Karakteristik Stasiun TV dan Sinetronnya

Sinetron, TV Series, drama seri, dorama, telenovela, atau entah apalah namanya, menjadi salah satu program acara yg punya harus ditayangkan suatu stasiun televisi, sebuah keniscayaan itu!

Oke, saya ga mengatasnamakan diri sebagai ahli sinetronologi. Tapi saya akan coba mengulas dan membahas hubungan antara stasiun televisi dan sinetron yang ditayangkannya. Insya Allah, postingan ini asli pemikiran saya yg mengacu pada variabel-variabel irelevan, bersifat subjektif dan ga bisa dipertanggungjawabkan.

Yg bakal saya bahas bukan stasiun televisi berbayar. Oke lah kalau begitu, cekidot saja…

Indosiar

Merupakan pionir sinetron Indonesia bertema keluarga. Indosiar mempopulerkan sinetron-sinetron Indonesia yang bertemakan cinta dan keluarga, dimulai sejak munculnya sinetron yg melegenda, Tersanjung.

Namun, saat ini nampaknya Indosiar payah dalam memproduksi sinetron. Yg bisa dibanggakan mungkin karena Indosiar ini satu-satunya stasiun tv swasta nasional yang menayangkan drama seri korea. Full House tuh favorit saya.

Saras 008 menjadi sinetron Indonesia bertema action dan sci-fi yang saya favoritkan ketika masih SD dulu.

RCTI

Nah, kalau yang ini jangan ditanya lagi. Dewanya sinetron saat ini. Berhasil menghipnotis jutaan penonton Indonesia agar tetap setia menonton sinetron yang durasinya sampai 3 jam, wow!

Sinetron favorit saya di stasiun ini ya Si Doel sama Wiro Sableng. Kalau Putri Yang Ditukar mah kesukaan bapa saya.

Dulu sekali, RCTI sering menayangkan TV Series. Salah satunya Early Edition, yg merupakan TV Series favorit saya.

SCTV

Berhasil mempopulerkan sinetron bertema Islami semenjak kemunculan Kiamat Sudah Dekat dan Para Pencari Tuhan, yang merupakan sinetron favorit saya di stasiun ini. Untuk sinetron lainnya no comment deh.

Oh ya, SCTV pantas diacungi jempol buat pemilihan beragam telenovelanya. Masih ingat kan Amigos dan Maria Bellen?

TRANS7

Stasiun tv yang bebas dari sinetron Indonesia.

Telah banyak menayangkan beragam TV Series amrik berkualitas, semisal Supernatural, Smallvile, Gossip Girl, Traveller, dan terakhir Heroes.

ANTV

Satu lagi stasiun tv yang bebas dari sinetron Indonesia. Pernah menayangkan Early Edition dan Prison Break, namun entah kenapa berhenti di tengah jalan.

B Channel

Kalau di Bandung, namanya CT Channel. Merupakan stasiun TV favorit saya.

TV series amrik maupun drama seri korea disuguhkan oleh stasiun tv ini. Meski episodnya sering diulang-ulang, tapi saya sangat suka sama series-series yang dipilih CT Channel ini. Kebanyakan merupakan tv series bertema crime scene, yang notabene kesukaan saya.

Contoh tayangannya yaitu CSI: New York, Trauma, Lie To Me, Hawaii Five-0, Blue Blood, dan tv series terfavorit saya, Early Edition.


12 thoughts on “Karakteristik Stasiun TV dan Sinetronnya

  1. prison break , heroes. supernatural , yang penting jangan sinetron seperti sekarang bikin emosi gua nggak masuk akal bgt😀 , salam kemnal

  2. kang arif,kenapa yah mulai senen 11 juni 2012,ct chanel jd aneh,ga sama programnya sama b chanel lg,mo complain ga tau saya hrs complain kemana?kang arif brngkali tau.jd kesel ngebayangn ga bisa liat final masterchef junior hadeeeh

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s