Wasit Goblog!

spongebob bobotoh persib

Seringkali wasit dijadikan kambing hitam oleh supporter jika tim kesayanganya kalah, meski sebenarnya kekalahan itu memang karena kesalahan timnya sendiri. Karena memang wasit di persepakbolaan Indonesia pun sering berbuat salah dan berat sebelah.

“WASIT GOBLOG!” berevolusi menjadi suatu frasa populer di persepakbolaan Indonesia. Cacian ini dapat dengan mudahnya terlihat menempel di body motor, terpampang di helm, bahkan tercetak di kaus atau jaket. Fenomena yang merupakan wajah buruk para suporter di Indonesia ini berawal dari kelakuan para bobotoh Persib pada era perserikatan. Karena saat itu merebak banyak isu tentang mafia wasit. Seorang wasit bisa membuat satu tim kalah dengan berbagai keputusan yang merugikan. Sehingga muncul istilah wasit goblog ini.

Nah kalau sekarang, apakah masih ada wasit goblog? Mungkin saja. Namun dari sekian banyak wasit, pasti ada yang beriman dan bertakwa. Wasit goblog itu hanya segelintir oknum, walau mungkin oknumnya banyak.

Jadi yang harus digoblogkan siapa lagi dong? Yang benar-benar goblog mah itu para koruptor.😆

Sepakbola harusnya mengacu kembali pada filosofi asalnya, yaitu sebagai hiburan. Bukannya dijadikan sebagai ajang perselisihan dan menebar kebencian juga ketakutan. Postingan ini saya dedikasikan dalam rangka ultah skuad Maung Bandung yg ke-77.

Say No to Racism! Hidup persepakbolaan Indonesia, hidup PERSIB!


One thought on “Wasit Goblog!

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s