Mengenal "Jurassic Park"-nya Indonesia

Indonesia sudah dari sananya ditakdirkan menjadi wilayah yang punya alam indah juga diberi keanekaragaman hayati. Maka wajib hukumnya kita bersyukur.

Taman Nasional Komodo

Komodo (Varanus komodoensis) merupakan cicak terbesar di dunia karena bisa mencapai 3 meter dan memiliki berat 70 kg. Komodo merupakan binatang purba yang masih eksis dibanding rekan-rekan lain. Dan beruntungnya, hewan ini cuman dapat ditemukan di mana lagi kalau bukan di Indonesia.

Taman Nasional Komodo (Komodo National Park) terdiri dari 3 pulau besar yaitu Komodo, Rinca, dan Padar, juga beberapa pulau kecil,  yang terletak antara Pulau Sumbawa dan Flores. Luas total taman adalah 2.321 km2, itu sudah termasuk darat dan lautnya. Keadaan alam yang kering dan gersang menjadikan suatu keunikan tersendiri. Dengan adanya padang savana yang luas, sumber air yang terbatas dan suhu yang cukup panas, ternyata menjadi habitat yang disenangi oleh Komodo.

Pertama kali ditemukan oleh J.K.H. Van Steyn pada tahun 1911, namun baru diresmikan pada 1980 dan dideklarasikan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Foto-foto Taman Nasional Komodo oleh Aganto Seno

Meskipun namanya Taman Nasional Komodo, selain satwa khas Komodo, terdapat rusa (Cervus timorensis floresiensis), babi hutan (Sus scrofa), ajag (Cuon alpinus javanicus), kuda liar (Equus qaballus), kerbau liar (Bubalus bubalis); 2 jenis penyu, 10 jenis lumba-lumba, 6 jenis paus dan duyung yang sering terlihat di perairan laut Taman Nasional Komodo. Flora yang terdapat di sini pun tidak kalah juga.

Kenapa saya ngebahas tentang Taman Nasional Komodo? Yups, saat ini, Taman Nasional Komodo masuk ke dalam kandidat new7wonders. Saatnya kita tunjukkan rasa nasionalisme kita untuk mendukung binatang purba yang masih hidup ini supaya bisa masuk ke dalam new7wonders. Caranya gampang cukup dengan memvote di situs new7wonders atau bisa juga dengan mengirimkan sms,

Ketik KOMODO kirim ke 9818

(tarif Rp.1 per sms)

Jika mengirim lebih dari 100 SMS, nama yang bersangkutan akan ditulis pada Monumen yang akan dibangun di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Batas akhir pengiriman SMS ini sampai tanggal 11 November 2011 pukul 17.00 WIB.

Juragan warga negara Indonesia, ayo dukung dong😀

Referensi
http://komodonationalpark.org/about_komodo_national_park.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Komodo_National_Park


8 thoughts on “Mengenal "Jurassic Park"-nya Indonesia

  1. Aku juga turut mendoakan semoga komodo ini bisa menjadi salah 1 dari 7 keajaiban dunia terbaru. Dengar2 katanya bersaing ketat ya dengan kadal air dari malaysia

  2. menurut saya kalau dukungannya hanya sebatas SMS aja percuma! kasihan sekali INdonesia mau dikenal sampai “memohon-mohon” supaya bisa masuk kontes ini. Yang dipikirkan itu KENAPA kok bisa seperti ini pariwisata kita? kita punya BANYAK tempat potensial tapi si Jero Wacik sibuknya cuman di Bali saja. Pemerintah engga pernah niat seperti singapur dan malingsia. emang apa sih menariknya kedua negara itu? cuman pintar mengemasnya saja! itu yang kita engga bisa! kalau pintar mengemas tempat dan promosi kita enga usah lah ikut kontes-kontes seperti ini!

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s