LPJ Tontonan Bulan Desember 2012

Untuk bulan penghujung akhir tahun 2012 ini, total ada 18 judul film yang saya tonton. Dari film terbaru sampai yang super lawas saya lahap. Hampir semua merupakan koleksi film yang ditimbun di laptop pribadi.

Okeh, untuk laporan pertanggungjawaban saya cuma akan ngereview 7 film yang menurut pandangan subyektif saya terbaik.

#7 Looper (2012) Action, Crime, Sci-Fi

Looper

Film science fiction yang dibintangi kembaran saya ini berdurasi dua jam. Diliris September lalu dan mendapat berbagai penghargaan sebagai Best Original Screenplay.

Looper merupakan panggilan untuk pembunuh bayaran yang ditugaskan untuk menghabisi orang yg dikirim dari masa depan. Dikisahkan pada 2044, seorang looper bernama Joe (Joseph Gordon-Levitt) mendapati dirinya terjebak dalam situasi yang dilematis. Dia harus membunuh dirinya yang telah tua, yang didatangkan dari masa depan (Bruce Willis).

Wajah JGL di film ini sengaja dimirip-miripkan dengan si aktor laga plontos, tapi kesannya jadi kelihatan aneh buat saya. Tapi tetap seganteng saya kok.

Aripmeter: 80%

#6 Taken (2008) Action, Thriller

Taken

“I don’t know who you are but if you don’t let my daughter go, I will find you, I will kill you”, ucapan Liam Neeson ini menjadi trademark tersendiri bagi film ini.

Kisah berawal dari komplotan perampok apes yang menculik putri dari seorang mantan agen CIA. Nah, Bryan Mills (Liam Neeson), sebagai seorang ayah yang dikenal protektif ini, dengan segenap kemampuan dan pengalaman sebagai mantan agen, harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan putri semata wayangnya yang sedang liburan di Paris ini.

Film berdurasi 90 menit ini menampilkan aksi Liam Neeson, yang seorang diri membabat habis komploton perampok Albania demi mendapatkan anaknya kembali.

Aripmeter: 80% 

#5 Into The Wild (2007) Adventure, Bioghrapy, Drama

Into The Wild

Diangkat dari novel best-seller berjudul sama karya Jon Krakauer pada tahun 1996. Disutradarai oleh seorang aktor dan sutradara berkelas.

Merupakan kisah nyata seorang mahasiswa top lulusan dari Universitas Emory, Christopher McCandless (Emily Hirsch). Keluar dari dunianya, meninggalkan keluar, menyumbangkan seluruh tabungannya, dan memutuskan untuk hidup di alam liar Alaska.

Sepanjang perjalanannya, ia bertemu orang-orang yang semakin membentuk kehidupannya.

Merupakan film inspiratif mengenai keberanian untuk menjalani pilihan hidup. Keluar dari kemonotonan hidup, menjadi seorang yang meleceng. Go with your heart.

Sempat terbersit untuk mengikuti jalan hidup si Trumphman ini. Ya, hanya terbersit.:mrgreen:

Aripmeter: 83%

#4 A Beautiful Mind (2001) Bioghrapy, Drama

A Beautiful Mind

John Forbes Nash (Russell Crowe) terdaftar sebagai mahasiswa pascasarjana di Princeton pada tahun 1948. Merupakan seorang jenius namun antisosial. Setelah menjadi profesor di MIT dan mendapatkan pekerjaan di bagian crytography, hidupnya berubah menjadi sebuah mimpi buruk.

Film biografi mengenai matematikawan peraih nobel ekonomi, John Nash, dan perjuangannya melawan penyakit mentalnya. Dibantu oleh istri yang notabene merupakan mahasiswinya ketika ia menjadi dosen, Alicia, yang setia disampingnya.

Alicia adalah seorang istri setia yang tak pernah lelah memberi semangat pada suaminya. Dengan dorongan semangat serta cinta kasih yang tak pernah habis dari Alicia, Nash bangkit dan berjuang melawan penyakitnya.

Aripmeter: 83%

#3 The Godfather (1972) Crime, Drama

The Godfather

Meski lawas tapi tetap berkelas dan berkualitas untuk ditonton.

Kisah berawal dari Don Vito Corleone, kepala “keluarga” salah satu mafia Italia di New York, yang sedang mengawasi pesta pernikahan putrinya. Michael (Al Pacino), anak kesayangannya yang bekerja di Angkatan Laut baru kembali dari medan perang. Michael sendiri tidak berniat untuk meneruskan dan menjadi bagian dari bisnis ayahnya.

Don Vito, sebagai seorang Godfather, memimpin mafia yang menguasai berbagai kegiatan bisnis ilegal, perjudian, taruhan pacuan kuda, dan serikat buruh. Ia memberikan persahabatannya tanpa ada yang berani menolak, serta menentukan mana yang benar dan salah. Menurutnya, pembunuhan halal dilakukan demi keadlian.

Keluaga mafia sedang mengalami perang dingin yang menyebabkan terjadi perang antar geng. Sampai suatu ketika, perang dingin ini membuat Vito tertembak. Kondisi Vito yang sedang sakit membuat Sonny sebagai anak pertama mengambil alih posisi kepala keluarga. Namun, Sonny yang tempramental tidak mampu memimpin dengan baik. Michael yang oleh anggota keluarga yang lain dianggap sebagai yang paling pendiam, akhirnya berinisiatif membunuh salah satu kepala keluarga genk lain yang menyebabkan dia akhirnya diasingkan ke Italia selama setahun. Mulai lah karakter Michael terbentuk.

The Godfather merupakan film lawas tahun 1972 yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola dan diproduksi oleh Albert S. Ruddy dari skenario oleh Mario Puzo dan Coppola. Diangkat dari novel berjudul sama karangan Puzo pada 1969.

The Godfather dianggap sebagai salah satu film terbesar di dunia dan mempunyai pengaruh paling besar terhadap genre sejenis, terutama mengenai gangster. Film epik yang wajib ditonton.

Aripmeter: 92%

#2 The Pursuit of Happyness (2006) Bioghrapy, Drama

The Pursuit of Happyness

Diangkat dari kisah nyata tentang perjuangan Chris Gardner (Will Smith) untuk mencapai kesuksesan.

Meski menonton berulang kali, insya Allah siapa pun akan menetaskan air mata, atau minimal terharu ketika menyaksikan scene pas Chris dan anaknya (Jaden Smith) harus tidur di toilet stasiun kereta api.😦

Film inspiratif. Salah satu quote paling membekas yaitu ketika Chris menasehati anaknya, “You got a dream… You gotta protect it. People can’t do somethin’ themselves, they wanna tell you you can’t do it. If you want somethin’, go get it. Period.”

Di film ini Will Smith beradu akting dengan putra kandung aslinya, makin dapat aja chemistry-nya.

Aripmeter: 86%

#1 Pulp Fiction (1994) Crime, Thriller

Pulp Fiction

Siapa yang tidak kenal Quentin Tarantino? Jangan ditanya lagi, produser ini lihai dalam menggarap film bergenre kriminalitas.

Pulp Fiction mendapat penghargaan Oscar sebagai Best Writer, dan 6 nominasi di tahun 1995. Dibintangi oleh John Travolta, Samuel L. Jackson, Uma Thurman, Bruce Willis, Tim Roth, Amanda Plummer, juga hadir pula Tarantino yang tentunya pengen mejeng.

Menceritakan tentang dua orang pembunuh bayaran, petinju, istri seorang gangster, dan pasangan bandit restoran yang terjalin dalam 4 kisah yang epik.

Sebelum Pulp Fiction, di tahun 1992 Tarantino merilis Reservoir Dogs, film bergenre kriminal yang tidak kalah sukses.

Aripmeter: 89%

+

Huh, cape juga ternyata ngereview langsung 7 film. Nah berikut daftar film yang saya tonton di Desember 2012.

No Judul Film Aripmeter
1 The Departed (2006) 80%
2 Into the Wild (2007) 83%
3 Diary of Wimpy Kid: Dog Days (2012) 70%
4 Ted (2012) 76%
5 Diary of Wimpy Kid (2010) 71%
6 Diary of Wimpy Kid: Rodrick Rules (2011) 70%
7 The Hangover (2009) 73%
8 Total Recall (2012) 65%
9 Taken (2008) 80%
10 Iron Sky (2012) 72%
11 The Grey (2011) 72%
12 Star Trek (2009) 78%
13 The Pursuit of Happyness (2006) 86%
14 Looper (2012) 80%
15 Pulp Fiction (1994) 89%
16 The Spiderwick Chronicles (2008) 70%
17 A Beautiful Mind (2001) 85%
18 The Godfather (1972) 92%

Ingat, penilaian bersifat subyektif, jadi jangan dianggap terlalu serius ya.:mrgreen:


12 thoughts on “LPJ Tontonan Bulan Desember 2012

    1. Iya rame, menghibur lah. Tapi belum baca bukunya nih.😀

      Film vampire hunter yg mana? Yg Abraham Lincoln, yg ada MEW-nya bukan?

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s