lebih suka band2 jaman 80-90 an . lebih ngena gitu ..

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s