Terima Kasih Google Books dan Wikipedia

Berawal pada libur panjang yang masih sangat panjang untuk diarungi. Bagaikan tersambar kilat di siang bolong, pada Senin, 10 Januari 2012, sebuah jarkom horror hinggap di kotak masuk. Saking terguncyangnya, sang admin mengabadikan kejadian tersebut ke dalam sebuah komik strip yang diposkan ke tumblr-nya.

Alhamdulillah, berkat ridho Allah dan kemurahan hati para dosen, nilai horror tersebut dikonversikan menjadi B setelah pemberian tugas.

Oh ya, sebelum membaca lebih jauh, saya beritahukan saja bahwa postingan ini didominasi oleh curhatan, mungkin persentasenya 75%, sisanya baru informasi seputar Google Books dan Wikipedia. :D 

Ternyata kegalauan dan kegundahan tidak berhenti sampai di situ. Matkul BSN pun tak kalah menampakan kehorrorannya. Tapi sekali lagi, Alhamdulillah tak henti-hentinya saya ucapkan, berkat ridho Allah dan kemurahan hati dosen, sebuah misi ditugaskan dalam rangka perbaikan nilai. Dan segala puji bagi Allah, tugas yang dideadline hari Sabtu, 21 Januari 2012, jam 24.00 WIB ini pun berhasil diselesaikan.

Tentunya selain atas berkah ridho Allah dan kemurahan hati dosen, terima kasih yang sangat, saya tujukan untuk Google Books dan Wikipedia.

Meski sudah ada sejak 2004 silam, Google Books baru saya kenal semenjak jadi mahasiswa. Merupakan salah satu layanan dari Google yang berupa mesin pencari buku. Kita bisa melihat cuplikan buku termasuk beberapa halamannya yang sebelumnya sudah discan. Meski cuma sebagian halaman, bagi yang tidak punya banyak anggaran untuk membeli buku asli atau yang males pergi ke perpustakaan seperti si saya ini, “sebagian” itu sangat berharga. Apalagi kalau buat bikin tugas makalah, sangat bermanfaat buat nambah-nambah daftar pustaka.:mrgreen:

google books

Sama halnya seperti mesin pencari Google, kita tinggal memasukan keyword yang tepat, dan berharap semoga ada buku yang sesuai. Seperti contoh diatas, saya mencari “area dead space pada sistem pernapasan”, dan Alhamdulillah, ada buku yang menerangkan tentang hal itu.

Wikipedia, kalau ini sih sudah sangat familiar. Sebuah ensiklopedia gratis yang bisa diakses siapa saja. Alhamdulillah, di Indonesia, Wikipedia masih bisa dijadikan sebagai sumber referensi kalau mengerjakan tugas.

Sudah pada tahu pasti soal RUU SOPA/PIPA, yang pada Rabu lalu, Wikipedia melakukan protes berupa blackout untuk menolak RUU tersebut, dengan sebuah judul “Imagine a World Without Free Knowledge“. Ya, saya yang saat itu sedang dalam proses pengerjaan tugas memang sedikit terganggu dengan aksi blackout ini.

Tolak keras RUU SOPA/PIPA. Sahkan RUU Keperawatan!

Dan, semoga IP pertama saya memuaskan. Hidup beasiswa!:mrgreen:

+++

Kamus kecil
BSN = Basic Science in Nursing, mata kuliah
FON = Fundamental of Nursing, mata kuliah
Komter = Komunikasi terapeutik, salah satu materi FON

 

Terima Kasih juga buat kiriman Award 7 Shadow

Dikirim oleh Saipuddin’s Blog dan Asop. Nuhun banget loh, award perdana nih.😀

Berhubung ini award berantai, jadi saya kasih aja ke

1. Rachma Rara

2. Larejawi

3. Dian Kristanti

4. Asri Fairuz Febriantami

5.

6.

7.

Sisanya bingung, soalnya yg mau dikirim pada udah punya. Jadi klo ada yg mau award ini, bilang aja, nanti ditulisin lah.:mrgreen:


33 thoughts on “Terima Kasih Google Books dan Wikipedia

  1. Google lumayan sih. Dulu sempet seneng donlot banyak buku dari Google Book terus dipamerin ke temen-temen. Eeeh, walhasil … ternyata bukunya cuma separo halaman, hehe😀

    Semoga IP pertama 4,9 yaaaa *summacumlaude pisan*
    Salam😀

  2. hahahaha, jadi ingat zaman kuliah saya dulu rip.. sering banget sport jantung gara2 dapat sms dari kawan yang ngabari masalah nilai..😀

    semoga IP pertamanya memuaskan..

  3. ahahahah kocak amat itu muke komiknya, mudah2an muke aslinya gak gitu2 amat2 yeh,, wkwkwkwk
    kirain itu cuma 2 orang yang dapet c udeh paling jelek, eh ternyata yang laen D ama E,, wkwkwkwk kalo kek gitu mah dosennya yang kaga bisa ngajar😆

  4. wahaha.. saya pernah tuh sekelas dapet C semua rata gara2 ada mahasiswa yg kasus sama dosen >_<

    gak ada konversi2an tuh, akhirnya ditelen aja tuh nilai C

  5. Google Books sangat sering membantu saya, khususnya buku-buku teks yang sulit ditemukan. Kalau Wikipedia mungkin sudah tidak sejaya dulu lagi… tetapi masih banyak membantu juga.

  6. Duh, sama tuh, sebuah horor bagi kami mahasiswa perantauan. Jadi gini, kami kuliah di Bandung, dan kampung di Surabaya (semisal). Pas hari akhir UAS, kami langsung pulang, gak pake nunggu nilai keluar. Nah, pas enak2nya santai di kampung halaman, gak tahunya ada pemberitahuan dari temen2 yang di Bandung, bahwa nilai kami T alias belum keluar, atau ada masalah. Nah lhooo yang kayak gitu itu yang menyeramkan…😀

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s