Sang Idealis Tukang Ngimpi

we are infp

Sebelumnya saya pernah ngebahas tipe kepribadian menurut golongan darah dan juga tentang 5 temperament (Koleris, Sanguin, Plegmatis, Melankolis, dan Supin). Mempelajari ilmu psikologi, khususnya teori kepribadian merupakan penganan menarik bagi saya.

Ilmu membaca kepribadian emang bukan hal baru, bahkan udah dikembangkan beratus-ratus tahun lamanya. Namun, sampai saat masih belum ada teori atau tes yang akurat mengenai kepribadian. Manusia itu unik. Sekalipun kembar identik, ga ada manusia yg sama antara satu dan lainnya. 

Nah, Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) kalau boleh dibilang merupakan tes inventori kepribadian yang paling akurat, mudah dipakai, dan banyak dipakai. MBTI bersandar pada empat dimensi utama kepribadian manusia yg dikotomis. Extrovert (E) vs Introvert (I). Sensing (S) vs Intuition (N). Thinking (T) vs Feeling (F). Judging (J) vs Perceiving (P). Ada 16 tipe kepribadian yang dibahas MBTI.

Hal-hal yg perlu dihindari dari MBTI: ALASAN dan LABELLING!

“Saya ga mau berhubungan sama banyak pelanggan dan mengurusi banyak klien soalnya saya orang introvert”. Contoh kaya gini sebaiknya kudu dihindari. Karena sama saja kita membatasi diri. Jangan menghakimi diri. Tujuan mengetahui MBTI ini agar kita bisa lebih fokus mengembangkan kelebihan kita sekaligus mencari cara memperbaiki sisi negatif kita.

Nah. Saya sudah coba tes berkali-kali, yg online maupun pas seminar, dan voila… hasilnya saya positif berkepribadian INFP.😯

Juragan sekalian bisa melakukan tes secara online di MyPersonality.

mypersonality
Hasil tes di MyPersonality

Shakespeare, Beethoven, Putri Diana, Thom YorkeJohnny Deep, J.K Rowling, bahkan penemu MBTI sendiri merupakan beberapa contoh tokoh terkenal yang diidentifikasi berkepribadian INFP atau diistilahkan juga dengan kategori Introverted Feeling with Extraverted Intuition. Menurut Myers-Briggs, INFP adalah orang yang introspektif, kreatif dan sangat idealis. Merupakan pribadi yang imajinatif, artistik dan memiliki bakat di bahasa dan tulisan. Paling spiritualis juga.😎

Geek. Nerd. Hipster. Awkward. Freak. Ya, pokoknya INFP tuh orang aneh, paradoks dan abstrak. Dan satu lagu yg paling saya banget itu Creep-nya RadioheadBut I’m a creep. I’m a weirdo. What the hell am I doing here? I don’t belong here~

Beberapa sisi buruk seorang INFP adalah

  • Sensitif terhadap segala jenis kritikan
  • Ga suka memimpin
  • Cenderung kritis, skeptis, mudah curiga dan pesimis

  • Diam dan menahan diri. Lebih suka bekerja sendiri

  • Terlalu idealis
  • Ga nyaman untuk mengekpresikan diri dalam bentuk verbal

INFP menjadi tipe kepribadian nomer satu yg angka kematian bunuh dirinya paling tinggi. Ingat kisah Romeo-Juliet. Kedua tokoh tadi contoh buat dramatisasi dramatik dari INFP. Ingat juga sama vokalisnya Nirvana kan. Lalu sama penulis klasik Sylvia Plath.

Satirnya, kuliah merupakan masa paling depresif buat seorang INFP. Artinya angka kematian bakal tinggi. Dan emang saya pun lagi super depresi, kadang pernah berpikiran untuk mengakhiri hidup, tapi ga terlalu ekstrem sih soalnya Alhamdulillah masih religius.😀

Berikut kata-kata yg ngegambarin seorang INFP.

INFP

Aktivis, arsitek, konselor, editor, filmmaker, graphic designer, praktisi kesehatan holistik, jurnalis, fotografer, peneliti, dan penulis merupakan profesi yang nyambung sama INFP, dan emang saya pun kepincut sama bidang-bidang tersebut.

Oh ya, ini ada beberapa quote yg ngegambarin kami dari publik figur yg juga INFP.

I am cursed by acute sensibility. -JRR Tolkiens

Can you understand? Someone, somewhere, can you understand me a little, love me a little? For all my despair, for all my ideals, for all that – I love life. But it is hard, and I have so much – so very much to learn. – Sylvia Plath

My existence is not without reason! I know that I could be a quite different person! … There is something inside me, but what can it be? -Vincent van Gogh

I am one of the most idiosyncratic people around. -Bjork

[I’ve always] been in my own world. -Nicolas Cage

I’d rather be hated for who I am, than loved for who I am not. -Kurt Cobain

And I know I’m paranoid and neurotic, I’ve a career made of it. -Thom Yorke

Nah, kalau juragan sekian masuk tipe yang mana? Adakah yg sama INFP juga ga ya?😀

Who are mbti are you
Yeah, Luna Lovegood! I’m big fan of her.

45 thoughts on “Sang Idealis Tukang Ngimpi

  1. Klo merujuk pada buku personality plus yg menjelaskan empat karakter pribadi manusia itu, aku si masuk ke dalam melankolis kuat. Dan sepertinya klo INFP itu mirip bgt dengan karakter melankolis. Nice post. Salam kenal…

    1. Wah udah baca bukunya Florence Littauer ya. Melankolis ini yg pasti ada unsur IN atau NF. Saya sendiri melankolis-plegmatis.😀

  2. Saya beruntung kalau begitu karena tak pernah melabeli diri saya sendiri, orang bilang saya extrovert tapi juga introvert. Jadi pusing mikirinnya.
    Saya kadang juga melankonlis, semua ada porsinya. Jadi menurut saya setiap orang punya unsur semua personality itu tinggal mana yang dikembangkan🙂

    1. Cowok yg dikutuk punya sensitivitas tinggi dan ga bisa menomor satukan logika pastinya ya menyiksa.
      Shit happens, but life must go on.😀

  3. saya infp dan bergolongan darah A…. jangan-jangan…. kita saudara yang belum ditemukan (?) //….abaikan…// salam kenal, kak! hihi

  4. aku juga INFP nih😀 hehe
    kakak dulu jurusan apa waktu kuliah? terus sm waktu pas SMA nya juga. Aku jurusan ipa nih, tp saran karier diatas lebih kearah ips, nah itu yg bikin aku galau, mohon sarannya juga, mksih u.u😀

    1. Sekarang masih kuliah, tahun terakhir dan baru nyadar kalau salah jurusan.
      Pas SMA sama juga di IPA, tapi dulu masih acuh tak acuh, jadi nganggap main-main pas milih jurusan kuliah, belum kepikiran kenapa dulu ga milih jurnalistik atau psikologi.
      Kalau soal pilihan jurusan ya kembali ke diri sendiri, apa yg disukanya. Yg pasti, jurusan yg kita pilih bukan buat membahagiakan orang lain, tapi untuk diri kita sendiri. Ingat ini.😀

  5. Dapet kawan baru neh sesama INFP, hehe😀. Awal-awal tes sering nyangkut di ISFP. Setelah berulang-ulang kali ikut tes lagi,akhirnya yang lebih tepatnya sepertinya INFP. Salam kenal mas. Dan semakin sadar juga kenapa sampai semester 12 ini masih betah di kampus, hehe

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s