The Godfather: Part II (1974) dan 6 Film Lainnya yang Saya Tonton di Januari 2013

movie list januari 2013

Diawali dari bulan Desember kemarin, saya rencananya akan konsisten merekap tontonan film per bulan. Untuk selanjutnya, tidak akan ada lagi postingan review mengenai satu film. Jadi cukup satu postingan tentang kumpulan review film yg sudah saya tonton selama satu bulan.

Nah, untuk bulan pengawal di tahun 2013 hanya ada 7 judul film yg saya tonton. Dari film lawas sampai yg lumayan baru. Didominasi genre drama, dan ada satu film animasi. Ya, meskipun lagi libur semester, jumlah tontonan di Januari 2013 ini ga sebanyak tahun kemarin yang mencatat 25 judul film.

Tidak seperti bulan kemarin, urutan tidak berdasarkan rating.

#1 The Godfather: Part II (1974) Crime, Drama

the godfather part 2

Di sekuel kedua ini, cerita berkembang semakin menarik. Selain menceritakan sepak terjang Michael Corleone (Al Pacino) sebagai pemimpin keluarga mafia yg memperluas jaringan bisnisnya di Las Vegas, Hollywood, dan Kuba, diceritakan pula kilas balik asal muasal ayahnya, Vito (Robert De Niro), yg bisa membangun keluarga mafia yg besar.

Salah satu sekuel film yg apik. Meski dilihat dari tahunnya tampak sangat primitif, tapi jika menonton tak ada bedanya dengan film masa kini, sinematografinya manis. Meski lawas, tapi sangat berkelas dan berkualitas untuk ditonton.

Aripmeter: 92%

#2 Men In Black (1997) Action, Comedy, Sci-Fi

men in black 1997

Agen K (Tommy Lee Jones) tertarik untuk merekrut seorang polisi New York, James Edwards (Will Smith), untuk dijadikan sebagai mitranya di organisasi rahasia, Men in Black. Dua agen ini harus mencegah kehancuran dunia dengan cara melacak teroris antar-galaksi dan menghentikan rencananya dalam rangka menciptakan perang antar galaksi.

Film berdurasi 98 menit ini dianugerahi Oscar dalam kategori Best Makeup. Meski sering diputar di salah satu stasiun televisi swasta, film ini tak pernah bosan untuk ditonton.

Aripmeter: 80%

+

#3 Cloud Atlas (2012) Drama, Mystery, Sci-Fi

cloud atlas 2012

Diadaptasi dari novel berjudul sama karangan David Mitchel, film ini menampilkan 6 segmen cerita dengan rentang waktu yg berbeda. Dari abad ke-18, masa kini, sampai zaman entah kapan, yg pasti post-apocalypse. Diperankan beragam bintang keanamaan, sebut saja Tom Hanks, Halle Berry, dan Hugo Weaving yg uniknya memerankan lebih dari satu karakter. Inti dari film ini bahwa segala yg kita lakukan hari ini punya pengaruh terhadap masa-masa yg akan datang.

Film ini kental sekali nuansa politiknya, dibalut dengan filosofi menarik yg mengarah ke scientology, dari mulai tema anti-rasisme, anti-homofobia, anti-energi kotor, anti-perlakuan kasar terhada orang tua, anti-kapitalisme, dan anti-keruwetan dalam organisasi agama. Dan semuanya terangkai menjadi karya yg luar biasa.

Aripmeter: 86%

#4 Hotel Transylvania (2012) Animation, Comedy, Family

hotel transylvania 2012

Pada tahun 1985, Dracula (Adam Sandler) membangun istana di Transylvania, jauh dari jangkauan manusia, untuk membesarkan putrinya, Mavis (Selena Gomez). Tempat yg kemudian dijadikan hotel ini diperuntukan untuk menampung para monster dan jurig agar bisa bersantai tanpa perlu takut dijamah manusia. Namun semuanya berubah, ketika datang seekor manusia, Jonathan (Andy Samberg).

Film keluarga berdurasi 90 menit yg menarik untuk ditonton.

Aripmeter: 75%

+

#5 Forrest Gump (1994) Drama, Romance

forrest gump 1994

Forrest, Forrest Gump (Tom Hanks) hanya seorang yg sederhana dengan IQ rendah namun memiliki pribadi yg baik berkat nasihat dari mamanya. Forrest, meski tidak pintar, secara sengaja telah banyak terlibat dari berbagai momen bersejarah. Namun ini semua tidak relevan dengan Forrest yang hanya dapat memikirkan teman satu-satunya ketika masa kecil, Jenny (Sally Field). Ia ingin membuktikan bahwa setiap orang dapat mencintai siapa pun.

Film berdurasi 142 menit ini mendapat 6 Penghargaan Oscar, salah satunya sebagai film terbaik pada 1995.

Aripmeter: 90%

+

#6 Sky High (2005) Adventure, Comedy, Family

sky high

Film produksi Disney dengan durasi 100 menit. Ceritanya standar, tentang seorang pecundang yg ingin jadi siswa populer, tapi cukup menghibur juga.

Nilai tambah saya buat film ini ya karena ada Mary Elizabeth Winstead.

Aripmeter: 65% +5% = 70%

+

+

+

+

#7 Invictus (2009) Biography, Drama, History

invictus 2009

Nelson Mandela (Morgan Freeman), dalam masa jabatan pertamanya sebagai Presiden Afrika Selatan menginisiasi satu jalan unik untuk mempersatukan negaranya yg belum bisa move on dari masalah apartheid. Dengan cara meminta timnasnya, yg dikapteni Francois Pienaar (Matt Damond), untuk memenangkan Piala Dunia Rugby 1995.

“I’m the master of my fate. I’m the captain of my soul”, quote terkenal dari film ini yg terus menggema di pikiran dan hati saya akibat dinarasikan dengan suara indah seorang Morgan Freeman. Ah.

Aripmeter: 82%

+

Ingat ya, penilaian di atas bersifat subyektif, jadi jangan terlalu dianggap. Mungkin ada ya yg pernah menonton salah satu dari film di atas? Ada tanggapan?

Nah, kalau juragan narablog sekalian nonton apa aja sih di bulan pertama di 2013 ini?


17 thoughts on “The Godfather: Part II (1974) dan 6 Film Lainnya yang Saya Tonton di Januari 2013

  1. wehehe .. ketahuan ini dr ganool semua yah:mrgreen: … film pertama di thn 2013 ini saya udah nonton the hobbit, terus nunggu superman sama ironman terbaru. alhamdulillah film2 diatas kecuali claudatlas sm hotel transelvania punya vcdnya. forestgump merupakan film fav saya sepanjang masa. dah di tonton ulang berapa kl saya lupa😛 saking seringnya. jgn lupa nonton sleepless in seatle, youve got mail, the terminal sama BIG. film klasik tom hanks semua tuh🙂

  2. Godfather part II paling tinggi tuh meterannya, hehe..layak deh, emang bagus bgt filmnya, sayangnya yg part III bner2 sekuel yg ga perlu..merusak ‘kesakralan’ Godfather LOL

    btw, ralat ni..yg Forrest Gump, Sally Field kan yg jadi Mama Gump-bukan Jenny (ya walau usia di dunia nyata juga mereka ga layak jadi ibu-anak)

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s