Membuat Dropdown Blogroll

Link exchange yang kalau diterjemahkan pertukaran tautan, merupakan salah satu cara yang digunakan blogger untuk menjalin tali silaturahmi antar sesama, sarana promosi blog, dan dibalik itu juga untuk meningkatkan pagerank blog kita, apalagi jika yang diajak bertukar link merupakan blogger yang lebih tinggi levelnya.

Eits, tunggu dulu dari tadi ngomongin tuker link mulu, maksudnya apah? Oh ya, tukar link bisa diartikan sebagai barter lah. Untuk lebih memahami tentang tukar link sayah kasih perumpamaan, misalnya si A itu punya blog, dan ternyata si Z juga punya blog, sehingga si A dan Z bisa disimpulkan keduanya pasti mempunyai blog. Si A membuat link ke blognya si Z dengan persyaratan di si Z juga harus ngelink ke blog nya si A, jadi baik si A ataupun Z sama-sama ngelink, dan karena per-ngelink-an itulah tercipta suatu keuntungan yang tadi sayah dijelaskan paling atas.

Mungkin dengan peragaan dari si A dan Z cukup jelas apa yang dimaksud dengan tukar link itu, dan sekarang pertanyaan baru bagaimana caranya tukeran link. Sebenarnya inti dari tukeran link ya kita harus ngelink, apapun caranya dan bentuknya, dan biasanya blogger mengumpulkan link-link itu dalam suatu tempat (blogroll).

Banyak jalan ke negeri Roma, banyak cara untuk membuat blogroll juga. Jika kita menggunakan wordpress, ada widget blogroll yang ditampilkan di sidebar. Selain itu juga ada blogger yang membuat halaman khusus tersendiri untuk blogroll, juga dengan marquee atau teks bergerak. Namun sayah lebih memilih dengan cara dropdown blogroll, karena menurut sayah lebih efisien, efektif, hemat ruang, dan ciamik ?.

Cara yang saya peroleh dari mas Fatih ini menggunakan kode html sehingga pengguna wordpress.com dan blogspot bisa menngunakannya. Cukup copykan kode dibawah ke blog sobat

<div style=”border:2px solid #006600;overflow:auto;width:160px;height:120px;”>
<ul>
<li><a href=”http://sokocon.dagdigdug.com/”>Pojok si Féoth</a></li>
<li><a href=”http://afatih.wordpress.com/”>Blog Tutorial</a></li>
<li><a href=”http://fatihsyuhud.com/”>Blogger Indonesia</a></li>
<li><a href=”http://www.beasiswas.com/”>Beasiswa</a></li&gt;
<li><a href=”http://lowongancpns.blogsome.com/”>CPNS</a></li&gt;
<li><a href=”http://lowongancpns.blogs.ie/”>Loker</a></li&gt;
<li><a href=”http://kerja.blogs.ie/”>Kerja</a></li&gt;
<li><a href=”http://lowongankerjas.blogs.ie/”>Informasi Kerja</a></li>
<li><a href=”http://lowonganbeasiswa.com/”>Info Beasiswa</a></li>
</ul>
</div>

Ganti alamat url dan namanya sesuai yang diinginkan. Selain itu bisa juga menggunakan gambar blog yang mungkin disediakan blogger yang kita ajak tukar link. Contoh dropdown blogroll dapat dilihat di sidebar blog ini.

Sekarang buat blogroll udah tahu, jadi ayo tukeran link.


4 thoughts on “Membuat Dropdown Blogroll

Berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang. (NB: Serélék=Email, Nami=Nama)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s