“The Amazing Spiderman” vs “Spiderman versi Raimi”

Awalnya berasa ragu sama Spiderman versi reboot ini, soalnya Toby Maguire udah lengket banget sama sosok Peter Parker, kalau diganti jadi asa gimana gitu. Tapi pandangan miring tersebut sirna setelah nonton The Amazing Spiderman di Jatos malam minggu kemarin. So sweet banget lah, nonton bioskop sendirian pas satnite.😯

the amazing spiderman
Sumber: geektyrant.com

Kenapa mesti diulang?

Mungkin ini jadi pertanyaan terbesar kita sekalian yang udah nonton franchise Spiderman besutan Sam Raimi. Kenapa mesti diulang? Okeh, jawaban utamanya adalah untuk meluruskan sejarah. Ya, Spiderman yang dibintangi Toby Maguire dan Kirsten Dunst sangat melenceng dari kisah Spiderman versi komik.

Kalau mengacu pada versi komik, Mary Jane Watson, bukanlah pacar pertama Peter Parker. Namun cewek blondie bernama Gwen Stacy-lah yg pertama kali merebut hati Peter. Nah, di The Amazing Spiderman ini, Gwen yg dibintangi oleh Emma Stone ini emang jadi love interest-nya. 

Emma Stone sebagai Gwen Stacy
Emma Stone sebagai Gwen Stacy. Sumber: MTV Splash Page

Peter Parker di komik lebih ke geek campur nerd, sedangkan yang versi Tobey totally nerd. Karakter Peter di TAS yang dibintangi si ganteng Andrew Garfield emang lebih mirip ke yang versi komik. Spiderman juga aslinya emang kalau lagi berantem, meski lagi kepepet, emang terkenal karena banyak bacotnya. Musuh-musuhnya pada bete banget kalo spidey udah mulai ngebacot. Nah ini menjadi salah satu ciri khas Spiderman dan elemen ini hilang di versi Raimi.

Selanjutnya soal sumber jaring. Kalau di versi Raimi diceritain jaringnya merupakan hasil proses biologis dari tangannya, yang merupakan efek dari mutasinya. Versi aslinya, Spidey ga punya kemampuan ngeluarin jaring dari tangannya langsung, jadi jaring yang keluar itu dikeluarkan dari sebuah alat yang dipasang mirip jam tangan, Webshooter namanya.

web shooter
Web Shooter

Okeh, di TAS ini sosok Spiderman ditampilkan lebih humanis. Tapi yang bikin kecewa, si Spidey suka buka-bukaan. Buka topeng maksudnya.:mrgreen:

Paruh awal The Amazing Spiderman dijejali sama drama yang lumayan panjang, tapi emang ini berhasil membangun latar belakang kisah dan penokohan secara kuat. Maklum lah, Marc Webb emang jago bikin drama, kalau ga percaya tonton aja 500 Days of Summer. Drama yg ditawarkan emang bikin amazing😀

Ada adegan super kocak. Seperti biasanya pada tiap film Superhero Marvel, ada satu tokoh yang sering tampil sebagai cameo, yaitu Stan Lee sang pencipta para superhero itu.  Maaf ga akan saya ceritakan, takutnya spoiler nanti.

Ada lagi yang bikin saya suka nih film besutan kang Webb ini, soalnya salah satu lagu dari band alternative favorit saya, Coldplay, diputer lumayan panjang.😉

Saya lebih cinta sama Spidey versi reboot ini. Nonton The Amazing Spiderman berasa nostalgia kaya nonton kartunnya pas masih bocah dulu.😀

Nah, kalau juragan pilih mana? Yang reboot atau masih belum bisa move on sama yg lama?:mrgreen:


15 thoughts on ““The Amazing Spiderman” vs “Spiderman versi Raimi”

  1. iya gan saya pernah liat juga di versi komiknya jaringnya itu dari semacam jel yang diramu sendiri sama si peter. trus kalo ga salah ortunya peter itu dulunya pasangan mata2. wakaka. kapan ya cerita tentang ortunya peter itu diangkat.
    saya juga termasuk yang udah lengket dengan imej si tobey. tapi mungkin versi ini punya rasa yang beda ya. tapi blm nonton sih..😦

    1. Film ini emang sama kayak komiknya, jaringnya kalo di sini diceritaian merupakan salah satu produk Oscorp, web fluid namanya.
      Diceritain juga ortu Peter bekerja di Oscorp.😉

  2. Overall,saya lebih suka yg versi baru ini..
    klo ada yg aga disayangkan mungkin sinematografinya agak kurang,bnyak adegan terlalu ‘komputer’ banget…

  3. MUNGKIN SEKEDAR INFO, KENAPA MUSTI DI REBOOT..
    alasan lain nya mungkin menggiring agar bisa disatuin semuanya di avenger…

    misal waktu maw buat avenger..
    semua nya di kebut..
    buat thor, buat captain aamerica..
    trus hulk juga di reboot,
    di film kedua hulk, akhir ceritanya muncul si tony stark yg nawarin maw bikin senjata baru (yg tidak lain tidak bukan y iron man)

    trus ada GI joe, si seksi black widow..
    kalo hawk eye, pernah muncul di thor 1..

    jadi semuanya di urutkan agar bisa di gabung ntr…

    nah kenapa avenger 1 spiderman kagak masuk, karena ceritanya belum sampe sana..
    mislnya sana skrng ironman 3 , si tony stark uda berenti jadi ironman, kemungkinan avenger2 ngk ada lagi tuh ironman..

    sama nih ke Dc komik, setelah seri batman kelar..
    di sambung lagi reboot nya superman..
    toko hero lainnya, green latern, arrow juga di kebut..

    trus ntr batman n supermen ketemu di tahun 2015
    di seri arrow, season 2 juga bakal ada batman..
    tinggal nunggu kapan justice league (saingannya avenger) keluar.. hehe

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s