24 Wajah Billy dan Hasrat untuk Berkecimpung di Kesehatan Jiwa

24 wajah billy milligan

Novel psikologi berjudul asli The Many Minds of Billy Milligan karya Daniel Keyes ini menceritakan kisah nyata dari seorang dengan Dissociative identity disorder. Kisah mengenai 24 orang yang hidup dalam diri William Stanley Milligan.

Mengikuti novel yang dirilis pertama tahun 1981 yang beralur flashback ini pada awalnya memang agak membosankan, ditambah ukuran huruf yg terbilang mungil semakin membuat saya merasa lelah untuk membaca. Mulai menarik ketika memasuki pertengahan yang menceritakan masa kecil Billy yang harus tumbuh di bawah tekanan mental yang hebat, terutama akibat dari penyiksaan sang ayah tirinya.

Novel diawali dengan Billy yang ditangkap dan dijadikan sebagai tersangka dalam kasus sejumlah perampokan dan pemerkosaan terhadap 3 mahasiswa. Karena sifat Billy yang kerap berubah-ubah membuat pembelanya, Judy Stevenson dan Gary Schweickart, memanggil seorang psikolog, Dorothy Turner. Dari sinilah terungkap bahwa Billy mengalami gangguan psikolog akut, Kepribadian Majemuk.

Billy Milligan
Billy Milligan

Total ada 24 pribadi, 10 diantaranya merupakan “yang tidak dinginkan”. Pribadi-pribadi ini memiliki sifat yang berbeda-beda dengan keahlian yang berbeda. Ia pria Inggris angkuh yang cerdas dan rasional (Arthur) sekaligus orang Yugoslavia yang jago bela diri dan emosional (Ragen); penjahat brutal yang kasar (Philip) tapi sekaligus bocah tanggung yang sangat penakut (Danny); lesbian yang haus belaian (Adalana) dan gadis cilik usia tiga tahun penderita disleksia (Christene). Dan tokoh lainnya yang memiliki keunikan masing-masing.

Hal yang menarik dari novel ini adalah kepribadian majemuk itu sendiri. Buku ini dapat membuat orang yang membacanya percaya pada adanya kepribadian majemuk.

Aripmeter: 91%

Membaca novel ini membuat saya semakin mantap untuk berkecimpung di keperawatan jiwa. Perawat menjadi salah satu profesi yang terlibat cukup penting di kisah Billy. Di RS Harding ada Ners Adrienne McCann sebagai koordinator unit Wakefield Cottage, tempat Billy dirawat. Donna Egar, Helen Yaeger, Nan Graves juga terlibat dalam perawatan intensif ini. Sementara di Athens Mental Health ada Mike Rupe, perawat pria yang dekat dengan Billy. Dan juga lupa, korban perkosaan ketiga Billy merupakan mahasiswa keperawatan.

Bahkan di novel disisipkan juga rencana asuhan keperawatan. Makanan pokok saya kalau mengerjakan resume penyakit.

askep billy
Rencana asuhan keperawatan terhadap Billy Milligan dengan diagnosa kepribadian ganda.

Dengan novel ini saya memantapkan Psychiatric and Mental Health Nursing merupakan spesialisasi bidang yang insya Allah akan saya geluti. Memang ada anggapan perawat laki-laki itu kerennya di ruang bedah. Tapi berhubung anti-maistream, saya pilih untuk merawat klien dengan gangguan mental.


35 thoughts on “24 Wajah Billy dan Hasrat untuk Berkecimpung di Kesehatan Jiwa

  1. semoga dunia tetap dipenuhi orang-orang waras macam anda sobat..
    hha, yah biar ada yang merawat jiwa yang menyimpang kali ya🙂

    sukses.

    1. Emang masih banyak perdebatan, fenomena kepribadian majemuk ini bakal terus menarik utk dibahas sampai beberapa puluh tahun ke depan.

  2. 24 ? :O banyak kaliii…. kalau saya memiliki 2 kepribadian ganda. yang satu sebagai orang serius, cool, pendiem. yang satu lagi cengngesan, ribut, Hyperactive, dan bisa berbuat gila kapan saja.:mrgreen:. saya sendiri sering bingung dengan siri sendiri.

    1. Oh itu mah bukan kepribadian ganda. Saya juga gitu, bisa sangat introvert, bahkan cenderung anti-sosial, suatu saat bisa ekstrovert. Berarti agan ini sama kaya saya, temperamen melankolis.
      Kalau kepribadian ganda itu lebih komplek, kita ga kenal pribadi lainnya.

      1. wkwkwk….. maklumilah sayaa…. amatir dalam bidang psikologi… heheee,,,,😀 ga kenal pribadi lain, berarti misal kita punya kepribadian ganda salah satu pribadi kita bisa saja tidak akan mengenal teman yang dimiliki pribadi kita yang lain, begitukah? :O

        1. Kalau digambarkan sih kaya orang yg kesurupan, suara sama perilaku kita jadi beda, tapi kitanya ga tau dan ga inget.
          Makanya baca novel ini, atau kalau ga suka baca, coba tonton Fight Club (2000). *ngiklan

  3. Psikiater kan harus masuk bidang kedokteran, kamu sekarang jurusan apa Rip? Eh iya, ini bukunya novel fiksi atau kisah nyata? Yang kisah nyata baca deh buku Sybil..

    1. Kisah nyata, sampe Dr. Wilbur yg nanganin Sybil dulu ikut juga di kasus Billy. Ini lebih kompleks dari Sybil malah.

      Emang bukan psikiater, tapi Psychiatric and Mental Health Nurse.

  4. Wah impian mas arip sgt mulia🙂
    sbenarnya aku juga terinspirasi novel ini sama film sybil juga dan karena itu sekarang aku kuliah jurusan psikologi.
    aku denger ada filmnya 24 wajah billy juga ya? mungkin mas arip tau web-nya yg bisa di download

  5. pernah punya keinginan buat jadi psikolog, apalagi karena suka baca novel psikologi kaya Billy Milligan ini. penasaran sama orang2 yang punya kepribadian banyak, kenapa bisa begitu ya..

    oh iya, novel dari penulis indonesia juga ada yg tentang kepribadian majemuk gini, judulnya Rumah Lebah. buat referensi aja🙂

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s