Maaf, Saya Memang Melankolis-Plegmatis

melankolis plegmatis

Masih dalam perjalanan mengenali diri sendiri. Setelah sebelumnya telah membahas tentang kepribadian saya jika ditilik dari golongan darah, yg di postingan My Blood Type is A! ini loh.

Iseng aja sebenernya pake aplikasi facebook Kuis Temperamen. Ternyata hasilnya saya positif berkepribadian Plegmatis Si Pecinta Damai. Saya kemudian ketahui bahwa ini merupakan tipologi kepribadian manusia yang dirumuskan oleh Hippocrates. Ada 4 golongan, yaitu Melankolis, Plegmatis, Koleris, dan Sanguin.

Setelah menganalisa berbagai referensi, ternyata ciri-ciri kepribadian Melankolis lah yang lebih klop saya banget. 

Nah, dalam ilmu Psikologi, menurut penelitian paling anyar dikenal 5 tipe kepribadian (Five temperaments) menurut Drs Phyllis dan Richard G Arno, yakni Sanguin, Melankolis, Plegmatis, Kolerik, dan tambahannya ada Supin. Berikut adalah gambaran kasar dari masing-masing temperamen:

Choleric | Control-Oriented Leaders

Seorang koleris memiliki kemauan keras dalam mencapai sesuatu, ia seorang yang berapi-api, aktif, praktis, cekatan mandiri, dan sangat independen. Ia cenderung bersikap tegas dan berpendirian keras dalam mengambil keputusan bagi dirinya sendiri dan bagi orang lain, ia salah satu orang yang memiliki tipe yang sangat menyukai aktivitas, dan tampa perlu ransangan dari lingkungannya, tetapi cendrung dia yang akan merangsang lingkungannya dengan mengeluarkan ide-idenya yang tidak pernah berakhir, rancangan, saran, dan ambisinya. seorang koleris merupakan orang yang tidak mudah menyerah terhadap tekanan orang lain, bahkan tekanan tersebut justru semakin mendorongnya untuk terus maju. ada bagian-bagian yang paling sedikit berkembang dari seorang koleris ialah emosinya. Orang koleris memiliki temperamen yang suka meledak-ledak, ia tidak mudah bersimpati kepada orang lain. ia cenderung tidak peka terhadap kebutuhan orang lain, dan cenderung bersifat domai dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. (Aripmeter: 40%)

Sanguine | Fun-loving, attention-grabbing life of the party

Merupakan orang yang sangat bersemangat dalam ke hidupannya, ia selalu tampak ceria, hangat, bersahabat, dan sangat menikmati hidup. Hal ini disebabkan karena dia memiliki sifat yang mudah menerima sesuatu sehingga kesan-kesan dari luar dapat dengan mudah masuk ke dalam hatinya. Seorang Sanguin cenderung lebih mendasarkan perasaannya daripada pemikirannya saat ia mengambil keputusan, orang sanguin sangat menyukai kesenangan, mereka jarang sekali membiarkan hatinya bersedih berlama-lama, ia juga tipe orang yang suka bicara, dengan mudah dia dapat menularkan perasaan “semangat”-nya dengan orang lain dan orang di sekitarnya melalui kata-kata dan motivaasinya. Gayanya yang gaduh, bersuara keras, dan ramah membuatnya tampak percaya diri lebih daripada yang sebenarnya. (Aripmeter: 45%)

Melancholy | Idealized Perfectionists

Merupakan salah satu temperamen yang paling kaya, ia memiliki rasa seni yang tinggi, kemampuan analitis yang kuat, perfreksionis, sensitif, berbakat, dan rela berkorban. Perasaan sangat berpengaruh pada probadi seorang melankolis, ia adalah orang yang introvert tapi apabila dia sedang berada dalam puncak sukacitanya, dia bisa saja menjadi ekstrovert. Pribadinya yang sangat perfeksionis cenderung membuatnya sering menyalahkan diri sendiri dan menjadi rendah diri, padahal dia adalah seseorang yang memiliki daya analitik yang hebat dan mampu menganalisis bahaya, halangan dalam setip proyek secara akurat. perasaan mereka yang peka dan sensitif juga dapat memyebabkan mereka jadi pendendam dan sering terlihat murung. Seorang melankolis cenderung memilih sebuah job yang membutuhkan pengorbanan dan ketekunan, sekali ia memilih sesuatu baik itu mengenai cinta, karir, dan lain sebagainya, maka dia akan tetap setia menjalaninya mengerjakannya. (Aripmeter: 95%)

Phlegmatic | Reserved, Quiet Peacemakers

Merupakan seseorang yang memiliki sifat alamiah pendamai, tidak suka kekerasan. Merupakan orang yang mudah diajak bergaul, ramah, dan menyenangkan. dia adalah tipe orang yang bisa membuat sekelompok orang tertawa terbahak-bahak oleh canda dan humor-humor leringnya meski ia sendiri tidak tertawa. Plegmatis merupakan pribadi yang konsisten, tenang, dan jarang sekali terpengaruh dengan lingkungannya, tidak pernah terlihat gelisah. Di balik ke pribadiannya yang dingin dan malu-malu, sesungguhnya ia memiliki kemampuan untuk dapat lebih merasakan emosi yang terkandung pada sesuatu, karena sifatnya yang menyukai kedamaian dan tidak menyukai pertikaian, ia cenderung menarik diri sendiri dari segala macam keterlibatan. Hal inilah yang sering kali menghambatnya untuk menunjukkan kemampuannya secara total dan menjadi cenderung pasif dan pemalas. (Aripmeter: 80%)

Supine | Servant-Leaders in search of purpose

Motivated to be useful in a larger sense, Supines are driven to serve a higher cause than their own self-interest. This can lead them to appear subservient and even deferent when it comes to their own needs, but in the interest of their chosen causes, they can be fiercely assertive. At their best, they’re caring, gentle, dependable and loyal; at their worst they can be insecure, weak-willed, and indecisive, failings which sometimes lead them to be manipulative and to hold a grudge. (Aripmeter: 60%)

+

Kelima watak itu pada dasarnya juga dimiliki setiap orang. Yang beda hanyalah ‘kadarnya’. Oleh sebab itu muncullah beberapa kombinasi watak manusia. Nah saya tuh masuk ke melankolis-plegmatis. Dua kepribadian yang sama-sama memiliki kecenderungan introvert. Sangat tidak nyaman untuk mengumbar-umbar perasaan, kecuali dengan orang kepercayaannya.

Adakah sahabat narablog yg berkepribadian melankolis-plegmatis juga?


31 thoughts on “Maaf, Saya Memang Melankolis-Plegmatis

  1. saya melankolis 100%, dan kadang saya tersiksa dengan karakter saya yang melankolis.. terlalu perasa, gak mudah sosialisasi -__-, nyaman menyendiri.. mereka slalu menganggap saya sombong dan nggak peduli, padahal saya slalu perhatikan mereka secara detail keciilpun secara diam-diam..

  2. saya seorang melankolis dan kombinasi phlegmatis juga,.. depresi jika sudah merasa tertekan itulah yang terjadi sama saya, menyendiri itu adalah keseharian saya, pesimis itu emang udah biasa bagi saya, jiwa seni udah mengalir dalam dada saya, dan keindahanlah yang dapat membuat damai di dada…

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s