Sudut Baca Soreang

sudut baca soreang

Jam tangan menunjukan pukul 7, langit tampak biru cerah. Minggu pagi tadi (3/2/2013), ditemani motor bebek biru keluaran 2009, saya menunggu di samping Puskesmas daerah Soreang. Saya yg harus menjadwal ulang agenda latihan fisik dan lari pagi yg inkonsisten dilakukan per pekan, menunggu rombongan yg akan membuat keributan di Sudut Baca Soreang.

Jika dilihat dari lokasinya, fasilitas membaca yg didirikan pada 2009 ini memang kurang strategis,  nun jauh di pelosok sudut kompleks perumahan, sehingga belum terlalu terjangkau masyarakat luas. Namun melalui semangatnya untuk meningkatkan kesadaran membaca, hal itu tidak menjadi kendala bagi Pa Agus Munawar, yg notabene merupakan mantan wartawan, perintis SBS ini.

Taman baca dengan fasilitas wifi gratis ini berlokasi di Perumahan Griya Bunga Asri, RT 03/ RW 16 Ciwaru, Soreang, Kab. Bandung. Dilihat dari visi dan misinya, SBS konsen untuk mengembangkan dan memajukan minat baca, membina sumber daya manusia, serta memajukan kualitas hidup masyarakat. SBS juga aktif untuk merangkul taman bacaan lainnya demi memajukan minat baca masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja.

Sudut Baca Soreang
Buku, buku, dan banyak buku!

Bermula dari tenda berukuran 2×3 meter persegi dan rak buku etalase mirip konter pulsa dan dengan bermodal sekitar 500 buku bacaan, Pa Agus merintis terbentuknya taman bacaan yg diberi nama Sudut Baca Soreang. Sekarang, SBS telah menjalin banyak relasi dengan berbagai institusi pendidikan dan perusahaan, sebut saja Pikiran Rakyat, Telkom Indonesia, Coca Cola Foundation, Bank BJB, Kaskus, dan Toshiba.

Nah, kami yg menamakan diri Generasi Muda – Peduli Kabupaten Bandung, dan mungkin akan diperbaharui lagi namanya, yg didominasi mahasiswa FIK Unpad, menginvasi taman bacaan ini. Dengan niat untuk berbuat lebih untuk Kabupaten Bandung, dan sarana peretas kebosanan libur semester, kami hadir untuk mendatangkan keceriaan.

Sebagai mahasiswa di bidang kesehatan, sudah barang tentu mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan merupakan suatu keharusan. Oleh sebab itulah, kegiatan kami di sini untuk mengadakan penyuluhan kesehatan, yg diperuntukan untuk para bocah. Dan tidak lupa kami membuka posko sehat, lebih tepatnya posko cek tekanan darah sih. Pa Agus beserta anak buahnya (baca: relawan pengurus SBS) sangat suportif dengan membantu selama kegiatan berlangsung. Beliau bahkan meminta agar kegiatan ini bisa berlanjut  untuk ke depannya.

Coboy Junior
Coboy Junior
cek tekanan darah sudut baca soreang
Posko cek tekanan darah
kereta api sudut baca soreang
Kereta api… tut, tut, tut!
atep sbs
Atep
lecture sbs
Lecture
Nonton sbs
Nobar

Sudut Baca Soreang memang tidak asing bagi saya, pertama kali mengetahui kalau ada taman baca ini ketika buka bareng Kaskuser Regional Bandung di PVJ, yg memang mengharuskan peserta gathering untuk mendonasikan minimal 2 buku sebagai tiket masuk. Pernah juga saya membaca artikelnya di media massa. Namun baru kali ini saya datang langsung. Jadi termotivasi untuk terus membaca, dan menimbum beragam buku, yg mungkin nanti bisa untuk dijadikan taman bacaan di desa saya.

Oh ya, adakah taman bacaan di daerah juragan narablog sekalian?


45 thoughts on “Sudut Baca Soreang

  1. Salut dg upaya yg dilakukan Pa Agus Munawar ini. Benar2 niat dan upaya mulia.
    Kapan2 saya ingin berkunjung kesana. Saya ingin melihat dari dekat dan berkenalan dg tokoh panutan semacam Pa Agus ini.
    Salam persahabatan selalu,

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s