Saya dan 소녀시대

saya dan snsd editan

Salah satu penyakit paling happening dan pandemik yg melanda Indonesia, bahkan di dunia, selain flu burung (H5N1) sama flu babi (H1N1), ga bukan dan ga lain adalah Hallyu. Ya, demam Korea.

Korea Selatan nampaknya paling sukses dalam hal promosi kebudayaan. Dengan strategi pemasaran jitu memanfaatkan beragam media informasi, khususnya televisi dan internet, budaya pop Korea dapat menginfeksi khalayak dunia.

Pasti pada tau lah sama yg namanya Super Junior sama Girls Generation? Hari gini siapa sih yg ga kenal. Nah, yg mau saya omongin tuh tentang girlband-nya teteh cantik yg populer dengan lagu Gee.

Girls’ Generation (소녀시대; So Nyeo Shi Dae) adalah girlband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007 dengan member Seo Joo Hyun, Im Yoon Ah, Kwon Yuri, Choi Soo Young, Tiffany Hwang, Jessica Jung, Kim Tae Yeon, Lee Sun Kyu, dan Kim Hyo Yeon. Dikenal dengan nama SNSD atau SoShi (소시), keduanya merupakan singkatan dari nama grup ini dalam bahasa Korea. 

Kenapa seorang Arif bisa suka?

Ga habis pikir juga kenapa bisa-bisanya semesta berkonspirasi untuk menyihir seorang Arif Abdurahman menjadi suka sama SNSD.

Awal-awal masuk SMA, fenomena kehebohan pada k-pop udah mulai terasa. Waktu itu, untuk urusan musik mah masih sangat idealis, alergi banget sama yg namanya genre pop, ya apalagi K-Pop.Tapi kalau untuk K-Drama mah masih toleran lah. Tontonan kesukaan selain anime. Itu juga gara-gara suka iseng ikutan nonton K-Drama yg disetel kakak perempuan saya.

girls' generation
9 BABIES!!

Ketika masih berseragam putih abu, di Indosiar, stasiun televisi yg loyal menayangkan beragam k-drama, diputar sinetron You Are My Destiny. Nah, saya suka tuh sama sinetron Korea yg jumlah episodenya abnormal ini. Dan emang, YAMD ini di negerinya sendiri jadi salah satu sinetron dengan rating tinggi. Yang jadi pemain utama tuh salah satu personel SNSD, yup teteh Yoona.

Pas SMA, teman yg udah dapat didiagnosa sebagai Sone tuh adalah sang ketua kelas abusadji abadi yg berkuasa 3 tahun berturut-turut, sebut saja namanya Om Adit (@raflein). Oh ya, Sone tuh panggilan buat fansnya SNSD ya. Nah, si om tadi hobi banget update medsos tentang info atau klip video tentang SNSD ini.

Masih ketika lagi menuntut ilmu di SMA, waktu itu hobi saya paling demen maen di Kaskus. Sebelum hebohnya era JKT48, ava-ava saat itu dominan majang foto cewek-cewek cantik bermata sipit khas Korea. Ya siapa lagi kalau bukan personel-personel SNSD.

Bangkitnya kesukaan terhadap SNSD terjadi pas masa awal jadi mahasiswa, ketika era ospek bagi saya sebagai seorang maba. Berawal akibat sering bermalam mengerjakan tugas ospek yg bejibun di kosan si Cacan (@chandrawahyou), member abusadji yg kuliah bareng di kampus yg sama juga.

Nah, dia itu playlist-nya muter lagu-lagu Korea gitu. Bukan k-poper murni sebenernya, cuma ikut-ikutan pacar aja. Berhubung waktu itu ‘The Boys’ dirilis, ya jadilah single ini yg paling sering diputer.

Kesan pertama pas dengar musiknya sih ga terlalu respek. Musik apaan ini, ditambah liriknya yg ga jelas pake bahasa super asing. Tapi gara-gara sering masuk telinga tadi, malah jadi kepincut juga. Dampaknya ya lagu-lagu tadi masuk ke alam bawah sadar, dan jadi terngiang-ngiang di kepala. Nyoba download deh beberapa lagu.

snsd i got a boy foto nama

‘The Boys’ sama ‘Run Devil Run’ jadi lagu yg sering saya putar berulang-ulang, sampai sekarang dua lagu itu jadi track teratas lagu paling banyak disetel kalau liat di last.fm saya. Musiknya yg up beat, meski ga ngerti liriknya apa, emang bikin semangat. Baru cuma download dua lagu itu, dan belum pernah liat MV-nya. Lama-kelamaan memberanikan diri buat ngeliat MV-nya di Youtube, pertama kali liat yg ‘Gee’ kalau ga salah.

2013 jadi tahunnya saya makin cinta mati sama SNSD. Bermula dengan dirilisnya MV yg saya rasa super epik di awal tahun. Ya, ‘I Got A Boy’, dan emang terbukti kan ya video klip ini sampe didaulat jadi Video of The Year dalam ajang Youtube Music Award 2013. Di tahun ini saya baru mulai ngunduh album-albumnya sama ngoleksi beragam MV.

Tahun 2013 ini boleh dibilang saya jadi seorang Sone. Dan berasa menyesal karena ga bisa seruangan bareng di GG World Tour Girl & Peace in Jakarta.😦

Makin Kenal Makin Sayang

Bagi yg pertama kali lihat yg namanya SNSD, pasti yg ada di pikiran adalah, “personelnya serupa tapi ga sama nih”.

Ya, emang untuk pemula mah pasti pada bingung untuk membedakan mereka diantara satu personel dengan yang lainnya. Paling susah tuh buat nginget personelnya, soalnya pada cantik dan mirip. Saking susahnya, sampai majalah Jepang, Weekly SPA, bikin tips khusus tentang cara unik menghafal personelnya. Alhamdulillah sekarang sudah expert, sudah hapal semua.

Bias? Ya pasti lah saya juga punya. Dan biar adil, kesembilan-kesembilannya adalah bias saya. Haha, tapi emang saya punya bias utama juga lah. Doi itu satu-satunya personel yg bergolongan darah A sama kayak saya, pembawaannya paling kalem dan baik hati. Ya, dialah sang maknae yg punya akun twitter di @sjhsjh0628. Yeah, Seobaby is my ultimate bias!

I’m into Alternative Rock and 소녀시대

Sebenarnya, saya tuh aslinya penyuka Alternative. Tapi ga ada salahnya kan mendengar musik beragam genre. Emang kalau nemu suatu musik yg bikin hati dan pikiran ini kepincut, saya suka nyetel berulang-ulang.

last.fm/user/cyberarip
Daftar yg lagunya sering saya putar. last.fm/user/cyberarip

Banyak yg beranggapan mereka yg suka SNSD, khususnya cowok, tuh karena faktor ‘paha’ aja. Ya, emang. Saya cowo dan masih laki. Tapi faktor tadi bukan jadi alasan utama, mereka dilatih keras bertahun-tahun bukan cuma untuk meraih popularitas dengan ngumbar-ngumbar keseksian doang. Saya suka musikalitasnya, koreografinya, pertunjukan panggungnya, dan … pokoknya segalanya tentang SNSD deh. Paling suka lagu balladnya.

Untuk album yg paling saya suka sih sampai sejauh ini ya ‘Twinkle’. Ya, album dari subunit SNSD TaeTiSeo, trio personel yg emang ga usah ditanya kualitas vokalnya. ‘Twinkle’, ‘Baby Step’, ‘OMG’, ‘Hello Goodbye’, ‘Library’, ah suka semua pokoknya.😀

snsd gif dadah

Nah, kalau juragan pembaca sekalian ada yg Sone juga ga nih?

=

+

Postingan ini diikutsertakan dalam lomba blog Soshindonesia: “SNSD dan Pengaruh Mereka Terhadap Kehidupan Saya”. 지금은 소녀시대, 앞으로도 소녀시대, 영원히 소녀시대!

Soshindonesia


62 thoughts on “Saya dan 소녀시대

  1. “Pasti pada tau lah sama yg namanya Super Junior sama Girls Generation?Hari gini siapa sih yg ga kenal.”-> Saya gak tau. Dan gak berminat buat kenalan.

  2. Tahu sekedar tahu doang, Suju sama Girls Generation. Soalnya saya bingung gimana cara nikmatin musik K-pop itu. Hehehe. Kalau musik rock luar negeri yg pake bahasa inggris, biarpun saya ngga ngerti lirik sm artinya, saya masih bisa ngangguk2 mengikuti musik yg menghentak. Tapi kalau musik K-pop sy ngga bisa nikmatin, ngga tahu kenapa.

    1. Emang pas awal-awal saya juga ngerasa aneh. Musik apaan ini, ditambah bahasanya yg ga ngerti.
      Tapi gara-gara sering ngedengerin, ga tau kenapa jadi makin suka.

      1. Berarti mending saya ngga usah coba dengerin ah, soalnya saya orangnya mudah tergoda. Hehe

  3. Gue sekedar tahu kalo group idol girls generation itu anggotanya cantik-cantik, Jduong!!!
    namanya?? hehee maaf saya nggak tahu.
    lha bahasa korea aja bisanya cuman anyeong haseo… bigaseoo.. ooo.oo oapalagi ya??:-/
    :p hehehe

  4. lucu ih arip. sukanya sama SNSD. jadi inget SMA, dulu sering ikut baca kalo temen-temen beli tabloid Ghahoelz. saking sakau nya sama SNSD (Tae yeon, jessica, tiffany, sunny, yuri, heo yeon, soe young, ama yoona) *bener salah ya*

  5. Cieeh fansnya Yoona..emg cantik2 smua sih mereka ini..
    aku penikmat Korean music jg..g cm musik sih, drama, reality show, makanan juga aku suka..😀
    Bnr bgt, aku kagum sm Korsel ni , bisa menjajah dengan budaya..

  6. saya juga gak bisa bedain girlband atau boyband mana. bukan penggemar kpop sih. emang bener gak ada salahnya menggemari berbagai genre musik. kadang saya juga suka ngedownload random, lumayan jadi nambah referensi.🙂

  7. Kurang suka K-Pop, karna bahasanya itu… Musiknya sih memang sih asyik, tapi liriknya itu…. Hangeul-nya susah banget dibaca juga… Masih mending romaji-nya Jepang deh… Hahaha… Gampang dibaca…😀

    Tapi, kalau di SNSD, cenderung suka Tiffany…😀

    Kalau mengenali personel2nya itu, kudu micing2in mata… AKB juga sama. Hahaha… Agak2 mirip sih….

  8. jarang2 nih cowok penggila snsd.biasanya cowok cuma bisa ngeledek “apaansih kpop-kpop alay banget” padahal mereka gatau kualitas musik nya dll.pertahanin bang!

  9. kpop itu bahaya, udah kayak MLM, gampang bgt ketularannya..klo gak mau ketularan mending jauhi orang2 penggemar kpop,,wkwkwk
    dulu gw awalnya anti banget ama boyband korea kayak gituan, pas liat video klipnya aja saya kata2in bencong. eh pas liat boyband SHINee, lama2 jadi suka ampe kebawa mimpi. sedeng bener dah,,hahah

  10. Aku juga tipe A, tapi paling suka sama Taeyeon dan Yoona. Seohyun kalo udah pensiun dari SNSD cocoknya jadi istri raja atau diplomat. Secara dia strict dan anggun bgt kan ya…

  11. Cakep2 tapi gw ngak perna merhatiin kpop dan ngak paham siapa aj mereka hahaha. Perna beberapa kali liat serial drama nya tapi kok kurang menjiwai hato ku ini hahaha

  12. wah gan ente telat, anak kaskusone biasa kopdar dan selalu ngumpul bareng kaya pas nonton smtown jkt apalagi pas konser GGtour jkt jg. sampe kita bikin project buat ultahnya hyo. rada telat ente sadarnya gan.ckckckckck

  13. Bang lo seomate???omg sama dong kita haha,gw juga sone nih haha pamerrr, mr mr dong skarang enak banget,tapi goodbye stage nya cepet banget garagara pake ilang filenya-_-

  14. Salam kenal bro gw jg sone nih bicara soal snsd gw suka bgt sama mereka smua walau jessica sdh hengkang ckck.

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s